Budidaya Tanaman Hortikultura Menggunakan Metode Vertikultur dan Vertical Garden Sebagai Alternatif Usaha Pemanfaatan Lahan Masyarakat Kelurahan Sekarteja

Penulis

M. Rifaldi Rahman , A. Defi Yulita Pratiwi , Aina Ul Mardiati , Damarizki Ideatami , Laili Ruhyani Udlhi , Lalu Aulia Rahman Hakim , Lalu Aulia Rahman Hakim , Patika Azmia Putri , Puspita Ariyaningsih , Siti Aisah Purnamasari , Yulistiana Ummami , Immy Suci Rohyani

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i2.690

Diterbitkan:

2021-03-24

Terbitan:

Vol 4 No 2 (2021)

Kata Kunci:

Rumah Pangan Lestari, Vertical Garden, Vertikultur.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Rahman, M. R., Pratiwi, A. D. Y., Mardiati, A. U., Ideatami, D., Udlhi, L. R., Hakim, L. A. R., … Rohyani, I. S. (2021). Budidaya Tanaman Hortikultura Menggunakan Metode Vertikultur dan Vertical Garden Sebagai Alternatif Usaha Pemanfaatan Lahan Masyarakat Kelurahan Sekarteja. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.690

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Rumah Pangan Lestari (RPL) adalah upaya pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi dapat ditingkatkan diantaranya melalui pemanfaatan lahan pekarangan rumah tangga yang berkualitas dan beragam. Pelaksanaan program kegiatan Tim Pengabdian program RPL ini menggunakan teknik Vertical garden dan vertikultur. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran keluarga dan masyarakat dalam pemanfaatan lahan pekarangan untuk budidaya tanaman pangan seperti sayuran, tanaman obat, serta pemanfaatan limbah plastik rumah tangga. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kawasan rumah pangan lestari (RPL) ini meliputi sosialisasi kegiatan dan perencanaan diskusi ataupun ceramah dan dengan melakukan demonstrasi kegiatan secara langsung kepada masyarakat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil yang diperoleh dari kegiatan Rumah Pangan Lestari ini berupa kangkung, sawi pakcoy, sawi pagoda, selada merah dan selada hijau, cabai, bayam, tomat, timun, singkong, daun mint, dan terong.

Referensi

Desiliyarni, I. T., Msi, D., Astuti, Y., dan Fauzy, I. F. (2003). Vertikultur; Teknik Bertanam di Lahan Sempit. Agro Media. Denpasar.

Sari, F.M, 2013. Perancangan Vertical Garden Untuk Kantor PLN AJP Surakarta (DP3A). Skripsi. aUniversitas Muhammadiyah Surakarta.

Sihombing, Y. A. Susilawati, M. Z. Sinaga, 2019. Introduction of verticulture technique for utilization of spring land in Madrasah Tsanawiyah (MTs) ibnu sina City of Pematang Siantar. Abdimas Talenta. 4 (1): 872-876.

Biografi Penulis

M. Rifaldi Rahman, KKN TEMATIK KRPL 2021

Kehutanan

A. Defi Yulita Pratiwi, KKN TEMATIK KRPL 2021

PBSI

Aina Ul Mardiati, KKN TEMATIK KRPL 2021

Ilmu dan teknologi pangan

Damarizki Ideatami, KKN TEMATIK KRPL 2021

Biologi

Laili Ruhyani Udlhi, KKN TEMATIK KRPL 2021

Teknik pertanian

Lalu Aulia Rahman Hakim, KKN TEMATIK KRPL 2021

Budidaya perairan

Lalu Aulia Rahman Hakim, KKN TEMATIK KRPL 2021

Kehutanan

Patika Azmia Putri, KKN TEMATIK KRPL 2021

Kehutanan

Puspita Ariyaningsih, KKN TEMATIK KRPL 2021

Kehutanan

Siti Aisah Purnamasari, KKN TEMATIK KRPL 2021

Kehutanan

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).