Sambajo: Sambal Sasak Bajo Untuk Meningkatkan Ekonomi Kreatif.

Penulis

  • Nusrotun Azizah Pendidikan Biologi Universitas Mataram
  • Anindita Suliya Hangesti Mandra Kusuma
  • Miftahul Aini
  • Maulidia Karima
  • Melly Albaniah
  • Nirma Holis Azlin
  • Dani Febriadi
  • Zun Nuraini

DOI:

https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.6598

Kata Kunci:

Sambajo: Sambal Sasak Bajo Untuk Meningkatkan Ekonomi Kreatif

Abstrak

Ikan merupakan sumber makanan protein hewani yang dibutuhkan oleh manusia. Setiap tahun kebutuhan akan sumber protein ini terus meningkat seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk dunia. Dengan semakin meningkatnya produksi dan kebutuhan ikan tersebut, maka diperlukan suatu penanganan pasca panen yaitu pengawetan. Salah satu cara pengawetan yang paling mudah adalah dengan penggaraman atau biasa dikenal dengan ikan asin. Tingginya tingkat konsumsi masyarakat terhadap ikan asin dan adanya potensi pengembangan sebagai produk pangan lokal. SAMBAJO hadir sebagai inovasi dalam bidang kuliner serta untuk meningkatkan ekonomi kreatif. Produk ini merupakan olahan sambal khas sasak yang dicampur dengan ikan asin atau bajo dalam bahasa sasak. Produk hasil PKM-Kewirausahaan ini memiliki keunggulan dengan produk yang sudah ada di pasaran yaitu menggunakan sambal khas sasak yang memiliki potensi digemari oleh masyarakat lokal. Sambajo mulai produksi sejak 7 November 2023 dan dipasarkan pada 13 November 2023. Satu kali produksi dalam tahap awal ini 20 botol sambal produksi ini kami sesuaikan dengan tempat lokasi penjualan dan sesuai pesanan konsumen dan dijual dengan harga Rp. 15.000.

Referensi

Fitriyanti, L. 2021. Analisis Pendapatan Nelayan Dengan Sistem Pengeringan Ikan Asin Lendra Sebelum Covid-19 Di Pangandaran, Kelurahan Pananjung Kecamatan Pangandaran Kabupaten Pangandaran. Agrisia-Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 14(1).

Kementerian Kelautan dan Perikanan. 2022. Volume Produksi Perikanan Indonesia (Ton), https://statistik.kkp.go.id/home.php?m=prod_ikan_prov&i=2#, diakses tanggal 13 Februari 2023

Rachman, E. (2016). Pengelolaan Usaha Produksi Ikan Asin dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Nelayan di Desa Kalumbatan Kecamatan Totikum Selatan Kabupaten Banggai Kepulauan. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, 3(2), 77-85.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-29

Cara Mengutip

Azizah, N., Kusuma, A. S. H. M. ., Aini, M. ., Karima, M. ., Albaniah, M. ., Azlin, N. H. ., Febriadi, D. ., & Nuraini, Z. . (2023). Sambajo: Sambal Sasak Bajo Untuk Meningkatkan Ekonomi Kreatif. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 1478–1481. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.6598