Re-branding Produk UMKM Desa Suling Wetan Melalui Logo Baru dengan Sistem Digital Marketing

Penulis

Difany Aulia Rahman , Windi Widyaningsih , Novika Aliza Sianipar , Fezira Rosa Hendriana , Karomitafitri Ayumasita , Vito Chandra Gunawan , Hepniatul Hasanah , Hilda Nurwakidah Jazimah , Sundahri

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i4.6713

Diterbitkan:

2023-12-24

Terbitan:

Vol 6 No 4 (2023): Oktober-Desember 2023

Kata Kunci:

UMKM, logo, rebranding, digital marketing

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Rahman, D. A. ., Widyaningsih, W. ., Sianipar, N. A. ., Hendriana, F. R. ., Ayumasita, K. ., Gunawan, V. C. ., … Sundahri. (2023). Re-branding Produk UMKM Desa Suling Wetan Melalui Logo Baru dengan Sistem Digital Marketing. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 1359–1364. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.6713

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

In the midst of rapid technological development and internet utilization, the business world has undergone changes, one of which is MSMEs in Suling Wetan Village. There are several MSMEs in the village, such as tempeh chips, crispy intestines, and mushrooms. The problem of MSMEs in Suling Wetan Village is the lack of ability in product management and marketing. This causes MSME products in Suling Wetan Village to be less well known, especially in the area itself. The purpose of this work program is to develop village MSMEs, especially Suling Wetan Village, through a new logo with a digital marketing system to be better known and get the attention of the market sector in selling products more widely.

Referensi

Adi Saputro, E., Defri, I., Al Furkhon, A., & Wanda Anastasia, B. 2022. Re-branding UMKM Kelurahan Kedundung Mojokerto Melalui Logo Baru yang Unik dan Menarik. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik Mesin (Abdi-Mesin), 2(1).

Alfian, N. & Wahyu Maulana. 2022. Peningkatan Omzet UMKM Guna Menjaga Perekonomian Masyarakat Desa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 6(2). https://doi.org/10.30595/jppm.v6i2.7982.

Anggraeni. C. W., dkk. 2021 Kebijakan Pemerintah Dalam Pemberdayaan UMKM di Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Journal of Government and Politics (JGOP), 3(1): 47-65. Journal of Government and Politics (JGOP) (ummat.ac.id)

Arianto, B. 2020. Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2): 233-247. https://doi.org/10.38204/atrabis.v6i2.512

Arumsari, R., N., Nurzahroh, L., dan Tina, R. 2022. Peran Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Teknologi di Kelurahan Plamongansari Semarang, 11(1): 92-101. https://doi.org/10.20961/semar.v11i1.57610

Karim, A., & Purba, E. 2022. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Masyarakat Tanjung Medan. In Jurnal Mitra Pengabdian Farmasi, 1(3). https://ejurnal.akfar-mandiri.ac.id/index.php/abdimas.

Permana, Y. L., Nuriyanto, D. F., Ramdani, F. A., Mahardhika, A. W., Asteria, I., Setyo ningsih, D. R., Putra, G. P., Rofiq, M., Marpaung, K. Y., Munandar, D. E., & Sundahri (2023). Pengembangan Potensi TOGAdi Desa PucangAnomsebagai Wirausaha Minuman Herbal Celup dan Jelly Milkshake. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(2): 310-321.

Sarfiah, Sudati Nur., dkk. 2019. UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2). http://dx.doi.org/10.31002/rep.v4i2.1952.

Siregar, R. T., dkk. 2020. Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Pematangsiantar. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen (JKBM), 6(2): 133-142. https://doi.org/10.31289/jkbm.v6i2.3736. /~borglet/apriori.pdf, diakses tgl 23 Februari 2015.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).