Pemberdayaan Remaja Putus Sekolah melalui Program Perina Bangkit di Desa Perina, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah

Penulis

Leni Astika , Hariadi , Nabilah Nisa’uzzakiyyah , Sisi Samarina , Lisa Cahyani , Eni Suyantri

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i4.6617

Diterbitkan:

2023-12-21

Terbitan:

Vol 6 No 4 (2023): Oktober-Desember 2023

Kata Kunci:

Program Perina Bangkit; Desa Perina; Kripik Turi; Pemberdayaan remaja;

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Astika, L. ., Hariadi, Nabilah Nisa’uzzakiyyah, Sisi Samarina, Lisa Cahyani, & Eni Suyantri. (2023). Pemberdayaan Remaja Putus Sekolah melalui Program Perina Bangkit di Desa Perina, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 1353–1358. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.6617

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Tujuan Program Perina Bangkit ialah untuk menekan angka pengangguran yang ada di Desa Perina dengan memanfaatkan daun turi sebagai jaje anget (kripik). Metode dan tahapan langkah yang digunakan dalam program ini terdiri dari tahap penetapan base-line, identifikasi kebutuhan mitra, strategi kegiatan penyusunan rancangan monitoring, solusi peran dan konstribusi pihak terkait. Program Perina Bangkit menghasilkan anak remaja putus sekolah yang produktif sehingga mampu menekan angka penggangguran di Desa Perina. Mitra telah melaksanakan dua kali produk dengan menghasilkan keuntungan sebesar Rp 85.000,00 sekali produksi dengan hasil produk sebanyak 47 pcs. Program Perina Bangkit diharapkan dapat terus berjalan sehingga masyarakat Desa Perina, khususnya Ibu-ibu PKK dan remaja putus sekolah selaku mitra memiliki produktivitas sehingga angka pengangguran di Desa Perina dapat berkurang.

Referensi

BPS Kabupaten Lombok Tengah. 2021. Statistik Daerah Kabupaten Lombok Tengah Dalam Angka Tahun 2021. BPS Kabupaten Lombok Tengah.

Handayani, S., Pratiwi, Y. S., & Fatmawati, N. 2021. Pemanfaatan tanaman lokal sebagai pelancar ASI (galaktogogue). Jurnal Kebidanan Malahayati, 7(3), 518-522.

Iien, H., Zulkifli, L., & Sedijani, P. 2020. Aktivitas Antibakteri Ekstrak metanol daun turi (Sesbania grandiflora L.) terhadap pertumbuhan Klebsiella pneumoniae. Jurnal Biologi Tropis, 20(2), 219-226.

Makalalag, A. K., Sangi, M. S., & Kumaunang, M. G. 2015. Skrining Fitokimia dan Uji Toksisitas Ekstrak Etanol dari Daun Turi (Sesbania grandiflora Pers). Chemistry Progress, 8(1).

Mardiana, H. R. 2021. Edukasi Manfaat Daun Turi Merah (Sesbania Grandiflora L. Pers) Untuk Kesehatan Reproduksi Pada Masyarakat Desa Seduri Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto. Prima Wiyata Health, 2(2), 20-27.

Paezal, M., Husen, M. S., & Haerani, B. (2020). Analisa Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Tentang Pergaulan Bebas Pada Remaja Kelas X Dan Xi Di Sma Nurul Falah Perina Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah Tahun 2020. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 1(03), 197-206.

Rohmah, J., Rachmawati, N. R., & Syarifatun, N. 2019. Perbandingan daya antioksidan ekstrak aseton daun dan batang turi putih (Sesbania grandiflora) dengan metode DPPH (diphenylpicrylhydrazil). Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian, 21 Desember 2018, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

Rosanti, Ida. 2021. Angka Putus Sekolah di Lombok Tengah Capai Ribuan Siswa. Di akses pada https://insidelombok.id/berita-utama/angka-putus-sekolah-di-lombok-tengah-capai-ribuan-siswa/.

Sultan, S., dkk. (2021). Sosialisasi Pengaman Instalasi Listrik Berdasarkan Puil 2011 (Sni 0225: 2011) Desa Perina Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Bakti Nusa, 2(1), 1-9.

Suryandari, S., Kartikasari, E., Desiningrum, N., Bahtiar, R. S., & Suprihatien, S. (2022). Sosialisasi Pencegahan Pernikahah Anak di Bawah Umur di Kecamatan Jonggat Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat. ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 1-5.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).