Penguatan Karakter Entrepreneur Mahasiswa Melalui Produk Inovasi Makanan Triangle Yellow Rice

Penulis

Ahmad Agus Riyadi , Hesti Nabila , Sakila Zhahara , Fadhilah Apriani , Muhamad Hatami , Eni Suyantri

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i4.6741

Diterbitkan:

2023-12-28

Terbitan:

Vol 6 No 4 (2023): Oktober-Desember 2023

Kata Kunci:

Kewirausahaan; Entrepreneur; PKM-Kewirausahaan; Triangle Yellow Rice.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Riyadi, A. A. ., Nabila, H. ., Zhahara, S. ., Apriani, F. ., Hatami, M. ., & Suyantri, E. . (2023). Penguatan Karakter Entrepreneur Mahasiswa Melalui Produk Inovasi Makanan Triangle Yellow Rice. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 1403–1408. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.6741

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Penguatan karakter entrepreneur mahasiswa dilakukan melalui kegiatan PKM-Kewirausahaan dengan produk makanan Triangle Yellow Rice. PKM-Kewirausahaan merupakan salah satu media untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam bidang kewirausahaan. Tahapan yang dilalui adalah survey minat calon konsumen, survey alat dan bahan, pembelian alat dan bahan, uji coba produk, promosi produk, produksi dan pengemasan produk, pemasaran produk, monitoring serta evaluasi. Berdasarkan hasil sulvey minat calon konsumenn, tidak ada calon konsumen yang tidak berminat terhadap produk Triangle Yellow Rice, 60,3% menyatakan berminat dan 39,7% menyatakan lumayan berminat. Penjualan rutin produk Triangle Yellow Rice dilakukan dua kali dalam seminggu. Mahasiswa mampu memperkenalkan produk Triangle Yellow Rice sehinga dikenal di pasaran dan terjadi trend penjualan yang bagus dalam pemasaran produk Triangle Yellow Rice.

Referensi

Abdullah, Faisal M, 2001. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Jawa Timur: Universitas Muhammadiyah Malang.

Arisandy, Y., R. Satriawan. 2018. Promosi dalam Meningkatkan Volume Penjualan Tinjauan Manajemen Syariah. AL-INTAJ Vol. 4 No. 1 Maret 2018.

Ariyanto, A., D. Andi, M. Abid, N. Oktavianti. 2021. Entrepreneurial Mindset & Skills. Solok: Insan Cendekia Mandiri.

Dedi, S. 2023. Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Integrasi Nilai Spiritual Dalam Pendidikan Karakter Guna Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur (Ditinjau Dalam Qs. Ali Imron: 200). Al-Afkar, Journal For Islamic Studies. Vol 6, hal 472-487.

Margahana, H. 2020. Urgensi Pendidikan Entrepreneurship Dalam Membentuk Karakter Entrepreneur Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis. Vol 17, hal 176-183.

Mallongi, M. 2020. Transformasi Entrepreneur Syariah Di Era Industri 4.0. Al-Tafaqquh: Journal Of Islamic La. Vol 1, hal 161-172.

Sari, S. P. 2020. Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. Psikoborneo, Vol 8, No 1, 2020: 147-155.

Suyono, C., L. Ningrum, T. R. Dewi. 2018. Uji Kesukaan dan Organoleptik Terhadap 5 kemasan dan Produk Kepulauan Seribu Secara Deskriptif. Jurnal Pariwisata, Vol. 5 No. 2 September 2018.

Suyantri, E., B. S. Handayani, T. A. Lestari. Implementasi Model EICCoIE Dalam Pelatihan Dan Pendampingan Kewirausahaan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP – Universitas Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(2).

Thamrin, A. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Yanto, M. 2023. Persepsi Mahasiswa Paud Terhadap Pentingnya Kemampuan Entrepreneurship Dalam Kesiapan Menghadapi Tantangan Di Era Digital. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 7, Hal 283-291.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).