Pengarahan Penggunaan Media Sosial Untuk Mengembangkan Usaha Keluarga di Kelurahan Sumber Mulyorejo Binjai Timur

Penulis

Evida Rahimah , Muhammad Rum Lubis , Ilfi Rahmi Putri , Sri Mauliza , Subaktiar , Ratih Kumala Dewi Ritonga

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i4.6955

Diterbitkan:

2023-12-28

Terbitan:

Vol 6 No 4 (2023): Oktober-Desember 2023

Kata Kunci:

Use of Social Media, small and medium enterprises (UMKM), Entrepreneur woman

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Rahimah, E. ., Rum Lubis, M. ., Rahmi Putri, I. ., Mauliza, S. ., Subaktiar, & Kumala Dewi Ritonga, R. . (2023). Pengarahan Penggunaan Media Sosial Untuk Mengembangkan Usaha Keluarga di Kelurahan Sumber Mulyorejo Binjai Timur . Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 14781–484. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.6955

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This research was conducted in the city of Binjai, East Binjai District, precisely in the Sumber Mulyorejo sub-district with the aim of directing the use of social media to develop family businesses so that in the future they can increase the sales of family businesses. Housewives (IRT) can play an active role and empower all their abilities to help the family economy, one of which is through MSME activities. but there are still those who are not very active in promoting the products they produce, so they have not increased their sales turnover too much. Meanwhile, in the era of globalization, communication has used technology via the internet, one of which is through social media, even social media has been used in the business world as a fast and inexpensive sales promotion tool. MSME actors, especially family businesses in this area, need guidance on the use of social media, so they can utilize social media in promotional activities for the products they produce, so that they can help increase family business income in Sumber Mulyorejo Village, East Binjai District in the future. Family business actors responded well, a large number of them asked questions regarding the use of social media in promotional activities

Referensi

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68.

https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003

Kilgour, M., Sasser, S. L., & Larke, R. (2015). The social media transformation process: Curating

content into strategy. Corporate Communications, 20(3), 326–343.

https://doi.org/10.1108/CCIJ-07-2014-0046

Nel, A., & Julita. (2016). The Impact of Social Media Use On SME Progress. Carbohydrate Polymers, 17 (1), 1–13.

Pratidina Nasution, Siti Wardah, Widia Wardhani dan Ujang Abdullah, 2022. Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Ibu Rumah Tangga di Kelurahan Sumber Mulyorejo Binjai Timur. 2 (3), 1-11.

https://j-las.lemkomindo.org/index.php/J-LAS

Rowley, J., & Holliman, G. (2014). "Business to business digital content marketing: marketers’

perceptions of best practice". Journal of Research in Interactive Marketing, 8(4), 269–

Sugiyono., 2017, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta, Bandung

Winarti, C. (2021). Pemanfaatan Sosial Media oleh UMKM Dalam Memasarkan Produk di Masa

Pandemi Covid-19. Universitas Tanjungpura, 195–206

Biografi Penulis

Evida Rahimah, Universitas Alwasliyah, Medan

Program studi Ekonomi Pembangunan

Muhammad Rum Lubis, Universitas Alwasliyah, Medan

Program studi Ekonomi Pembangunan

Ilfi Rahmi Putri, Universitas Alwasliyah, Medan

Program Studi Akuntansi

Sri Mauliza, Universitas Alwasliyah, Medan

Program Studi Akuntansi

Subaktiar, Universitas Alwasliyah, Medan

Program Studi Manajemen

Ratih Kumala Dewi Ritonga, Universitas Alwasliyah, Medan

Mahasiswa Fakultas Ekonomi

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).