Program Plastic Exchange Dan Pemanfaatan Ecobrick Sebagai Upaya Pengelolaan Sampah Plastik Di Desa Langko

Penulis

Santi Farmasari , Abdul Azis , Sulastri , Erni Nadiawati , Devi Handayani , Surasdiani , Rahmatullah Rizaldi , Diana Kartika Dewi , Zampara Mernissi , Ema Nurjanah , Mustika Dewi Waskita

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i4.6742

Diterbitkan:

2023-08-31

Terbitan:

Vol 6 No 4 (2023): Oktober-Desember 2023

Kata Kunci:

Penyuluhan, Sampah Plastik, Plastic Exchange, Ecobrick

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Farmasari, S. ., Azis, A. ., Sulastri, Nadiawati, E. ., Handayani, D., Surasdiani, … Waskita, M. D. . (2023). Program Plastic Exchange Dan Pemanfaatan Ecobrick Sebagai Upaya Pengelolaan Sampah Plastik Di Desa Langko. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 908–913. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.6742

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Pengelolaan sampah plastik telah menjadi tantangan serius dalam menjaga kelestarian lingkungan dan ekosistem global. Dalam upaya untuk mengubah kebiasaan membuang sampah menjadi perilaku yang lebih berkelanjutan, program pertukaran plastik telah muncul sebagai solusi inovatif. Artikel ini membahas tentang "Program Plastic Exchange" yang bertujuan untuk mengubah paradigma dari membuang sampah plastik menjadi mengumpulkan sampah plastik sebagai bagian dari solusi pengelolaan sampah. Melalui program ini, masyarakat didorong untuk terlibat secara aktif dalam pengumpulan sampah plastik dengan insentif yang relevan. Selain itu, artikel ini juga mengulas konsep "ecobrick" sebagai salah satu wujud nyata dari pengelolaan sampah plastik. Ecobrick adalah metode di mana sampah plastik dikompresi menjadi balok-balok padat yang dapat digunakan dalam berbagai proyek konstruksi. Pemanfaatan ecobrick tidak hanya mengurangi jumlah sampah plastik yang mencemari lingkungan, tetapi juga memberikan alternatif kreatif dalam memanfaatkan limbah plastik sebagai sumber daya konstruktif. Dengan mengkombinasikan program pertukaran plastik dan penggunaan ecobrick, artikel ini menyajikan pendekatan yang holistik dalam mengatasi masalah sampah plastik. Diharapkan bahwa dengan kesadaran masyarakat dan partisipasi aktif dalam mengumpulkan sampah plastik, serta pemanfaatan kreatif ecobrick, akan terjadi perubahan positif dalam pengelolaan sampah plastik dan kontribusi terhadap upaya menjaga keberlanjutan lingkungan global.

Referensi

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (n.d.) Pengurangan Plastik. Diakses dari

https://ppkl.menlhk.go.id/website/reduksiplastik/pengantar.php pada 11 Agustus 2023, pukul 10.53 WITA.

Zero Waste Indonesia. (n.d.). Zero Waste Lifestyle: Ecobricks. Diakses dari: https://zerowaste.id/zero-waste-lifestyle/ecobricks/ pada 12 Agustus 2023, pukul 20.34 WITA.

Grid Kids. (n.d.). Apa Itu Reduce, Reuse, Recycle? Ini Pengertian dan Contohnya. Diakses dari: https://kids.grid.id/read/472378574/apa-itu-reduce-reuse- recycle-ini-pengertian-dan-contohnya?page=all

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Barat. (n.d.). Data Lingkungan Hidup. Diakses dari: https://dlh.lombokbaratkab.go.id/ pada 11 Agustus 2023, pukul

27 WITA.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).