Penerapan Teknologi Akuaponik Di Desa Sumberpakem Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember

Penulis

Suci Ristiyana , Tri Wahyu Saputra , Ika Purnamasari , Yagus Wijayanto

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i4.6619

Diterbitkan:

2023-12-05

Terbitan:

Vol 6 No 4 (2023): Oktober-Desember 2023

Kata Kunci:

Amonia, Aquaponik, Budidaya, Hidroponik, Sayuran

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Suci Ristiyana, Tri Wahyu Saputra, Ika Purnamasari, & Yagus Wijayanto. (2023). Penerapan Teknologi Akuaponik Di Desa Sumberpakem Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 1366–1370. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.6619

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Aquaponik adalah sistem pertanian berkelanjutan dimana merupakan penggabungan budidaya ikan atau perikanan dengan penanaman tanaman baik sayuran atau buah buahan dalam satu lingkungan dimana saling mendukung atau biasanya dikembangkan dalan konsep dasar Aquaponik menggabungkan akuakultur (budidaya ikan) dan hidroponik (budidaya tanaman tanpa tanah). Pemberian ikan di bak atau kolam air, dimana akan menghasilkan limbah dalam bentuk amonia. Bakteri nitrifikasi mengubah amonia menjadi nitrat yang lebih rendah beracun. Air yang kaya nutrisi ini kemudian digunakan untuk menyuburkan tanaman dalam sistem hidroponik. Sistem kerja air yang mengandung limbah ikan dialirkan ke sistem hidroponik, di mana tanaman menyerap nutrisi yang ada dalam air. Tanaman ini menyaring air dan menghilangkan kelebihan nutrisi dan zat berbahaya, sementara akar mereka memberikan oksigen ke dalam air. Setelah air diolah oleh tanaman, air bersih dikembalikan ke bak ikan, menciptakan lingkaran yang berkelanjutan. Program pengabdian bertujuan untuk memberikan pendidikan dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang konsep dan manfaat aquaponik serta potensi keberlanjutan dan keuntungan ekonomi dari metode ini.

Referensi

Zulhelman, Z., Ausha, H. A., & Ulfa, R. M. (2016). Pengembangan sistem smart aquaponik. Jurnal Poli-Teknologi, 15(2).

Anggraeni, M. R. R. S. (2016). Peranan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Pada Kesejahteraan Masyarakat Pedesaan Studi Pada Bumdes Di Gunung Kidul, Yogyakarta. Modus, 28(2), 155-168.

Nugroho, R. A., Pambudi, L. T., Chilmawati, D., & Haditomo, A. H. C. (2012). Aplikasi teknologi aquaponic pada budidaya ikan air tawar untuk optimalisasi kapasitas produksi. Jurnal saintek perikanan, 8(1).

Sholihah, I. M., Sabilla, A. D. S., Aini, A. A. N., Sariati, L. H., Auliyassilmy, D. P., Amalia, N., ... & Agustin, T. A. K. (2021). Pengembangan Pusat Edukasi Batik dan Penguatan Kelompok Sadar Wisata Desa Sumberpakem Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember. Warta Pengabdian Andalas, 28(4), 406-415.

Wibowo, S. (2021). Aplikasi Sistem Aquaponik Dengan Hidroponik DFT Pada Budidaya Tanaman Selada (Lactuca Sativa L.). Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(2), 125-133.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).