Edukasi Pengenalan Instrumen Investasi Keuangan Bagi Warga Desa Di Desa Air Joman Kecamatan Air Joman Kabupaten Asahan

Penulis

Suriana , Yuni Andri Ekawati , Subaktiar , Deni Irawan , Tia Rivani , Azizah

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i4.6954

Diterbitkan:

2023-12-29

Terbitan:

Vol 6 No 4 (2023): Oktober-Desember 2023

Kata Kunci:

Education, Investment, Finance

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Suriana, Andri Ekawati, Y. ., Subaktiar, Irawan, D. ., Rivani, T. ., & Azizah. (2023). Edukasi Pengenalan Instrumen Investasi Keuangan Bagi Warga Desa Di Desa Air Joman Kecamatan Air Joman Kabupaten Asahan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 1485–1491. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.6954

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This community service activity takes the form of education on the introduction of financial investment instruments aimed at providing knowledge and insight to the residents of Air Joman village regarding various financial investment instruments. Research results show that on average Indonesian people carry out savings and investment activities using only 13% of their income. This can be concluded that Indonesian people still have low awareness regarding the importance of investing. The target audience for this community service activity was the villagers in Air Joman village, with approximately 14 people attending. Education regarding the introduction of financial investment instruments is carried out using lecture and question and answer methods. The lecture method is used to explain introductory concepts of financial investment. Meanwhile, the question and answer method provides participants with the opportunity to discuss further the material that has been presented.

Referensi

Abdullah, R. (2021). Adukasi Literasi Keuangan Pasar Modal Syariah pada Pengurus Badan UsahaMilik Desa di Kecamatan Kolese Kota Baubau. Jurnal Abdimas, 323-328.

Abidin, F. (2020, Juli 14). idxcnannel.com. Diambil kembali dari BEI Ulang Tahun, Ini Pencapaiannya Selama 28 Tahun: https://www.idxchannel.com/market-news/bei-ulangtahun-ini-pencapaianya-selama-28-tahun

D, R. P. N. M. (2017). Pengaruh Tingkat Financial Literacy Dan Faktor Sosiodemografi Terhadap Perilaku Keputusan Investasi Individu. Investasi Individu Jurnal Elektronik Bisnis Dan Ekonomi Universitas Udayana, 9, 3407. https://doi.org/10.24843/eeb.2017.v06.i09.p09

Gunadha, R., & Djailani, M. F. (2021, Agustus 13). Suara.com. Diambil kembali dari Hanya 3Persen Kaum Milenial Indonesia yang Sudah Lakukan Investasi: https://www.suara.com/bisnis/2021/08/13/143628/hanya-3-persen-kaum-milenialindonesia-yang-sudah-lakukan-investasi?page=all

Hariani, S., Harnovinsah, & Venny. (2019). Sosialisasi Tentang INvestasi Untuk Warga Kembangan Utara Jakarta Barat. Jurnal Pendidikan dan Pengambdian Kepada Masyarakat, 53-60.

Irianto, A. (2019). Pengaruh Pengetahuan Investasi dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang Jurnal Ecogen (Vol. 2, Issue 4). https.

Mita, M. M., & Siagian, S. (2021). Faktor-faktor yang Memperngaruhi Minat Mahasiswa dalam Berinvestasi di Pasar Modal. Jurnal Ilmiah METHONOMI.

Onasie, V., & Widoatmojo, S. (2020). Niat Investasi Generasi Milenial Di Pasar Modal. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 318-326.

Rosminda, & Wahyuni, E. S. (2017). Keberhasilan Program "Yuk Nabung Saham" oleh Bursa Efek Indonesia Dalam Meningkatkan Penjualan Instrumen Pasar Modal di Indonesia. Inovbiz, 157.

Situngkir, T. L. (2019). Sosialisasi Pengenalan Reksadana ebagai Wadah Investasi Bagi Ibu Rumah Tangga. Abdimas Universal, 58-62

Lusardi, A. (2008). Financial Literacy: an Essential Tool for Informed Consumer Choice?

Ramadhan, J. (2021). Pengaruh Pengetahuan Investasi dan Motivasi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Suryakancana Cianjur Terhadap Minat Investasi di Pasar Modal Syariah El-Ecosy. Islamic Economics and Finance Journal, 1(2), 47. https://doi.org/10.35194/.v1i2.1657

Rasuma Putri NMD dan Rahyuda H. (2017). Faktor Sosiodemografi Terhadap Perilaku Keputusan Investasi Individu. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 9, 3407.

Rikziana, Y. P., & Kartini. (2016). Analisis Tingkay Financial Literacy dan Financial Behavior Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia. E - Journal Universitas Janabadra, 7(1), 76–99.

Sary, R T R Sari, V. M., Putri, N. K., Arofah, T., & Suparlinah, I. (2021). Risiko, Pengaruh Persepsi Return, Ekspektasi Kemandirian Terhadap Minat Investasi Generasi Milenial. Journal of Economic and Social Sciences, 10(1), 6–18.

Sina, P. G. (2014). Peran orangtua dalam mengajarkan keuangan kepada anak-anak mereka Prinsip-prinsip. Jurnal Pengembangan Humaniora, 14(1), 74–86.

Surip, F. (2018). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Persepsi Risiko, dan Persepsi Kontrol Perilaku Terhadap Minat Investasi Saham. Jurnal SWOT, VIII(2), 346–361.

Biografi Penulis

Suriana, Universitas Alwasliyah, Medan

Program studi Manajemen

Yuni Andri Ekawati, Universitas Alwasliyah, Medan

Program Studi Manajemen

Subaktiar, Universitas Alwasliyah, Medan

Program Studi Manajemen

Deni Irawan, Universitas Alwasliyah, Medan

Program Studi Manajemen

Tia Rivani, Universitas Alwasliyah, Medan

Program Studi Manajemen

Azizah, Universitas Alwasliyah, Medan

Program Studi Manajemen

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).