Penguatan Karakter Entrepreneur Mahasiswa Melalui Produk Inovasi Makanan Triangle Yellow Rice

Penulis

  • Ahmad Agus Riyadi
  • Hesti Nabila
  • Sakila Zhahara
  • Fadhilah Apriani
  • Muhamad Hatami
  • Eni Suyantri

DOI:

https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.6741

Kata Kunci:

Kewirausahaan; Entrepreneur; PKM-Kewirausahaan; Triangle Yellow Rice.

Abstrak

Penguatan karakter entrepreneur mahasiswa dilakukan melalui kegiatan PKM-Kewirausahaan dengan produk makanan Triangle Yellow Rice. PKM-Kewirausahaan merupakan salah satu media untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam bidang kewirausahaan. Tahapan yang dilalui adalah survey minat calon konsumen, survey alat dan bahan, pembelian alat dan bahan, uji coba produk, promosi produk, produksi dan pengemasan produk, pemasaran produk, monitoring serta evaluasi. Berdasarkan hasil sulvey minat calon konsumenn, tidak ada calon konsumen yang tidak berminat terhadap produk Triangle Yellow Rice, 60,3% menyatakan berminat dan 39,7% menyatakan lumayan berminat. Penjualan rutin produk Triangle Yellow Rice dilakukan dua kali dalam seminggu. Mahasiswa mampu memperkenalkan produk Triangle Yellow Rice sehinga dikenal di pasaran dan terjadi trend penjualan yang bagus dalam pemasaran produk Triangle Yellow Rice.

Referensi

Abdullah, Faisal M, 2001. Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Jawa Timur: Universitas Muhammadiyah Malang.

Arisandy, Y., R. Satriawan. 2018. Promosi dalam Meningkatkan Volume Penjualan Tinjauan Manajemen Syariah. AL-INTAJ Vol. 4 No. 1 Maret 2018.

Ariyanto, A., D. Andi, M. Abid, N. Oktavianti. 2021. Entrepreneurial Mindset & Skills. Solok: Insan Cendekia Mandiri.

Dedi, S. 2023. Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Integrasi Nilai Spiritual Dalam Pendidikan Karakter Guna Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur (Ditinjau Dalam Qs. Ali Imron: 200). Al-Afkar, Journal For Islamic Studies. Vol 6, hal 472-487.

Margahana, H. 2020. Urgensi Pendidikan Entrepreneurship Dalam Membentuk Karakter Entrepreneur Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis. Vol 17, hal 176-183.

Mallongi, M. 2020. Transformasi Entrepreneur Syariah Di Era Industri 4.0. Al-Tafaqquh: Journal Of Islamic La. Vol 1, hal 161-172.

Sari, S. P. 2020. Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. Psikoborneo, Vol 8, No 1, 2020: 147-155.

Suyono, C., L. Ningrum, T. R. Dewi. 2018. Uji Kesukaan dan Organoleptik Terhadap 5 kemasan dan Produk Kepulauan Seribu Secara Deskriptif. Jurnal Pariwisata, Vol. 5 No. 2 September 2018.

Suyantri, E., B. S. Handayani, T. A. Lestari. Implementasi Model EICCoIE Dalam Pelatihan Dan Pendampingan Kewirausahaan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP – Universitas Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(2).

Thamrin, A. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Yanto, M. 2023. Persepsi Mahasiswa Paud Terhadap Pentingnya Kemampuan Entrepreneurship Dalam Kesiapan Menghadapi Tantangan Di Era Digital. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 7, Hal 283-291.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-28

Cara Mengutip

Riyadi, A. A. ., Nabila, H. ., Zhahara, S. ., Apriani, F. ., Hatami, M. ., & Suyantri, E. . (2023). Penguatan Karakter Entrepreneur Mahasiswa Melalui Produk Inovasi Makanan Triangle Yellow Rice. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 1403–1408. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.6741