Pengolahan dan Pemanfaatan Limbah Warung Makan Beserta Ampas Kelapa Parut Dengan Budidaya Hermatia Illucens

Penulis

Teuku Muhammad Haqiqi , Siti Lestari , Riswan Riswan

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i1.6882

Diterbitkan:

2024-03-25

Terbitan:

Vol 7 No 1 (2024): Januari - Maret

Kata Kunci:

Food Loss Waste; Budidaya Maggot BSF; Limbah Organik

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Haqiqi, T. M., Lestari, S., & Riswan, R. (2024). Pengolahan dan Pemanfaatan Limbah Warung Makan Beserta Ampas Kelapa Parut Dengan Budidaya Hermatia Illucens. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(1), 195–203. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i1.6882

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Indonesia memiliki sebanyak 44% timbunan sampah dari sampah makanan. Indonesia juga diklaim berada di posisi kedua dengan negara penyumbang sampah terbesar didunia, estimasi sampah yang disumbangkan mencapai 300 kilogram per kapita per tahun. Selanjutnya timbulan Food Loss Waste Indonesia pada tahun 2000-2019 yaitu 115-184 kg/kapita/tahun. Maka timbulan Food Loss Waste akan diestimasikan pada tahun 2045 dapat mencapai 344 kg/kapita/tahun di Indonesia. Salah satu cara mengatasinya yaitu dengan biokonversi pada budidaya maggot BSF. Tujuannya yaitu menganalisis potensi ekonomi dari pengolahan limbah organik pada budidaya maggot, sehingga menjadi produk yang inovatif; mengaplikasikan pengolahan limbah organik sehingga menjadi subtrat yang cocok untuk budidaya maggot; mengaplikasikan nutrisi dan kondisi lingkungan yang cocok bagi perkembangan dan pertumbuhan maggot; memahami perbandingan kualitas dan nilai nutrisi produk maggot dengan menggunakan pembanding lainnya. Metode pokok bahasan Pengolahan dan pemanfaatan limbah organik untuk media budidaya BSF dibagi menjadi dua yaitu materi pendahuluan dan materi inti. bagian pertama tentang bagaimana meningkatkan suatu nilai yang tidak berharga menjadi nilai ekonomis termasuk diantaranya pada pengolahan dan pemanfaatan limbah organik sebagai media substrat pembudidaya maggot. Bagian kedua mengenai potensi maggot sebagai sumber protein hewani dan bahan pakan alternatif. Pembudidaya menerima dan mempraktekkan teori yang telah disampaikan oleh narasumber dengan baik. Pembudidaya sudah melakukan pemilahan sampah organik dan non-organik pada media yang akan gunakan sebagai substratnya, sudah melakukan penambahan probiotik untuk meningkatkan nilai nutrisi yang terkandung, sudah melakukan melakukan pengaturan suhu dan kelembapan pada media pembesaran maggot, sudah melakukan pencatatan siklus pada maggot BSF, dan sedang menganalisis potensi-potensi nilai tambah pada hasil budidaya maggot. 

Referensi

Afkar, K., Masrufah, A., Fawaid, A. S., Alvarizi, W., Khoiriyah, L., Khoiriyah, M., Kafi, A., Faradilla, R. S., Amsah, R., Hidayah, N. N., Salsabella, A., Ayu, D., Nazwa, R., Fadila, S. N., Eka, U., Sari, K., Naim, I., Nur, S., Itsnaini, R., & Ramadhan, M. N. 2020. Budidaya Maggot BSF(Black Soldier Fly) Sebagai pakan alternatif Ikan Lele (Clarias Batracus) di Desa Candipari, Sidoarjo Pada Program Holistik Pembinaan Dan Pemberdayaan Desa. Journal of Science and Social Development, Vol 3 : 10-16.

Ambarningrum, T. B., Srimurni, E. K., & Basuki, E. 2019. Teknologi Biokonversi Sampah Organik Rumah Tangga Menggunakan Larva Lalat Tentara Hitam (Black Soldier Fly/BSF), Hermentia Illuciens. Prosiding Seminar Nasional, Pengembangan Sumber Daya Pedesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan IX.

BAPPENAS. 2021. Food Loss And Waste di Indonesia: Dalam Rangka Mendukung Penerapan Ekonomi Sirkular dan Pembangunan Rendah Karbon. Laporan Kajian. Jakarta : BAPPENAS.

Bibin, M., Ardian, A., & Mecca, A. N. 2021. Pelatihan Budidaya Maggot Sebagai Pakan Ikan Desa Carawali. Jurnal Umsrappang, Vol 1, No 2: 73-79.

Bosch, G., Zhang, S., Gabo, D., & Wouter, H. H. 2014. Protein Quality of Insects as Potential Ingredients for Dog and Cat Foods. J Nutr Sci. 3: 1-4.

FAO. 2021. Near East and North Africa - Regional Overview of Food Security and Nutrition 2021: Statistics and Trends. Cairo Availble Online: Near East and North Africa. (fao.org).

Janessens, K., Lambrechts W., Osch, A. V., & Smejin, J. 2019. How Consumer Behavior in Daily Food Provisioning Affects Food Waste at Household Level in The Netherlands. J Food. Vol 8: 1-19.

Mabruroh, A. N. Praswati, H. K. Sina, and D. Mulya. 2022. Pengolahan Sampah Organik Melalui Budidaya Maggot BSF. Jurnal EMPATI, Vol 3, No 1: 34-37.

Maulana, Nurmeiliasari, & Yosi, F. 2021. Pengaruh Media Tumbuh yang Berbeda Terhadap Kandungan Air, Protein, dan Leak Maggot Black Soldier Fly (Hermentia Illucens). Bulletin Peternakan Tropis, Vol 2, No 2: 150-157.

Nurdi, A. R., Silfia & Alfikri. 2023. Analisis Potensi Usaha Maggot BSF di Provinsi Sumatera Barat,†Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA), Vol 7, No 2: 757-768.

Rambet, V., Umboh, J. F., Tulung, Y. L. R., Kowel, Y. H. S., & Korespondensi. 2015. Kecernaan Protein dan Energi Ransum Broiler Yang Menggunakan Tepung Maggot (Hermetia Illuciens) sebagai Pengganti Tepung Ikan. Jurnal Zootek, Vol 36, No 1: 13-22.

Rukmini, P., Rozak, D. L., & Winarso, S. 2020. Pengolahan Sampah Organik Untuk Budidaya Maggot Black Soldier Fly (BSF) Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat UNDIP.

Safitri, P. A., Purba, W. S., & Zulkifli, M. 2018. Statistik Lingkungan Hidup Indonesia 2018. Badan Pusat Statistik Indonesia, 224 hal.

Sholahuddin, A. Sulistya, R. Wijayanti, Supriyadi, and Subagiya. 2021. Potensi Maggot (Black Soldier Fly) Sebagai Pakan Ternak di Desa Miri Kecamatan Kismantoro Wonogiri. PRIMA, Vol 5, No 2: 161-167.

Waluyo, B. P., & Nugraha, J. P. 2020. Analisis Usaha Pembesaran Lele dengan Menggunakan Pakan Tambahan Maggot Black Soldier Fly (BSF) di UPR Chritanto Darmawan Yogyakarta. Jurnal Chanos Chanos, Vol 1, No 1: 19-27.

Biografi Penulis

Teuku Muhammad Haqiqi, Universitas Sumatera Selatan

Siti Lestari, Universitas Sumatera Selatan

Riswan Riswan, Universitas Sumatera Selatan

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Teuku Muhammad Haqiqi, Siti Lestari, Riswan Riswan

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).