Vol 4 No 2 (2021)
Akses Terbuka
Peer Reviewed

Pemanfaatan Nilai Ekologi Ekosistem Mangrove Sebagai Sumber Belajar IPA di SMAN 3 Lembar

Penulis

Zulhalifah Zulhalifah , Jami’atul Aulia , Ayu Safitri Melita , Abdul Syukur

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i2.662

Diterbitkan:

2021-03-08

Unduhan

Abstrak

Mangrove memiliki berbagai macam manfaat salah satunya dapat di jadikan sumber belajar dalam pembelajaran IPA. Pengabdian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan pemahaman peserta didik tentang ekosistem mangrove dan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab dengan peserta didik. Kemudian LKPD dan angket dibagikan kepada peserta didik untuk disi. Hasil post test dianalisis dengan rating scale sehingga dapat diketahui kegiatan pengabdian yang dilakukan sangat baik bagi peserta didik dalam materi ekosistem mangrove. Beradasarkan hasil post test pada peserta didik pengabdian yang dilakukan sangat baik karena dapat menambah wawasan peserta didik terkait ekosistem mangrove. Selain itu, melatih peserta didik menggunakan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar IPA.

 

Kata Kunci:

Kata Kunci, LKPD, Ekosistem Mangrove, Sumber Belajar

Referensi

Donato, D. C., Kauffman, J. B., Murdiyarso, D., Kurnianto, S., Stidham, M., & Kanninen, M. 2012. Mangrove adalah salah satu hutan terkaya karbon di kawasan tropis. Brief Cifor. 12: 1-10.

Husain, I., Katili, A. S., & Nusantari, E. 2019. Pengembangan buku ajar ekologi dengan memanfaatkan hasil analisis potensi ekosistem mangrove sebagai penyerap karbon. Jambura Edu Biosfer Journal. 1(1): 23-31.

Saputri, D. N., Winarni, E. W., & Gunawan, A. 2019. Pengaruh Pemanfaatan Hutan Mangrove sebagai Sumber Belajar IPA terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas IV SD Kota Bengkulu. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 12(2): 150-158.

Savitri, E. N., & Sudarmin, S. 2016. Penerapan pendekatan jas (jelajah alam sekitar) pada mata kuliah konservasi dan kearifan lokal untuk menanamkan softskill konservasi pada mahasiswa ipa unnes. Unnes Science Education Journal. 5(1): 102-107.

Syar, N. I. 2017. Penggunaan Bahan IPA Terpadu dengan Tema Cuaca Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep IPA. Jurnal Edusains. 9(1): 34-40.

Yokhebed, Y., Titin, T., & Wahyuni, E. S. 2016. Peningkatan Life Skill melalui Pembelajaran Berbasis Keunggulan Lokal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology Science, Enviromental, and Learning. 13(1): 455- 460.

Biografi Penulis

Zulhalifah Zulhalifah, Pascasarjana Universitas Mataram

Mahasiswa Magister Pendidikan IPA

Ayu Safitri Melita, Universitas Mataram

Cara Mengutip

Zulhalifah, Z., Aulia, J., Melita, A. S., & Syukur, A. (2021). Pemanfaatan Nilai Ekologi Ekosistem Mangrove Sebagai Sumber Belajar IPA di SMAN 3 Lembar. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.662