Sambajo: Sambal Sasak Bajo Untuk Meningkatkan Ekonomi Kreatif.

Penulis

Nusrotun Azizah , Anindita Suliya Hangesti Mandra Kusuma , Miftahul Aini , Maulidia Karima , Melly Albaniah , Nirma Holis Azlin , Dani Febriadi , Zun Nuraini

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i4.6598

Diterbitkan:

2023-12-29

Terbitan:

Vol 6 No 4 (2023): Oktober-Desember 2023

Kata Kunci:

Sambajo: Sambal Sasak Bajo Untuk Meningkatkan Ekonomi Kreatif

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Azizah, N., Kusuma, A. S. H. M. ., Aini, M. ., Karima, M. ., Albaniah, M. ., Azlin, N. H. ., … Nuraini, Z. . (2023). Sambajo: Sambal Sasak Bajo Untuk Meningkatkan Ekonomi Kreatif. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 1478–1481. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.6598

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Ikan merupakan sumber makanan protein hewani yang dibutuhkan oleh manusia. Setiap tahun kebutuhan akan sumber protein ini terus meningkat seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk dunia. Dengan semakin meningkatnya produksi dan kebutuhan ikan tersebut, maka diperlukan suatu penanganan pasca panen yaitu pengawetan. Salah satu cara pengawetan yang paling mudah adalah dengan penggaraman atau biasa dikenal dengan ikan asin. Tingginya tingkat konsumsi masyarakat terhadap ikan asin dan adanya potensi pengembangan sebagai produk pangan lokal. SAMBAJO hadir sebagai inovasi dalam bidang kuliner serta untuk meningkatkan ekonomi kreatif. Produk ini merupakan olahan sambal khas sasak yang dicampur dengan ikan asin atau bajo dalam bahasa sasak. Produk hasil PKM-Kewirausahaan ini memiliki keunggulan dengan produk yang sudah ada di pasaran yaitu menggunakan sambal khas sasak yang memiliki potensi digemari oleh masyarakat lokal. Sambajo mulai produksi sejak 7 November 2023 dan dipasarkan pada 13 November 2023. Satu kali produksi dalam tahap awal ini 20 botol sambal produksi ini kami sesuaikan dengan tempat lokasi penjualan dan sesuai pesanan konsumen dan dijual dengan harga Rp. 15.000.

Referensi

Fitriyanti, L. 2021. Analisis Pendapatan Nelayan Dengan Sistem Pengeringan Ikan Asin Lendra Sebelum Covid-19 Di Pangandaran, Kelurahan Pananjung Kecamatan Pangandaran Kabupaten Pangandaran. Agrisia-Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 14(1).

Kementerian Kelautan dan Perikanan. 2022. Volume Produksi Perikanan Indonesia (Ton), https://statistik.kkp.go.id/home.php?m=prod_ikan_prov&i=2#, diakses tanggal 13 Februari 2023

Rachman, E. (2016). Pengelolaan Usaha Produksi Ikan Asin dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Nelayan di Desa Kalumbatan Kecamatan Totikum Selatan Kabupaten Banggai Kepulauan. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, 3(2), 77-85.

Biografi Penulis

Nusrotun Azizah, Pendidikan Biologi Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).