Membangun Karakter Cinta Lingkungan Sejak Dini Melalui Pengolahan Sampah Menjadi Kerajian di SDN Suco 3 Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember

Penulis

Ika Purnamasari , Suci Ristiyana , Tri Wahyu Saputra , Yagus Wijayanto , Ummi Sholikhah , Tri Ratnasari

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i1.6857

Diterbitkan:

2024-03-29

Terbitan:

Vol 7 No 1 (2024): Januari - Maret

Kata Kunci:

Karakter; Cinta Lingkungan; Pengolahan Sampah; SDN Suco 3; Kerajinan

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Purnamasari, I., Ristiyana, S., Wahyu Saputra, T., Wijayanto, Y., Sholikhah, U., & Ratnasari, T. (2024). Membangun Karakter Cinta Lingkungan Sejak Dini Melalui Pengolahan Sampah Menjadi Kerajian di SDN Suco 3 Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i1.6857

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Humans who have strong character both individually and socially will form good morals and manners. The application of good character can be expressed in the form of loving the environment. One form of loving the environment is by processing waste into useful crafts. The service at SDN Suco 3 is carried out to implement students' environmental love character by instilling the importance of loving the environment, inviting students to get used to sorting waste and equipping students with the skills to process waste into attractive wall decoration crafts. This activity was well received by students and teachers and had a positive impact on creating a more enjoyable learning atmosphere for students.

Referensi

Azzet, Akhmad Muhaimin. 2013. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Harlistyarintica, Y., Wahyuni, H., Yono, N., Sari, I. P., & Cholimah, N. (2017). Penanaman Pendidikan Karakter Cinta Lingkungan Melalui Jari Kreasi Sampah Bocah Cilik Di Kawasan Parangtritis. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 20-30.

Suhendro, E. (2022). Strategi Membangun Karakter Anak Sekolah Dasar Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Magistra, 13(1), 13-28. (Menggunakan Times New Roman ukuran 11)

Jamhariani, R. (2020). Penanaman Pendidikan Karakter Cinta Lingkungan Pascapandemi Covid-19 Pada Anak Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 3, No. 1, pp. 268-272).

Kurnia, S. D. (2015). Pengaruh kegiatan painting dan keterampilan motorik halus terhadap kreativitas anak usia dini dalam seni lukis. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 285-302.

Luthfi, A. 2023. Pelaksanaan Program Daur Ulang Sampah Dinas Lingkungan Hidup Ponorogo Untuk Keberdayaan Ekonomi Masyarakat (Doctoral Dissertation, Iain Ponorogo).

Mardikarni, S., Hamdani, F., & Tyas, C. (2020). Kegiatan Wisata Sampah Untuk Penanaman Karakter Cinta Lingkungan Pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Kontekstual, 1(02), 58–65.

Mustofa, M. L. (2012). Monitoring dan evaluasi: konsep dan penerapannya bagi pembinaan kemahasiswaan.

Suparno, S. (2018). Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Karakter Smart Siswa di Sekolah Islam Terpadu. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1).

Biografi Penulis

Ika Purnamasari, Universitas Jember

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Ika Purnamasari, Suci Ristiyana, Tri Wahyu Saputra, Yagus Wijayanto, Ummi Sholikhah, Tri Ratnasari

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).