Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga Menjadi Pupuk Cair dengan Proses Fermentasi Menggunakan EM4 di Desa Paok Pampang Kecamatan Sukamulia Lombok Timur

Penulis

Ahmad Jupri , Rena Zulfiani , Muhammad Fathurrahman , Ida Bagus Alit Sujendra , Tapaul Rozi , Nurul Hidayah

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i4.6600

Diterbitkan:

2023-12-15

Terbitan:

Vol 6 No 4 (2023): Oktober-Desember 2023

Kata Kunci:

Pupuk Organik Cair, Sampah Organik, Desa Paok Pampang

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Jupri, A., Zulfiani, R. ., Fathurrahman, M. ., Sujendra, I. B. A. ., Rozi, T. ., & Hidayah, N. . (2023). Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga Menjadi Pupuk Cair dengan Proses Fermentasi Menggunakan EM4 di Desa Paok Pampang Kecamatan Sukamulia Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 1272–1276. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.6600

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Pemanfaatan sisa limbah rumah tangga/tanaman sebagai pupuk organik cair dapat diwujudkan dengan mendaur ulang sampah organik. Adanya program ini akan mampu membangkitkan minat masyarakat untuk memanfaatkan limbah rumah tangga menjadi produk yang bermanfaat dan bernilai jual. Kegiatan pengabdian masyarakat universitas Mataram di Desa Paok Pampang mengadakan program kerja terkait praktek langsung produksi pupuk organik cair. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan pemanfaatan sisa limbah tanaman sebagai pupuk organik cair yang bernilai komersil maupun produksi swasta, serta secara tidak langsung mendukung program Desa Paok Pampang untuk mewujudkan kota/desa tanpa sampah. Pendekatan dalam melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat meliputi metode ceramah, diskusi dan seminar (pelatihan) disertai dengan praktik langsung. Kegiatan sosialisasi dan praktek pembuatan pupuk organik cair dimulai dengan penyampaian materi oleh koordinator penyuluhan pertanian Kecamatan Sukamulia. Adapun respon masyarakat pada tahapan ini sangat aktif. Kemudian setelah acara sosialisasi dilanjutkan dengan acara praktek atau demonstrasi pembuatan pupuk organik cair.

Referensi

Ajeng, Devi, Dini Ardiyanti, Muhamad Rizal Lutfi, Salwa Iqlima L, Sani Yuni Fahriah, and Medina Chodijah. 2021. “Pemanfaatan Limbah Sayur Sebagai Pupuk Organik Cair Tanaman Di Rw

Kelurahan Babakan Surabaya.†Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung 1 (15): 123–33.

Azmin, Nikman, Irfan, Muh. Nasir, Hartati,

and Nurbayan. 2022. “Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos Dari Sampah Organik Di Desa Woko Kabupaten Dompu.†Pengabdian Masyarakat 1 (3): 137–42.

Firmanu, Zulhan Ozi, M Abdurrahman Fardiaz, Armadani Saputra, and Eka Adithya Altri. 2023. “Optimalisasi Limbah Rumah Tangga Dalam Pembuatan Pupuk Organik Cair Di Desa Perian,†4–7.

Nur, Thoyib, Ahmad Rizali Noor, and Muthia Elma. 2018. “PEMBUATAN PUPUK ORGANIK CAIR DARI SAMPAH ORGANIK RUMAH TANGGA DENGAN

BIOAKTIVATOR EM4 (Effective Microorganisms).†Konversi 5 (2): 5. https://doi.org/10.20527/k.v5i2.4766.

Waqfin, Mohammad Saat Ibnu, Viki Rahmatullah, Nada Fahril Imami, and Mohammad Suud Wahyudi. 2022. “Pupuk Cair Pembuatan Mol Dan Pupuk Organik Cair.†Jumat Pertanian: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3 (1): 25–28. https://doi.org/10.32764/abdimasper.v 3i1.2123.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).