Pengelolaan keuangan Rumah tangga Ibu-Ibu Anggota Koperasi Muslimah Al-Hidayah Berperan Pada Peningkatan Literasi Keuangan

Penulis

Santi Oktavianti , Teuku Muhammad Haqiqi , Vanesha Rahmania , henny Oktaviyani , Muhammad Shalahuddin , Rabin Ibnu Zainal , Firmansyah

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i2.6923

Diterbitkan:

2024-06-09

Terbitan:

Vol 7 No 2 (2024): April-Juni

Kata Kunci:

Pengelolaaan Keuangan, Literasi Keuangan, Ibu-ibu Rumah Tangga

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Oktavianti, S., Haqiqi, T. M., Rahmania, V., Oktaviyani, henny, Shalahuddin, M., Ibnu Zainal, R., & Firmansyah. (2024). Pengelolaan keuangan Rumah tangga Ibu-Ibu Anggota Koperasi Muslimah Al-Hidayah Berperan Pada Peningkatan Literasi Keuangan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(2), 496–501. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i2.6923

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Pengadian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan ibu-ibu rumah tangga dalam mengelola keuangannya. Selain itu, kegiatan pengabdian ini juga memiliki tujuan untuk mendukung program pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam perencanaan keuangan keluarga. Adapun sasaran pada pengabdian masyarakat ini adalah Ibu-Ibu Anggota Koperasi Muslimah Al-Hidayah, Kota Palembang. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pelatihan dan juga pendampingan tentang pengelolaan keuangan keluarga. Kegiatan dilakukan dengan tahapan memberikan pemaparan materi mengenai pengelolaan keuangan oleh tim. Selain itu, tim juga memberikan contoh serta diskusi mengenai permasalahan keuangan rumah tangga yang dihadapi oleh peserta. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa pemahaman ibu-ibu mengenai lieterasi keuangan terkait pengelolaan keuangan rumah tangga meningkat dan pola pikir ibu-ibu rumah tangga berubah ditunjukkan dengan respon dan antusias selama pengabdian dilakukan.

Referensi

Bank Indonesia. 2019. Pengelolaan Keuangan. Jakarta: Grup Pengembangan Keuangan Inklusif Departemen Pengembangan Akses Keuangan dan UMKM Bank Indonesia.

Chandra, Ellen. 2019. Penyebab Konflik Keuangan Keluarga. Diakses 5 Januari 2023.

Goso, Goso. 2022. Penguatan Ketahanan Keuangan Rumah Tangga Melalui Literasi Keuangan Pada Kelompok Perempuan Pra-Sejahtera di Malatunring Kota Palopo. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat (J-PMas), 1(2), 65-74.

Lestari, S. 2012. Psikologi Keluarga : Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga. Jakarta : Kencana.

Otoritas Jasa Keuangan. 2021. Perencanaan Keuangan Keluarga.

Sukirman., Hidayah, Retnoningrum., Suryandari, Dhini., Purwanti, Asrri. 2019. Pengelolaan Keuangan Keluarga dalam Rangka Peningkatan Masyarakat Mandiri dan Berperan dalam Peningkatan Literasi Keuangan Indonesia (Otoritas Jasa Keuangan). Jurnal ABDIMAS. 23(2), 165-169.

Yulistia, Rika. 2018. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Pengelolaan Keuangan Keluarga di Kabupaten Tuban. Artikel ilmiah STIE PERBANAS, 1-13.

Biografi Penulis

Santi Oktavianti, Universitas Sumatera Selatan

Teuku Muhammad Haqiqi, Universitas Sumatera Selatan

Vanesha Rahmania, Universitas Sumatera Selatan

henny Oktaviyani, Universitas Sumatera Selatan

Muhammad Shalahuddin, Universitas Sumatera Selatan

Rabin Ibnu Zainal, Universitas Sumatera Selatan

Firmansyah, Universitas Sumatera Selatan

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Santi Oktavianti, Teuku Muhammad Haqiqi, Vanesha Rahmania, henny Oktaviyani, Muhammad Shalahuddin, Rabin Ibnu Zainal, Firmansyah

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).