Gerakan Literasi dan Numerasi Melalui Program Kampus Mengajar di SDN 32 Mataram

Penulis

Akhmad Faiz Firjatullah , Futri Utani , Mardiana , Leli Zarina Yani , Rahmalia Putri , Eni Suyantri

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i4.6736

Diterbitkan:

2023-12-27

Terbitan:

Vol 6 No 4 (2023): Oktober-Desember 2023

Kata Kunci:

Numerasi; Literasi; Program Kampus Mengajar

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Firjatullah, A. F. ., Utani, F. ., Mardiana, Yani, L. Z. ., Putri, R. ., & Suyantri, E. . (2023). Gerakan Literasi dan Numerasi Melalui Program Kampus Mengajar di SDN 32 Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 1395–1402. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.6736

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kampus Mengajar merupakan program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Program Kampus Mengajar mengajak mahasiswa untuk bekerjasama dalam kegiatan MBKM yang bertujuan untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi kemampuan masing-masing mahasiswa di sekolah penempatan. Tim Kampus Mengajar mendapatkan penempatan di SDN 32 Mataram. Pelaksanaan Program Kampus Mengajar di SD N 32 Mataram meliputi tahap rencana kegiatan, tahap pelaksanaan kegiatan dan tindak lanjut. Adapun kegiatan yang disusun bertujuan untuk membantu meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi para siswa. Beberapa program yang dijaalankan adalah 15 Menit Membaca, Cerdas Cermat Matematika, Pojok Baca, Revitalisai Perpustakaan, Apotek Hidup dan Mading Bulananan. Seluruh Porgram kerja tersebut dapat diselesaikan tepat waktu oleh Tim Kampus Mengajar. Program Kampus Mengajar memberikan dampak positif terhadap kemampuan literasi dan numerasi msiswa di SD N 32 Mataram.

Referensi

Komalasari M. D., A. M. Wihaskoro. (2017). Mengatasi Kesulitan Memahami Soal Cerita Matematika Melalui Gerakan Literasi Sekolah Dasar. Universitas PGRI Yogyakarta Indonesia.

Eskha, A. 2018. Peran Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Imam Bonjol : Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan Kajian Vol 2, No 1, Maret 2018

Faizah, D. U. dkk. (2016) Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah-Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Gerakan Literasi Nasional. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi, Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9–15.

Renaldy, A., Lubis, E., Lisdayanti, S., & Yudha, R. K. (2022). Pendampingan Gerakan Literasi Sekolah Kampus Mengajar 3. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(6), 772–880. https://doi.org/10.55983/empjcs.v1i6.269

Sa’diyah, L.L., S. Dewi, L. C. Alfiah, V. A. Nugraha, A. Saregar, U. A. Deta. (2023). Penerapan Cerdas Cermat Ceria Untuk Meningkatkan Pengetahuan Numerasi dan Numerik Siswa SD Negeri Sidobandung 1 dan SD Negeri Sidobandung 2. Dedikasi: Journal of Community Engagement and Empowerment, 1(1), 6-10.

Sahul, M., F. Ramadhana, M. I. Kasida, N. Hikmah, Nurhalifa, M. Efendi. (2021). Pembuatan dan Pemanfaatan Apotek Hidup Sebagai Upaya Mengoptimalkan KarakterTanggung Jawab Siswa di SMA Negeri 1 Luwu Timur. Jurnal Lepa-lepa Open. Volume 1 Nomor 2, 2021

Setyawan, Ibnu Aji. (2020). Kupas Tuntas Jenis dan Pengertian Literasi Retrieved from : https://guru digital.id

Qasim, K., & Awaluddin. (2015). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Smp Negeri Di Kabupaten Buton Utara. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3(3), 84–85.

Wulanjani, A. N., C.Wahyu Anggraeni. 2019. Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, (2019), 3 (1), 26-31

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).