Workshop Manajemen Pembelajaran pada Kenormalan Baru dalam Menjamin Mutu di SMA Nahdlatul Wathan Mataram

Penulis

  • Dadi Setiadi
  • Sudirman Wilian
  • Nyoman Sridana

DOI:

https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.6631

Kata Kunci:

Manajemen, Kenormalan Baru Mutu

Abstrak

Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada para tenaga pendidik  dan kependidikan secara komprehensif terkait dengan bagaimana ; merencanakan, mengorganisasi, melaksanakan, memonitoring dan evaluasi pelaksanaan pembelajaran khusus di masa normal baru di  SMA NW Mataram. Metode yang digunakan adalah dalam bentuk workshop yang lebih berbasis pada praktek langsung menyusun perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi pembelajaran bauran. Data hasil pengabdian dikumpulkan melalui asesmen pengetahuan dan keterampilan serta dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil kegiatan pengabdian menunjukan bahwa para pendidik dan kependidikan memiliki pemahaman dan keterampilan  tentang  pembelajaran di masa normal baru mulai dari konsep, model dan prinsip-prinsip pembelajaran, penyusunan perencanaan pembelajaran secara keseluruhan, namun masih memerlukan pendalaman yang lebih teknis dalam mendesain perencanaan pembelajaran dan mendesain instrumen-instrumen monev pembelajaran di masa normal baru. Selain itu memiliki keterampilan-keterampilan dalam pelaksanaan dan  menginterpretasi data hasil monev serta mengembangkan pembelajaran di masa normal baru berbasis hasil monev

Referensi

Amin, A. Kh. 2017. Kajian Konseptual Model Pembelajaran Blended Learning berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Edutama, (4), 2.

Albion, Peter (2008) Web 2.0 In Teacher Education: Two Imperatives For Action. Computers in the Schools, 25 (3/4). pp. 181-198. ISSN 0738-0569

Direktoran Pembelajaran .2017 .Pedati Model Sesain Sstem Pembelajaran Blended. Jakarta : Direktorat pembelajaran.

Goziyah, Sulaeman, A., Suherman, A. 2021. Pelatihan Inovasi Pembelajaran di Era Kenormalan Baru pada Guru-Guru SMK Islam Baidhaul Ahkam Sepatan> Jurnal Abdimas Prakasa Dakara https://doi.org/10.37640/japd.v1i1.934

Husamah,. 2014. Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Malang : Prestasi Publisher.

Husna, M. dan Sugito. 2022. Eksplorasi Penerapan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada Jenjang PAUD di Masa Kebiasaan Baru. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (6) 3.

Istiningsih dan Hasbullah (2015). Blended Learning, Trend Strategi Pembelajaran Masa Depan. Jurnal Elemen. (1). 1.

Kusyanti, R. N. T. 2022. Pengembangan Desain Blended Learning Mata Pelajaran Fisika SMA pada Era Kenormalan Baru Jurnal Karya Ilmiah Guru. 7 (1). DOI : https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.318

Lubis, M. A., Johannes, Rasyid, A., 3 , Azizan, N. 2021. Efektivitas Platform Rumah Belajar sebagai Sumber Belajar Digital di Era Kenormalan Baru. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education. (1) 2.

Mutaqin, A., Marethi, I. dan Syamsuri, 2016. Model Blended Learning di Program Studi Pendidikan Matematika UNTIRTA. Cakrawala Pendidikan. (1).

Nasution, M., Jalinus N., dan Syahril , 2019. Buku Model Blended Learning.Riau : Unilak Press.

Nuraeni. 2021. Blended Learning Berbasis Modul Elektronik Bidang Studi IPA Di Mts. Surabaya Limbangan Garut . Jurnal PETIK . (7) 1.

Oktaria, S. D., Budiningsih, C.A dan Risdianto, E. 2018. Model Blended Learning Berbasis Moodle. Bogor:Halaman Moeka Publishing.

Pratiwi, Y., Parijo, Warner , 2016. Penerapan Model Blended Learning Untuk Meningkatkan Performansi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. (5) 11.

Ramdhani, I.S., Sumiyani. 2020. Disrupsi Pembelajaran Bahasa Indonesia Menuju Merdeka Belajar di Era Kenormalan Baru. Jurnal Sasindo Unpam, 8, (2,).

Ronsen, D. dan Stewart, C.. (2015). Blended learning for the Adult Education Classroom: Essential Education Corporation, Inc. (http://app.essentialed.com/resources/blended-learningteachers-guide-web.pdf).

Sari. 2021. Blended Learning sebagai Alternatif Model Pembelajaran Inovatif di Masa Post-Pandemi di Sekolah Dasar. Research & Learning in Elementary Education (5) 4.

Suhartono, 2017. Menggagas Penerapan Pendekatan Blended Learning di Sekolah. Jurnal Kreatif .

Widiastuti, S. 2020. Deep Learning sebagai Kenormalan Baru dalam Pembelajaran Deep Learning as the New Normal in Learning. Prosiding Seminar Nasional Kimia (SNK) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Surabaya, 10 Oktober 2020

William,S., Sridana, Nym,. D. Setiadi, S., 2021. Workshop Teknik-Teknik Evaluasi Proses Pelaksanaan Pemenuhan Mutu Sebagai Dasar Pelaksanaan Merdeka Belajar di SMA NW Narmada Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1): 175-181.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-18

Cara Mengutip

Setiadi, D. . ., Wilian, S. ., & Sridana, N. . (2023). Workshop Manajemen Pembelajaran pada Kenormalan Baru dalam Menjamin Mutu di SMA Nahdlatul Wathan Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 1317–1322. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.6631