Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Terintegrasi Kearifan Lokal Sebagai Sumber Belajar Guru Madrasah Tsanawiyah Qamarul Huda Bagu

Penulis

Agus Ramdani , Jamaluddin , I Putu Artayasa

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i4.6610

Diterbitkan:

2023-08-24

Terbitan:

Vol 6 No 4 (2023): Oktober-Desember 2023

Kata Kunci:

Bahan ajar IPA, Kearifan lokal, Sumber belajar.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Ramdani, A. ., Jamaluddin, & Artayasa, I. P. . (2023). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Terintegrasi Kearifan Lokal Sebagai Sumber Belajar Guru Madrasah Tsanawiyah Qamarul Huda Bagu. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.6610

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Bahan ajar terintegrasi kearifan lokal yang inovatif mempunyai peran yang sangat penting dalam perkembangan dunia pendidikan. Proses pembelajaran di kelas menggunakan bahan ajar yang inovatif menjadi lebih mudah dalam mencari informasi, manipulasi, pengelolaan dan transfer ilmu antara yang ada pada lingkungan dengan materi pembelajaran. Dengan bahan ajar terintegrasi kearifan lokal yang inovatif dapat mengembangkan kemampuan berpikir siswa dan meningkatkan kemampuan guru secara profesional. Kemampuan guru dalam mengembangkan bahan ajar terintegrasi kearifan lokal perlu ditingkatkan.Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan pelatihan pengembangan bahan ajar terintegrasi kearifan lokal. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam mengembangkan bahan ajar terintegrasi kearifan lokal. Peserta diberikan pelatihan dan pendampingan secara intensif mulai dari pembuatan draft bahan ajar hingga menjadi media berbasis teknologi yang siap digunakan dalam pembelajaran. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dalam beberapa tahapan, yaitu 1) Koordinasi dengan semua pihak terkait; 2) Pelatihan tentang pengembangan bahan ajar terintegrasi kearifan lokal; 3) Pendampingan dalam pembuatan bahan ajar terintegrasi kearifan lokal oleh guru; 4) Focus group discussion pada beberapa masalah yang terjadi, solusi dan rencana tindak lanjutnya. Hasil  yang diperoleh  dari  pengolahan  data  keseluruhan  indikator  adalah  peserta  setuju bahwa  pelaksanaanpelatihan  telah  berjalan  dengan  baik,  dimana  sebagian besar peserta berpandangan bahwa pelaksanaan pelatihan telah memberikan manfaat  yang  mendalam dan sangat membantu dalam peningkatan kualitas diri peserta.

Referensi

Andayani, Y., Purwoko, A. A., Jamaluddin, J., Makhrus, M., & Harjono, A. (2020).Identifikasi pemahaman guru tentang pengembangan perangkat pembelajaran IPA SMP dengan pendekatan etnosain. Jurnal Pepadu, 1(2), 229-234.

Asrizal, A., Festiyed, F., & Sumarmin, R. (2017). Analisis kebutuhan pengembangan bahan ajar ipa terpadu bermuatan literasi era digital untuk pembelajaran siswa SMP kelas VIII. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 1(1), 1-8.

Hufri, H., Dwiridal, L., & Sari, S. Y. (2021).Peningkatan Kompetensi Guru-Guru IPA SMP/MTsN Lubuk Sikaping melalui Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1), 170-177.

Nurhayati, E., Andayani, Y., & Hakim, A. (2021).Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis STEM Dengan Pendekatan Etnosains. Chemistry Education Practice, 4(2), 106-112.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021).Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021).Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.

Ramdani, A., Syukur, A., Gunawan, G., Permatasari, I., & Yustiqvar, M. (2020).Increasing Students’ Metacognition Awareness: Learning Studies Using Science Teaching Materials Based on SETS Integrated Inquiry. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(5), 6708-6721.

Sari, Z. R. P., Ulianas, A., Putra, A., & Rahadian, Z. (2021, February). Improving Students’ Critical Thinking Skills Through Student Worksheet Colloid Systems Based On Discovery Learning and Multiple Representations at Senior High School. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1788, No. 1, p. 012030). IOP Publishing.

Tanjung, Y. T., Hidayati, T., Rini, R., & Sibuea, N. (2022).Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inovatif Bagi Dosen Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia. J-LAS (Journal Liaison Academia and Society), 2(2), 77-85.

Utari, R., Andayani, Y., Savalas, L. R. T., & Anwar, Y. A. S. (2021). Pemanfaatan Hasil Pengembangan Modul Kimia Berbasis Etnosains Untuk Menanamkan Sikap Konservasi Lingkungan di Sekolah MAN 2 Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1).

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global.In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 26, pp. 263-278).

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).