Vol 4 No 2 (2021)
Akses Terbuka
Peer Reviewed

Optimalisasi Minat Belajar dengan Metode Fun Learning pada Era New Normal di Desa Sengkerang, Kecamatan Praya Timur

Penulis

Ahmad Azmi Alwahidi , M. Irwan Sani , Aluh Mustika Dewi , Sofihara Seli Darmawangsa , Titi Nur Alawiyah Alawiyah , Siti Rohimah , Zahratul Imtihan , Widia Hasmiati , Hidayatul Mustapida , Kurniasih Sukenti

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i2.682

Diterbitkan:

2021-03-26

Unduhan

Abstrak

Fun learning merupakan strategi dalam mengajar dimana suasana dalam mengajar dikondisikan nyaman sehingga siswa dapat berkonsentrasi penuh pada proses pembelajaran. Fun learning dipilih sebagai metode belajar karena selama masa pandemi Covid-19 ini minat belajar anak-anak cendrung menurun sehingga diperlukan upaya untuk mengoptimalisasi minat belajar anak. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan strategi belaja Fun Learning pada anak-anak TK dan SD/MI di Desa Sengkerang, Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah, untuk membantu mengatasi kesulitan belajar selama era pandemi Covid-19. Hal ini terkait dengan tema Kuliah Kerja Nyata (KKN) saat ini yaitu Mengajar di Desa, untuk membantu anak-anak dalam hal belajar, dalam bentuk kegiatan  bimbingan belajar. Kegiatan bimbingan belajar  dapat membantu memotivasi semangat belajar anak-anak selama masa pandemi dimana berbagai kegiatan belajar –mengajar memiliki banyak keterbatasan.. Beberapa pelajaran yang diberikan adalah Bahasa Inggris, IPA, Matematika, dan Agama. Kegiatan ini diharapkan dapat membentuk anak menjadi pribadi yang semakin termotivasi untuk belajar sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan anak-anak.

Kata Kunci:

Fun Learning, Pandemi, Belajar

Referensi

Aas, S. S. 2018. Teori-teori Pendidikan dalam Al – Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam. Vol 07, No. 1

Asmani, J.M. 2014. 7 Tips Aplikasi PAKEM ( Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangakan). Jogjakarta: DIVAPress.

Darmasyah. 2011. Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurkholis, N. 2013. Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan 1(1), 24-44.

Purwanto, 1990. Pisikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rasdakarya.

Slameto. 1991. Proses Belajar Mengajar dalam Sistem Kredit Semester. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. 1996. Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Usman, Uzer, M. & Lilis, S. 2001. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Biografi Penulis

Ahmad Azmi Alwahidi, Universitas Mataram

Cara Mengutip

Alwahidi, A. A., Sani, M. I., Dewi, A. M., Darmawangsa, S. S., Alawiyah, T. N. A., Rohimah, S., … Sukenti, K. (2021). Optimalisasi Minat Belajar dengan Metode Fun Learning pada Era New Normal di Desa Sengkerang, Kecamatan Praya Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.682