Implementasi Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) Melalui Inovasi Olahan Ikan Tongkol Menjadi Produk Sambal Khas Lokal
DOI:
10.29303/jpmpi.v7i1.6597Diterbitkan:
2024-02-27Terbitan:
Vol 7 No 1 (2024): Januari - MaretKata Kunci:
Sweet Spicy Tongkol Sambal; PKM-K, Creativity Program Entrepreneurship StudentsArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Samtodenis atau singkatan dari Sambal Tongkol Pedes Manis merupakan produk PKM-K yang dibuat oleh mahasiswa dengan berbahan dasar sambal dan ikan tongkol yang memiliki aroma yang khas perpaduan antara bumbu-bumbu pilihan dan tanpa penggunaan bahan pengawet.Tujuan dari PKM-K samtodenis ini yaitu untuk mengetahui proses pembuatan, proses pemasaran, cara pengembangan serta mengetahui manfaat sambal tongkol pedas manis secara berkelanjutan. Metode pembuatan samtodenis ini di mulai dari proses pembersihan ikan tongkol, proses persiapan bahan sambal, proses pengolahan dan pengemasan sambal tongkol hingga proses pemasaran. Peluang pemasaran samtodenis dimulai dari anak kos, ibu rumah tangga dan dapat dikonsumsi mulai dari anak-anak hingga lanjut usia dengan strategi pemasaran dilakukan menggunakan sistem pemasaran penjualan langsung dan penjualan tidak langsung. Hasil dari promosi dan pemasaran yang dilakukan, tim PKM-K berhasil menjual produk sebanyak 238 botol dengan 7 kali produksi selama 2 bulan dan mendapatkan pendapatan sebesar Rp 3.570.000 sehingga laba total yang didapatkan yaitu sebesar Rp 770.000. Berdasarkan analisis cashflow selama 2 tahun, didapatkan nilai NPV produksi "SAMTODENIS" untuk periode 2 tahun dengan nilai Rp 12.433.563,635. Nilai NPV tersebut menujukkan bahwa bisnis ini layak untuk dilaksanakan dan dilanjutkan.
Referensi
Haryanto, M., & Rustam, A. R. 2017. Strategi
Pengembangan Usaha Sambal Ikan Roa
pada Industri “Citarasaku†Kelurahan
Tinggede Kecamatan Marawola Kabupaten
Sigi. Agrotekbis: E-Jurnal Ilmu Pertanian,
(3),5, 369-376,
Hasibuan, L. N. 2021. Analisis Pemasaran Produk
Olahan Perikanan Sambal Ikan Tongkol.
https://www.kompasiana.com/lidia9367/618c9e
c06310e631d699072/analisispemasaranproduk-olahan-perikanan-sambalikan-Tongkol, diakses tanggal 15 Januari 2023.
Hastuti, N.D., R. Ruhibnur. 2016. Nugget dan
Kerupuk Ikan tongkol sebagai alternative
usaha untuk meningkatkan pendapatan
masyarakat. Agromix;9(1); 76-81.
Horngren, C. T., Datar, S. M., & Foster, G. (2015).
Akuntansi Biaya (12th ed.). Erlangga.
Milo, M. S. 2013. Mutu Ikan Tongkol (Euthynnus
affinis) di Kabupaten Gunungkidul dan
Sleman Daerah Istimewa
Yogyakarta, Skripsi. Fakultas Teknobiologi,
Universitas Atma Jaya Yogyakarta,
Yogyakarta.
Nuriati, N. K. (2018). Analisis efisiensi saluran
pemasaran ikan tongkol hasil tangkapan
nelayan di Desa Seraya Timur Kecamatan
Karangasem. Jurnal Pendidikan Ekonomi
Undiksha, 10(2), 512-522.
Oktaviani, D., & Sardjito, M.
T. (2012). Pengembangan Industri
Berbasis Perikanan dengan Pendekatan
Pengembangan Ekonomi Lokal di
Kabupaten Tuban. Jurnal Teknik Pomits,
(1).
Sarwono, J., & Prihartono, K. (2012). Perdagangan
online: cara bisnis di internet. Jakarta: PT
Elex Media Komputindo.
Wulandari, P. T. (2012). Analisis kelayakan finansial
pengembangan usaha kecil menengah
(UKM) nata de coco di
Sumedang, Jawa Barat. Asian Journal of
Innovation and Entrepreneurship (AJIE),
(02), 113-120.
Biografi Penulis
Dea Nirmala, Pendidikan Biologi
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).