Pelatihan dan Pendampingan Sistem Informasi Logistik di Usaha Industri ‘Tabola Meubel’ Kabupaten Sumbawa Barat

Penulis

Amrussalam Amrussalam , Hasanuddin , Rahmawati

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i4.6673

Diterbitkan:

2023-12-24

Terbitan:

Vol 6 No 4 (2023): Oktober-Desember 2023

Kata Kunci:

Sistem logistik, sistem informasi, dan konsep just in time  (JIT)

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Amrussalam, A., Hasanuddin, & Rahmawati. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Sistem Informasi Logistik di Usaha Industri ‘Tabola Meubel’ Kabupaten Sumbawa Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 1418–1423. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.6673

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Mitra ‘Tabola Meubel’ sangat ingin mengoptimalkan  sistem logistiknya dalam upaya peningkatan pelayanan dari pemasok & kepada pelanggan, dan pengaturan layout fasilitas area produksi yang rapi dan efektif untuk memperoleh prestasi logistik bagi Mitra. Tujuan pelaksanaan program Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat  (PKM)   ini adalah untuk memberdayakan Mitra melalui peningkatan layanan Mitra dengan cara memberikan pengetahuan dan pemahaman Mitra dalam membangun sistem informasi logistik dengan  memperhatikan konsep just in time (JIT) dalam mengoptimalkan sistem logistiknya dengan tersedianya sistem informasi logistik ‘TABOLA’ berbasis WEB dalam mendukung manajemen  Mitra. Hasil  dan luaran  yang sudah dicapai pada kegiatan PKM ini adalah dapat memberdayakan Mitra melalui peningkatan layanan Mitra dengan cara memberikan pengetahuan dan pemahaman Mitra dalam membangun sistem informasi logistik dengan  memperhatikan konsep just in time (JIT) dalam mengoptimalkan sistem logistiknya dan dengan tersedianya sistem informasi logistik ‘TABOLA’ berbasis WEB dalam mendukung manajemen  Mitra dan  pengaturan layout fasilitas area produksi yang rapi dan efektif,

 

Referensi

A. Hasymi Ali. (2004). Manajemen Logistik: Integrasi Sistem-sistem Manajemen Distribusi Fisik dan Manajemen Material. In 2 (Keempat, pp. 1–360). Bumi Aksara.

A. Hasymi Ali. (2012). Manajemen Logistik: Integrasi Sistem-sistem Manajemen Distribusi Fisik dan Manajemen Material. In I (Kelima, pp. 1–326). Bumi Aksara.

A. Rusdiana; Moch.Irfan. (2014). Sistem Informasi Manajemen (Beni Ahmad Saebani (ed.); Pertama, pp. 1–387). CV Pustaka Setia.

Abdorohim, D. (2021). Pengembangan UMKM : Kebijakan, Strategi , Digital Marketing dan Model Bisnis UMKM. (Rachmi (ed.); Kesatu). Refika Aditama.

Agus Ristono. (2010). Sistem Produksi Tepat Waktu (Pertama). Graha Ilmu.

Amrussalam, Supriastuti, E., Nursan, M., Rahmawati, Apriyani, A., & Sulaimansyah. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Lean Management dalam Memberikan Value Added Service pada Usaha Dagang Pertanian. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(2), 76–84. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i2.1616

Anggraeni, E. Y., Risanto, E., Basuki, Y., Nofianto, D., C, A. A., & Offset, A. (2017). Pengantar Sistem Informasi. Penerbit Andi. https://books.google.co.id/books?id=8VNLDwAAQBAJ

Arif, M. (2017). Perancangan Tata Letak Pabrik (Cetakan Pe). DEEPUBLISH. https://books.google.co.id/books?id=NeYvDwAAQBAJ

Fatimah, A. F., & Munawir, H. (2020). Analisis Pemilihan Supplier Komponen Kayu Jati Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)(Studi Kasus: PT. Rakabu Sejahtera, Kalijambe, Sragen). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Humdiana & Evi Indrayani. (2006). Sistem Informasi Manajemen_Obsesi mengoptimalkan informasi dalam Bisnis (Kedua, pp. 1–382). Graha Ilmu.

Lai, Kee Hung, & Cheng, T. C. E. (2009). Just-in-time logistics. Gower Publishing Companay.

Purnama, C. (2016). Sistem Informasi Manajemen (C. Anam (ed.); Pertama, pp. 1–176). Insan Global. https://dosen.stie-alanwar.ac.id/file/content/2018/07/chamdan_Purnama_sistem_informasi_manajemen_isbn_978-602-8313-24-0_chamdan.pdf

Purnomo, D. E. H., & Sunardiansyah, Y. A. (2021). IMPLEMENTASI METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) UNTUK EVALUASI PEMASOK KAYU PADA INDUSTRI FURNITUR. JISO: Journal of Industrial and Systems Optimization, 4(1), 1–7.

Rosyidi, M. R. (2018). Analisa tata letak fasilitas produksi dengan metode ARC, ARD, dan AAD di PT. XYZ. Jurnal Teknik WAKTU, 16(1), 82–95.

Sinulingga, S. (2009). Perencanaan & Pengendalian Produksi (Pertama). Graha Ilmu.

Suntoro. (2020). Fundamental Manajemen Logistik: Fungsi Logistik dalam Implementasi dan Operasi (Pertama). Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=yBkREAAAQBAJ

Wignjosoebroto, S. (1996). Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan (I Ketut Gunarta (ed.)). PT Candimas Metropole.

Yulistio, A., Basuki, M., & Azhari. (2022). Perancangan Ulang Tata Letak Display Retail Fashion Menggunakan Activity Relationship Chart (ARC). Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 10(1), 21–30.

Biografi Penulis

Amrussalam Amrussalam, Universitas Cordova

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).