Pengembangan Usaha Kuliner Nugget Ayam Di Desa Sie Kecematan Monta Kabupaten Bima NTB

Penulis

Khairuddin , Sri Wardani

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i4.6735

Diterbitkan:

2023-12-27

Terbitan:

Vol 6 No 4 (2023): Oktober-Desember 2023

Kata Kunci:

Manajemen Usaha, Kelompok Usaha UMKM , Tenun Kain Ikat

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Khairuddin, & Wardani, S. . (2023). Pengembangan Usaha Kuliner Nugget Ayam Di Desa Sie Kecematan Monta Kabupaten Bima NTB . Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 1389–1394. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.6735

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Pengembangan Usaha Kuliner Nugget Ayam di Desa Sie Kecamatan Montan kabupaten Bima NTB dilakukann bersama kelompok  ibu-ibu rumah tangga serta peternak ayam yang berjumlah 7-10 orang peserta. Tujuan dari program  ini ialah untuk mengembangkan serta meningkatkan penghasilan perternak dan menjamin kestabilan atau keberlangsungan pendapatan masyarakat akibat dari pasang surutnya harga ayam. Kegiatan dalam  penerapan program pengembangan produk usaha yang berbahan Dasar ayam (Nugget) di Desa Sie Kecamatan Monta, terdiri dari: analisis kebutuhan masyarakat dan Perternak ayam, persiapan, pelaksanaan dan promosi produk. Program tersebut di tunjukkan untuk meningkatkan kualitas Ekonomi masyarakat terutama Perternak ayam Potong di Desa sie, proses kegiatan program ini diharapkan mampu diaplikasikan dengan baik dan dapat menjadi jembatan bagi masyarakat desa sie menuju perekonomian yang lebih baik. Hasil yang di dapatkan ialah telah tercapainya kegiatan berupa terbentuknya pelatihan program usaha pada kelompok ibu-ibu serta peternak ayam yang berminat dalam program pembuatan Nugget ayam farian rasa sayur dan pedas, selajutnya terbentuknya tempat penjualan produk di Desa Sie yang bisa di kembangkan oleh masyarakat atau peserta yang mengikuti program pengembangan usaha ini, dalam program ini juga diperoleh proses pengemasan yang higienis, bersih dan sehat, yang terakhir menambah wawasan masyarakat terahadap cara pemasayaran produk yang cukup efektif pada media online maupun offline untuk mencapai tingkat penjualan yang cukup stabil.

Referensi

Alexius Endy Budianto, Eris dianawati, Didik iswahyudin (2019) Penerapan Program Pengembangan Kewirausahaan Pada Mahasiswa (Tenant) di Universitas Kanjuruhan malang: kurmawula : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Fahrullah Fahrullah, Mohamad Ervandi, Susan Mokoolang, Yusriyah Atikah Gobel, dan Moh. Muchlis Djibran, 2023a. Pendampingan Pembuatan Chicken Nugget Singkong untuk Meningkatkan Keanekaragaman Produk Pangan Hewani. Fahrullah, Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2023, 6 (1): [358-362].

Fahrullah, Bulkaini, B,. Djoko Kisworo , Baiq Rani Dewi Wulandani , Wahid Yulianto, Haryanto Haryanto, Azhary Noersidiq, dan Vebera Maslami, 2023b. Inovasi Pembuatan Nugget Kombinasi Ayam dan Jagung untuk Peningkatan Flavour di Desa Bajur, Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2023, 6 (1): [561-565].

Farida Nur Kumala, Muhammad Nur Hudha, Sudi Dul Aj. (2019) Pelatihan Pemasaran Produk Olahan Telo Ungu Di Desa Wonosari Kecamatan Wonosari Gunung Kawi Kabupaten Malang: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Hayati, R., Mayani, N., Husna, R., dan , Sulaiman, I., 2023. Pengolahan Nugget Ayam dan Penerimaannya Melalui Uji Organoleptik Di Desa Krueng Lam Kareung Kecamatan Indrapuri Aceh Besar. Jurnal Pengabdian Mahakarya Masyarakat Indonesia Volume. 1 No. 1, Maret 2023, [20-24]

Jupri, A., Ahydi. H., Rozi, T & Nurhasanah. (2020) Pengenalan Diverifikasi Pengolahan Air Nira Menjadi Gula Aren dan Gula Semut Serta Berbagai Aneka Rasa Minuman di Desa Langko Kecamatan Lingsar Lombok Barat: Jurnal pendidikan Magister pendidikan IPA 3(2) : [205-209].

Mardiyah, B.A., 2019. Pengaruh Penambahan Daun Kelor (Moringa Oleifera Lam) dan Tulang Ayam Terhadap Sifat Organoleptik dan Tingkat Kesukaan Nugget Ayam. e-Jurnal Tata Boga Volume 8, No. 2 (2019), Edisi Yudisium Kedua 2019, [ 364-371].

Ria Arifianti, Mohammad Benny alexsandri, dan Lina Auliana,. (2018) Pemetaan Aktivitas Bisnis Kreatif di Kecamatan Andir: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Rohyani, I.S., ,Evy Aryanti, E., Suripto., dan Ahmad Jupri, A., 2020. Diversifikasi Produk Olahan Pangan Lokal Ubi jalar Untuk Peningkatan Nilai Gizi Dan Perekonomian Keluarga Di Kelurahan Pejeruk Ampenan. Jurnal pendidikan Magister pendidikan IPA 3(2) : [236-240].

Wulandari, E., Suryaningsih, L., Pratama, A., S Putra, D.S., dan Runtini, N. 2016. Karakteristik Fisik, Kimia dan Nilai Kesukaan Nugget Ayam Dengan Penambahan Pasta Tomat (Effect of Tomatos Paste to Physicochemical and Sensory Characteristics Chicken Nuggets). Jurnal Ilmu Ternak, Desember 2016, Vol.16, No.2. [95-99].

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).