Implementasi Metode Field Trip Mahasiswa Universitas Sumatera Utara dengan PTPN III Unit Gunung Para dalam Meningkatkan High Order Thinking Skills

Penulis

Charloq , Abu Yazid , Anisa Alda Vionika Pakpahan

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i4.6664

Diterbitkan:

2023-12-31

Terbitan:

Vol 6 No 4 (2023): Oktober-Desember 2023

Kata Kunci:

Kata Kunci :  Field trip, implementasi, skill, kelapa sawit, karet.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Charloq, Yazid, A., & Alda Vionika Pakpahan, A. . (2023). Implementasi Metode Field Trip Mahasiswa Universitas Sumatera Utara dengan PTPN III Unit Gunung Para dalam Meningkatkan High Order Thinking Skills. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 1430–1435. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.6664

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kunjungan lapangan (field trip) sebagai wujud implementasi perkuliahan dan praktikum metode rencana pembelajaran semester berbasis Outcome Education yang dilaksanakan di PTPN III Unit Gunung Para, Kecamatan Dolok Merawan, Kabapaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara pada hari Sabtu, 16 September 2023. Program kunjangan lapangan (field trip) sebagai wujud implementasi perkuliahan dan praktikum metode rencana pembelajaran semester berbasis Outcome Education yang dilaksanakan di PTPN III Unit Gunung Para, Kecamatan Dolok Merawan, Kabapaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara sebagai bentuk aplikasi dan sekaligus mempraktikkan ilmu yang diperoleh dibangku perkuliahan atau Link and Match antara teori dan terapan di lapangan mahasiswa/i Universitas Sumatera Utara (USU) Program Studi Agroteknologi dan Keteknikan Pertanian. Kegiatan ini diharapkan mahasiswa/I mampu mengasah high order thingking skills meliputi kemampuan pemecah masalah, berpikir kreatif, keterampilan menginvestigasi dan kemampuan mengambil keputusan, terutama di  bidang pertanian/perkebunan komoditi kelapa sawit dan karet.

 

 

Referensi

Amri, M. S. 2012. Penerapan Group Invistigation dengan Model Make a Match pada Materi Ekosistem di SMP N 1 Sulang Kabupaten Rembang. [Skripsi]. Semarang : FMIPA-Universitas Negeri Semarang.

Amosa, A.G., Ogunlade, O.O., and Atobatele, A.S. 2015. Effect of Field Trip on Student Academic Performance in Basic Technology in Ilorin Metropolis, Nigeria. Malaysian Online Journal of Educational Technology, 3 (2): 1-6.

Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi (GP Press Group).

Mundilarto dan Suharyanto. 2015. Pengembangan Model Outdoor Learning untuk Menumbuhkan Sikap Spiritual dan Sosial Melalui Pembelajaran Fisika. Yogyakarta: LPPM.

Patrick, P., C. Mathews. 2013. Using a Field Trip Inventory to Determine If Listening to Elementary School Students' Conversations, While on A Zoo Field Trip, Enhances Preservic Teachers' Abilities to Plan Zoo Field Trips. International Journal of Science Education,

(15), 2645-2669.

Pradyani, I.A.A.M., I Made S., dan Made A. (2014). Penerapan Metode Field Trip sebagai Upaya Meningkatkan Katrampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa di Kelas VII A.3 SMP Negeri 1 Singaraja. E-journal Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1):1-10.

Ratnasari, D. (2014). Pengaruh Pemanfaatan Mangrove Cagar Alam Pulau Dua melalui Kegiatan Field Trip terhadap Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa SMA Pada Konsep Pencemaran Lingkungan. Prociding Mathematics and Sciences Forum 2014.

Biografi Penulis

Charloq, Universitas Sumatera Utara

Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian

Abu Yazid, Institut Teknologi Sawit Indonesia

Budidaya Perkebunan

Anisa Alda Vionika Pakpahan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).