Pelatihan Pengolahan Limbah Ampas Tahu Menjadi Tepung Okara Sebagai Bekal Pelatihan Mahasiswa KKN

Penulis

Satutik Rahayu , Kasnawi Alhadi , Dwiki Berliani , Zainul Akbar , Annastasya Maharani Gemilang

Diterbitkan:

2023-12-30

Terbitan:

Vol 6 No 4 (2023): Oktober-Desember 2023

Kata Kunci:

Limbah ampas tahu, tepung okara.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Rahayu, S., Alhadi, K. ., Berliani, D. . ., Akbar, Z. ., & Gemilang, A. M. . (2023). Pelatihan Pengolahan Limbah Ampas Tahu Menjadi Tepung Okara Sebagai Bekal Pelatihan Mahasiswa KKN. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4). Diambil dari https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jpmpi/article/view/6825

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Limbah ampas tahu banyak dijumpai di berbagai tempat usaha produksi tahu. Hal ini mengakibatkan pencemaran. Limbah ampas tahu sebaiknya dimanfaatkan sebagai produk. Pemanfaatan tepung ampas tahu atau tepung okara menjadi produk pangan akan berpeluang menjadiusaha peningkatan pendapatan rumah tangga. Tujuan kegiatan pengabdian ini yaitu mengenalkan tentang pengolahan produk pangan berupa pembuatan tepung aksara ke mahasiswa peserta KKN. Metode pelaksanaan kegiatan  pengabdian  ini dilakukan  melalui  beberapa  tahapan  yaitu: survei analisis  situasi mitra yang  terdiri  dari 10 mahasiswa KKN;  persiapan pelaksanaan  kegiatan; workshop pembuatan tepung aksara; serta evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian ini yaitu adanya minat dan ketertarikan mahasiswa untuk  memanfaatkan limbah ampas tahu sebagai bahan untuk membuat tepung aksara. Hal ini terlihat dari antusias mahasiswa dalam mengikuti kegiatan tersebut. Pada tahap evaluasi juga diketahui bahwa mahasiswa tertarik untuk mengembangkan produk berupa tepung aksara yang memiliki nilai  ekonomi  sehingga berpeluang untuk dijadikan usaha baru dengan harapan dapat menambah pendapatan rumah tangga.

Referensi

.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).