Proyek Di Desa Pendampingan Mahadesa Untuk Sosialisasi Tdc (Trade & Distribution Center) Desa Labuhan Haji

Penulis

Ahmad Jupri , Eka S. Prasedya , Muhammad Firman Azima , Fajar Maulana Dwi Praja , Wisnu Rizaldy , Yudha Aryadi Zuhal , Sahrol Laeli , Hikmayatur Rohmi , Rahmat Lutfian Hadi , Nurul Walida

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i1.693

Diterbitkan:

2021-03-29

Terbitan:

Vol 4 No 1 (2021)

Kata Kunci:

Kkn Tematik, New Normal, Tdc

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Jupri, A., Prasedya, E. S., Azima, M. F., Praja, F. M. D., Rizaldy, W., Zuhal, Y. A., … Walida, N. (2021). Proyek Di Desa Pendampingan Mahadesa Untuk Sosialisasi Tdc (Trade & Distribution Center) Desa Labuhan Haji. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i1.693

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Program KKN Tematik di Era New Normal merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa dan dibimbing oleh dosen  sebagai salah satu wujud implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pelaksanaan kegiatannya dalam masa pandemi Covid-19 maka selalu memperhatikan protokol kesehatan disetiap kegiatan. Program kerja utama dalam KKN bertema Mahadesa ini adalah sosialisasi mengenai program Mahadesa TDC (Trade Distribution Center) yang merupakan hasil kerjasama antara pemerintah Provinsi NTB dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT. GNE. Secara umum, program TDC (Trade Distribution Center) ini merupakan suatu sistem pemasaran terintegrasi (integrated marketing) berbasis digital. Desa Labuhan Haji adalah salah satu dari sekian banyak desa di Kecamatan Labuhan Haji, Kabupaten Lombok Timur, NTB yang sektor ekonominya terdampak pandemi Covid-19, khususnya UMKM dan pedagang warung. Sistem perdagangan berbasis teknologi digital ini diharapkan menjadi jembatan agar produk UMKM di Desa Labuhan Haji dapat mengakses pasar digital. Sehingga dapat mengurangi permasalahan di bidang ekonomi desa seperti dalam pendistribusian produk-produk UMKM desa, yang lingkup pendistribusiannya terbatas.

Referensi

Fathoni, Abdurrahman. 2006. Organisasi Dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : PT Rineka Cipta

Newman, W. Lawrence, 2013, Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif (edisi 7), PT Indeks, Jakarta.

Mason, J. 2002. Qualitative Researching (2nd Edition), Sage Publication, London.

Merriam, S.B. 2015. Introduction to Qualitative Research and Case Study. San Francisco, Josey-Bass Inc.

Taylor, S.J and Bogdan R. 2016.Introduction to Qualitative Research Methods: The Search for Meanings, A Wiley-Inter Science Publication, John Wiley and Sons, New York.

Biografi Penulis

Ahmad Jupri, Universitas Mataram

Eka S. Prasedya, Universitas Mataram

Muhammad Firman Azima, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).