Penggunaan KIT IPA Sederhana sebagai Media Pembelajaran Efektif pada Siswa di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan

Penulis

Fuad Tamami , Rabiatul Adawiyah , Siswadi Siswadi

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i2.665

Diterbitkan:

2021-03-08

Terbitan:

Vol 4 No 2 (2021)

Kata Kunci:

KIT IPA sederhana, penyuluhan, media pembelajaran

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Tamami, F., Adawiyah, R., & Siswadi, S. (2021). Penggunaan KIT IPA Sederhana sebagai Media Pembelajaran Efektif pada Siswa di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.665

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan untuk penggunaan KIT IPA sederhana untuk pembelajaran efektif pada siswa di YPI Biyadatul Hidayah Ampenan. Keterbatasan alat praktikum menjadi salah satu kendala yang dihadapi guru dalam melaksanakan pembelajaran IPA secara menarik. Media pembelajaran IPA tidak hanya menggunakan alat yang mahal, namun juga dapat dibuat dengan bahan-bahan yang dapat ditemukan di lingkungan sekitar. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah dengan mentransfer pengetahuan dari tim pengabdian kepada para guru IPA SMP di YBI Biyadatul Hidayah Ampenan. Adapun pokok-pokok materi yang disampaikan meliputi, (1) penyampaian topik IPA yang penting untuk menggunakan media dalam penyampaiannya, (2) pemaparan cara membuat KIT IPA sederhana terkait topik IPA yang disampaikan, serta (3) demonstrasi penggunaaan KIT IPA sederhana. Sasaran kegiatan pengabdian ini adalah 17 guru IPA yang ada di YPI Biyadatul Hidayah Ampenan. Kegiatan penyuluhan diwarnai dengan antusiasme peserta yang tinggi.

Referensi

Hamid, A. Mustofa., Ramadhani, Juliana, Safitri, Mumsarif, Simarmata. (2020). Media Pembelajaran. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Roestiyah. (2001). Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta : Jakarta.

Merriem Webster. (1953). Webster’s Dictionary. Miamy Florida: PSI and Ass Inc.

Ningsih, Rachma Suprapti. (2011). Problematika Pembelajaran IPA Kelas V Materi Peredaran Darah Manusia di Sekolah Dasar Gugus III Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang, Skripsi. Program Studi PGSD FIP, Universitas Negeri Malang : Malang.

Biografi Penulis

Fuad Tamami, Universitas Mataram

Magister Pendidikan IPA, Pasca Sarjana

Rabiatul Adawiyah, Universitas Mataram

Magister Pendidikan IPA, Pasca Sarjana

Siswadi Siswadi, Universitas Mataram

Magister Pendidikan IPA, Pasca Sarjana

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).