Pelatihan Pembuatan Sosis dan Bakso yang Mengandung Bagan Antioksidan Alami sebagai Pangan Fungsional pada Masyarakat Desa Sembung, Lombok Barat

Penulis

Wahid Yulianto , Djoko Kisworo , Bulkaini Bulkaini , Baiq Rani Dewi Wulandani , Haryanto Haryanto , Fahrullah Fahrullah

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i1.6685

Diterbitkan:

2024-02-27

Terbitan:

Vol 7 No 1 (2024): Januari - Maret

Kata Kunci:

Functinal Food, Meatball, Sausage, Antioxidant, Sembung Village

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Yulianto, W., Kisworo, D., Bulkaini, B., Dewi Wulandani, B. R., Haryanto, H., & Fahrullah, F. (2024). Pelatihan Pembuatan Sosis dan Bakso yang Mengandung Bagan Antioksidan Alami sebagai Pangan Fungsional pada Masyarakat Desa Sembung, Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(1), 44–49. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i1.6685

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Desa Sembung menghasilkan cabai yang dapat digunakan sebagai sumber bahan antioksidan pada produk olahan daging fungsional. Kegiatan ini dilakukan melalui dua metode: Demonstrasi dan Partisipasi. Pelatihan diawali dengan penjelasan mengenai produk olahan daging, meliputi alat dan bahan, prinsip cara pembuatan, pengemasan, dan penyajian. Materi yang disampaikan meliputi pengertian antioksidan, cara kerja antioksidan dalam mencegah oksidasi, dan bahan-bahan alami yang mengandung antioksidan. Setelah itu, para peserta diberi kesempatan untuk mempraktikkan pembuatan sosis dan bakso melalui demonstrasi. Mayoritas peserta yang hadir adalah kader PKK dari setiap dusun di Desa Sembung. Pelatihan ini memberikan informasi tambahan mengenai cara memproduksi bakso dan sosis dengan nilai tambah berupa bahan antioksidan alami yang menyehatkan. Beberapa peserta telah memiliki pengalaman dalam pengolahan daging. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan ini telah membekali masyarakat Desa Sembung dengan pengetahuan dan keterampilan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

Referensi

Ananta, I. G. B. T. & Anjasmara, D. G. A. 2022. Potensi ekstrak buah cabai keriting (Capsiicum annum var. Longum) sebagai antioksidan dan antiba kteri. Jurnal Ilmiah Medicamento, 8(1): 48-55.

Apriantini, A., Afriadi, D., Febriyani, N. & Arief, I. I. 2019. Fisikokimia, mikrobiologi dan organoleptic sosis daging sapi dengan penambahan tepung biji durian (durio zibethinus Murr). Jurnal Ilmu Produksi dan Teknologi Hasil Peternakan, 9(2): 79-88.

BPS. 2018. Kabupaten Lombok Barat dalam Angka 2018. Badan Pusat Statistik Kabupaten Lombok Barat.

BPS. 2017. Kajian Konsumsi Bahan Pokok 2017. Badan Pusat Statistik. Jakarta.

Firahmi, N., Dharmawati, S. & Akirin, M. 20115. Sifat fisik dan organoleptic bakso yang dibuat dari daging sapi dengan pelayuan yang berbeda. Al Ulum Sains dan Teknologi, 1(1): 39-45.

Herlina., Darmawan, I. & Rusdianto, A. S. 2015. Penggunaan tepung glukomanan umbi gembili (Dioscorea esculenta L.) sebagai bahan tambahan makanan pada pengolahan sosis daging ayam. Jurnal Agroteknologi, 9(2): 134-144.

Hui, Y. H., Hui, Y. H., Nip, W. K. & Rogers, R. 2001. Meat Science and Applications. Marcel Dekker Inc. New York-Basel.

Lagaretta, I. G. 2001. Meat Canning Technology. Marcel Dekker Inc. New York-Basel.

Muwarni, R. 2011. Functional Meat: Tantangan dan Inovasinya. Food Review Indonesia, 6(4).

Natari, S. U. & Mutaqin, B. K. 2021. Kajian umur simpan bakso ayam pada suhu pendinginan yang berbeda. Jurnal Teknologi Hasil Peternakan, 2(1):24-31.

OECD. 2019. Meat Consumption (Indicator).

Rachmawati, R., Defiani, M. R. & Suriani , N. L. 2009. Pengaruh suhu dan lama penyimpanan terhadap kandungan vitamin C pada cabai rawit putih (Capsicum frustescens). Jurnal Biologi Udayana, 13(2): 36-40.

Sanuddin, M., Andriani, M. & Ramadhani, D. S. Penetapan kadar Vitamin C pada ekstrak paprika (Capsicum annuum var. grossum Sendtn,) di supermarket menggunakan metode KCKT. Jurnal Pharmacy, 13(2): 207-212,

Suryanto, E. 2011. Penggunaan protein kedelai pada industry olahan daging. Food Review Indonesia, 6(3).

Tatengkeng, M. A., Setiasih, I. S. & Sumanti, D. M. 2019. Kadar vitamin C cabai rawit (Capsicum frutescens L.) hasil ozonasi selama penyimpanan suhu ruang. Pasundan Food Technology Journal, 6(2): 102-104.

Warsi, W. & Guntarti, A. 2013. Aktivitas antioksidan ekstrak methanol buah paprika hijau (Capsicum annum L.). PharmaCiana, 3(1): 9-19.

Biografi Penulis

Wahid Yulianto, Universitas Mataram

Djoko Kisworo, Universitas Mataram

Bulkaini Bulkaini, Universitas Mataram

Baiq Rani Dewi Wulandani, Universitas Mataram

Haryanto Haryanto, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).