Pemanfaatan Kulit Pisang Menjadi Produk Kopi Bubuk (KoKuPis)

Penulis

Dewi Putri Lestari , Muhamad Rachmat Wijaya , Feri Febriyanto Rachman , Alpian Hadi Wisastra , Anharudin Anharudin

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i2.681

Diterbitkan:

2021-03-30

Terbitan:

Vol 4 No 2 (2021)

Kata Kunci:

Kopi, Kulit Pisang, Wirausaha.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Lestari, D. P., Wijaya, M. R., Rachman, F. F., Wisastra, A. H., & Anharudin, A. (2021). Pemanfaatan Kulit Pisang Menjadi Produk Kopi Bubuk (KoKuPis). Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.681

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Produk Kopi yang dihasilkan dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mataram tema Penciptaan 1000 Wirausaha Baru (P1000WB) bertujuan untuk membantu perekonomian masyarakat Desa Karang Baru dan melatih mahasiswa dalam berwirausaha serta mengelolah limbah kulit pisang yang tidak termanfaatkan di lingkungan sekitar menjadi produk bernilai ekonomis. Kegiatan ini berlokasi di Desa Karang Baru Kecamatan Selaparang yang di laksanakan selama 45 hari. Metode pelaksanaan kegiatan ini cukup sederhana dengan cara mengumpulkan kemudian membersihkan kulit pisang, mengoven kulit pisang dengan suhu yang sudah di tentukan dan kemudian mencampurkannya dengan kopi bubuk khas lombok. Produk kopi yang dihasilkan ini cukup diminati hampir semua kalangan karena harganya yang terjangkau, rasanya yang nikmat, dan khususnya kopi ini mengandungan kaya antioksidan.

Referensi

Mentari, A.B., dkk. Pembuatan Kopi dari Kulit Pisang Kepok (Musa paradisiaca Linn) dan Aktivitas Antioksidannya. Jurnal Ilmu Pangan dan Hasil Pertanian. 3 (1) hal: 95.

Mulyanti, N., Suorapto, dan Jekvy H. 2008. Teknologi Budidaya Pisang. Bogor: Agro Inovasi.

Rebello,dkk. 2014. Flour of banana (Musa AAA) peel as a source of antioxidant phenolic compounds. Food Research International.hal:397–403.

Supriyanti, F.M.T. Suanda, H. Dan Rosdiana, R. 2015. Pemanfaatan Ekstrak Kulit Pisang Kepok (Musa Bluggoe) Sebagai Sumber Antioksidan Pada Produksi Tahu.Seminar Nasional Kimia VII. Universitas Sebelas Maret Surakarta, pp 393-400

Tety. 2006. Kandungan Kulit Pisang.URL: www.risvank.com/reaksibioetanol. Diakses pada tanggal 3 Maret 2021.

Tim Pelaksana., 2020. Panduan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Era New Normal Universitas Mataram, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Mataram Mataram. Hal 5.

Biografi Penulis

Dewi Putri Lestari, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).