Penyuluhan Hukum Tentang Sistem Pembuktian Terhadap Pelanggaran Hukum Lingkungan Keperdataan Di Desa Kuranji Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat

Penulis

Muhammad Jailani , M. Faisal

Diterbitkan:

2024-11-29

Terbitan:

Vol 7 No 4 (2024): Oktober-Desember 2024

Kata Kunci:

Penyuluhan Hukum, Pelanggaran Hukum, Keperdataan

Artikel

Cara Mengutip

Jailani, M., & M. Faisal. (2024). Penyuluhan Hukum Tentang Sistem Pembuktian Terhadap Pelanggaran Hukum Lingkungan Keperdataan Di Desa Kuranji Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(4), 1170–1172. Diambil dari https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jpmpi/article/view/6740

Abstrak

Pembangunan daerah merupakan bagian yang tidak bisa terpisahkan dari pembangunan nasional. Proses pembangunan tersebutmenentukan kemajuan atau kemunduran dari suatu bangsa, tergantung pada tercapai tidaknya tujuan dari   pembangunan  tersebut. Fenomena sengketa hak milik merupakan persoalan besar yang ada ditengah-tengah masyarakat desa Kuranji Kabupaten Lombok Barat. Persoalan lainnya adalah terkait minimnya pemahaman masyarakat tentang perlindungan kawasan gambut dan metode pembukaan lahan yang dilakukan dengan menggunakan pola pembakaran. Berdasarkan hasil pengamatan ditemukan pula sejumlah kasus sengketa lahan pada desa Kuranji. Pelaksanaan pengabdian ini berupa penyuluhan hukum yang dilaksanakan secara tatap muka dengan menyampaikan materi yang berkaitan dengan tema pengabdian. Hasil dan manfaat yang diperoleh dari pelaksanaan penyuluhan hukum ini ialah mampu memberikan pemahaman dan kesadaran hukum kepada masyarakat terkait dengan hak milik, tugas dan fungsi masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup, serta edukasi terkait dengan hak konstitusional warga negara di sektor lingkungan dan sumber daya alam.

Referensi

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum merdeka belajar kampus merdeka: Sebuah kajian literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185-201.

Suwanti, V., Suastika, I. K., Ferdiani, R. D., Harianto, W., & Ketut Suastika, I. (2022). Analisis Dampak Implementasi Program Mbkm Kampus Mengajar Pada Persepsi Mahasiswa. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(3), 814-822.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Buku panduan merdeka belajar – kampus merdeka (1st ed.). Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Suherdiyanto. (2014). Penerapan Metode Pembelajaran Di Luar Kelas (Out Door Study) Dalam materi Permasalahan Lingkungan dan Upaya Penanggulangannya Pada Siswa MTS Al-Ikhlas Kuala Mandor B. Jurnal Pendidikan Sosial, 1(1), 95-108.

Hidayani, F., Rusilowati, A., & Masturi. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Sains Materi Fluida Statis. Unnes Physics Education Journal, 5(3), 25-31.

Biografi Penulis

Muhammad Jailani, Universitas Mataram

M. Faisal, Universitas Mataram

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Muhammad Jailani, M. Faisal

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).