Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa SD Negeri 5 Tanjung Melalui Program Kampus Mengajar

Penulis

Hudayti Urba Cahyani , Eni Suyantri

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i4.6621

Diterbitkan:

2023-12-21

Terbitan:

Vol 6 No 4 (2023): Oktober-Desember 2023

Kata Kunci:

Program Kampus Mengajar; literasi; numerasi; SD N 5 Tanjung.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Hudayti Urba Cahyani, & Eni Suyantri. (2023). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa SD Negeri 5 Tanjung Melalui Program Kampus Mengajar . Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 1359–1365. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.6621

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Program Kampus Mengajar bertujuan untuk membantu mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada di sekolah melalui program kerja yang disusun. Program Kampus Mengajar memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaktualisasikan passion, semangat dan keinginan mahasiswa. SD N 5 Tanjung merupakan salah satu sekolah sasaran penempatan Program Kampus Mengajar Angkatan 6. Fokus dari Program Kampus Mengajar adalah peningkatan kemampuan Literasi dan Numerasi siswa di sekolah. Pelaksanaan Program Kampus Mengajar diawali dengan observasi awal ke sekolah, penyusunan program kerja, sosialisasi program kerja dan pelaksaan program kerja hingga akhir program. Program kerja yang dilaksanakan antara lain pembuatan pojok baca, literasi 30 menit sebelum pembelajaran dimulai, lomba baca puisi, lomba baca cerita pendek, pembuatan pohon harapan, pembuatan alat peraga edukatif, pembuatan poster perkalian, dan kunjungan ke rumah siswa. Keseluruhan program berjalan dengan baik dan lancar hinga berakhirnya Program Kampus Mengajar dan memberikan dampak positif terhadap peningkatan literasi dan numerasi siswa SD N 5 Tanjung.

Referensi

Fadhilaturrahmi, F. (2018). Lingkungan Belajar Efektif Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, (2), 2, 61-69.

Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi, Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Haqimurosyad, A. I., Iswara, P. D., & Aeni, A. N. (2017). Penerapan Teknik Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Pada Materi Cerita Peristiwa. Jurnal Pena Ilmiah, (1), 2, 101-110

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. Kalamatika Jurnal Pendidikan Matematika, (1), 4, 69–88.

Mamluah, S. K., & Maulidi, A. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Di Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, (2), 5, 869–877.

Meliyanti, Raraswati, P., Hidayat, D. N., & Aryanto, S. (2021). Kajian Literatur: Perkembangan Literasi Dan Numerasi Di Lingkungan Keluarga. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6504–6512.

Miller, Sara & Pennycuf, Lisa. (2008). The Power of Story: Using Storytelling to Improve Literacy Learning. Journal of Cross-Disciplinary Perspectives in Education (1), 1, 36 - 43

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, (1), 3, 9–15.

Rohadi, Aristo. (2003). Media Pembalajaran. Departemen Pendidikan Nasional.

Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, (2), 6, 151–164.

Qasim, K., & Awaluddin. (2015). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Smp Negeri Di Kabupaten Buton Utara. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, (3), 3, 84–85.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).