Karateristik/Spesifikasi Alat Laboratorium Fisika dan Cara Penggunaanya pada Mahasiswa S1 Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Mataram

Penulis

Fidiani Fidiantara , Husnul Fuadi , Wahyu Bintang Ilahi , Jamaluddin Jamaluddin

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i2.666

Diterbitkan:

2021-03-08

Terbitan:

Vol 4 No 2 (2021)

Kata Kunci:

Abad 21, Alat Laboratorium, Guru IPA

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Fidiantara, F., Fuadi, H., Ilahi, W. B., & Jamaluddin, J. (2021). Karateristik/Spesifikasi Alat Laboratorium Fisika dan Cara Penggunaanya pada Mahasiswa S1 Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.666

Abstrak

Keterampilan pada abad 21 menjadi fokus utama pendidikan saat ini, khususnya pada pendidikan IPA. Keterampilan ini menjadi kebutuhan dasar dari pembelajaran sains yang saat ini masih kurang tepat dibelajarkan di sekolah. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan terhadap karakteristik/spesifikasi alat – alat laboratorium fisika kepada mahasiswa jurusan PMIPA FKIP Universitas Mataram. Metode yang digunakan yaitu praktek langsung penggunaan alat – alat laboratorium seperti jangka sorong, micrometer sekrup, multimeter, neraca ohaus dan catu daya yang dipandu oleh teknisi laboratorium sebagai salah satu tim pengabdi. Kegiatan ini mampu memberikan peningkatan pemahaman dan keterampilan bagi para peserta terlihat dari hasil pretest dan posttest pada saat kegiatan. Pelatihan penggunaan alat – alat laboratorium penting dilakukan sebagai modal dasar bagi calon guru IPA di Sekolah.

Referensi

Arief, D. S. (2015). Kalibrasi Jangka Sorong Nonius (Vernier Calliper) Berdasarkan Standar JIS B 7507 Di Laboratorium Pengukuran Teknik Mesin Universitas Riau (Doctoral dissertation, Riau University).

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5(1), 414-421.

Erni, S., Rian, V., Cut, R, M., Zubaidah, A, M, Z., Martius, & Musa, T. 2020. Refleksi Proses Pembelajaran Guru MTs dimasa Pandemi Covid 19 di Pekanbaru: Dampak dan Solusi. Bedelau: Jurnal of Education and Learning. 1(1), 1-10.

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108-116.

Handayani, L. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning pada Masa Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMP Negeri 4 Gunungsari. Jurnal Paedagogy. 7(3), 168-174.

Martias, M. (2017). Penerapan Dan Penggunaan Alat Ukur Multimeter Pada Pengukuran Komponen Elektronika. Konferensi Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi, 1(1).

Murdoko, E., Akhlis, I., & Linuwih, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Alat Ukur Panjang Mikrometer Sekrup dan Jangka Sorong untuk Siswa SMA dengan Perangkat Lunak Construct 2. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 6(3), 73-79.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling. 2(1), 1-12.

Sadikin, A., & Afreni, H. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. 6(2), 214-224.

Setiawan, A, R. (2020). Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(1), 28-37.

Sofyana, L., & Abdul, R. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. 8(1), 81-86.

Yandra, E. F., Lapanporo, B. P., & Jumarang, M. I. (2016). Rancang bangun timbangan digital berbasis sensor beban 5 Kg menggunakan mikrokontroler Atmega328. POSITRON, 6(1).

Biografi Penulis

Fidiani Fidiantara, Program Studi Magister Pendidikan IPA, Pascasarjana Universitas Mataram

Husnul Fuadi, Program Studi Magister Pendidikan IPA, Pascasarjana Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).