Peningkatan Kepedulian Masyarakat Terhadap Lingkungan Melalui Penanaman Pohon di Desa Paok Pampang Lombok Timur

Penulis

Ahmad Jupri , Baiq Alon Pramudhya Gayatri , Lalu Wiryan , Baiq Haulia Jannatun , Salsa Billah , Ida Bagus Alit Sujendra , Khoviva Maulida , Muhammad Fathurrahman , Ranu Arya Saputra , Rena Zulfiani

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i4.6582

Diterbitkan:

2023-12-14

Terbitan:

Vol 6 No 4 (2023): Oktober-Desember 2023

Kata Kunci:

Penanaman pohon, lingkungan, kepedulian masyarakat

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Jupri, A. ., Gayatri, B. A. P. ., Wiryan, L. ., Jannatun, B. H. ., Billah, S. ., Sujendra, . I. B. A., … Zulfiani, R. . (2023). Peningkatan Kepedulian Masyarakat Terhadap Lingkungan Melalui Penanaman Pohon di Desa Paok Pampang Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 1260–1263. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.6582

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Pengabdian terhadap masyarakat merupakan wadah yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan dan menyumbangkan pengetahuan secara langsung kepada masyarakat. Adanya pembukaan lahan dan pembangunan menyebabkan kurangnya resapan air dan ruang terbuka hijau di suatu wilayah. Salah satu program KKN PMD Universitas Mataram yaitu melaksanakan kegiatan penanaman pohon yang bertujuan untuk memberikan  pengetahuan kepada masyarakat pentingnnya penanaman pohon atau penghijauan guna untuk mengurangi pencemaran udara,bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pohon serta mengantisipasi  bencana alam seperti banjir longsor dan sebagainya. Kegiatan ini dilakukan di 2 lokasi berbeda yaitu Lapangan Paok Pampang sebagai lokasi utama dan sepanjang ruas jalan di Dusun Paok Pampang Selatan. Metode pengabdian yang di gunakan pada kegiatan ini adalah metode dalam bentuk praktik yang dilaksanakan dengan beberapa tahapan seperti perencanaan kegiatan,persiapan kegiatan,dan pelaksanaan kegiatan. Kegiatan penanaman pohon ini mendapat respon yang baik dari masyarakat maupun aparat desa sehingga tidak hanya dapat mengeratkan tali silaturahmi antara satu sama lain namun juga berdampak postifi dalam meningkatkan kepedulian  masyarakat terhadap lingkungan.

Referensi

Afriani, J., & Nurwiyoto, N. (2022). Menanam Pohon Guna Menciptakan Kepedulian Masyarakat Terhadap Lingkungan Di Kelurahan Betungan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA), 2(1), 66–70. https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i1.2622

Lanny Wattimena, Amatus Turot, M. P., & Charliany Hetharia, Y. L. (2019). KEPEDULIAN TERHADAP LINGKUNGAN : PENANAMAN BIBIT POHON DI TAMAN WISATA ALAM (TWA) KOTA SORONG PROVINSI PAPUA BARAT. 103–111.

Marlina, L. (2021). Kegiatan Pelaksanaan Pemeliharaan Tanam Pohon Kampung Bunga Warna Warni Di Desa Sukalaksana Rw.01 Rt.016. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 159–167. https://doi.org/10.47080/abdikarya.v3i2.1489

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).