Inovasi Merdeka Belajar: Pelatihan Penerapan Microlearning dan Microcontent untuk Pembelajaran Geografi Berdiferensiasi
DOI:
10.29303/jpmpi.v7i1.6978Diterbitkan:
2024-03-24Terbitan:
Vol 7 No 1 (2024): Januari - MaretKata Kunci:
Pengabdian kepada masyarakat, Pembelajaran Geografi berdiferensiasi, Microlearning dan microcontentArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Perkembangan teknologi menyebabkan terjadinya transformasi di bidang pembelajaran menjadi smart learning environment. Namun, ketidaksiapan institusi seperti sarana dan prasarana, serta kurangnya pedagogik digital guru seperti rendahnya literasi teknologi, kurangnya kreativitas, dan kepercayaan diri dalam menerapkan pembelajaran berbasis digital menjadi suatu permasalahan. Solusi permasalahan tersebut adalah melakukan pelatihan dan pemanfaatan microlearning dan microcontent untuk pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka melalui kegiatan workshop. Metode pengabdian kepada masyarakat adalah melibatkan partisipasi aktif mitra, yaitu MGMP Geografi Kota Batu dalam kegiatan workshop. Tujuan pengabdian kepada masyarakat adalah pelatihan penerapan microlearning dan microcontent pada pembelajaran Geografi berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. Dalam evaluasinya, kegiatan workshop memberikan dampak positif bagi peserta, mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, serta adanya follow up agar kegiatan dilakukan secara berkelanjutan.
Referensi
Akhrif, O., Benfares, C., El Bouzekri El Idrissi, Y., & Hmina, N. (2020). Collaborative Approaches in Smart Learning Environment: A Case Study. Procedia Computer Science, 175, 710–715. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.07.105
Fayez, A. N., Ghabban, F. M., & Ameerbakhsh, O. (2021). Advantages and Challenges of Smart Learning in Higher Education Institutions in Saudi Arabia. Creative Education, 12(05), 974–982. https://doi.org/10.4236/ce.2021.125071
GarcÃa-Tudela, P. A., Prendes-Espinosa, P., & Solano-Fernández, I. M. (2021). Smart Learning Environments: A Basic Research towards the Definition of a Practical Model. Smart Learning Environments, 8(1). https://doi.org/10.1186/s40561-021-00155-w
Gerbaudo, R., Gaspar, R., & Gonçalves Lins, R. (2021). Novel Online Video Model for Learning Information Technology based on Micro Learning and Multimedia Micro Content. Education and Information Technologies, 26(5), 5637–5665. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10537-9
Gherman, O., Turcu, C. E., & Turcu, C. O. (2021). An Approach to Adaptive Microlearning in Higher Education. INTED2021 Proceedings, 1, 7049–7056. https://doi.org/10.21125/inted.2021.1405
Halimah, N., Hadiyanto, & Rusdinal. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Bentuk Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5019–5033. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7552
Hartikainen, S., Rintala, H., Pylväs, L., & Nokelainen, P. (2019). The Concept of Active Learning and the Measurement of Learning Outcomes: A Review of Research in Engineering Higher Education. Education Sciences, 9(4), 9–12. https://doi.org/10.3390/educsci9040276
Jiwane, D. A., & Khan, A. F. (2020). Design Studios: Approach to Achieve Smart Learning Environment (SLE). International Journal of Engineering and Management Research, 10(4), 35–42. https://doi.org/10.31033/ijemr.10.4.6
Khalidy, D. Al, Putra, A. K., Fuddin, H., & Rafani, J. R. (2023). Innovation of Virtual Reality : Pendampingan Pengembangan Tengger Heritage Journey sebagai Promosi Desa Wisata Berkelanjutan di Tosari. Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat (Jati Emas), 7(3), 75–82. https://doi.org/10.36339/je.v7i3.771
Novianti, T. C. (2021). Klasifikasi Landsat 8 OLI untuk Tutupan Lahan di Kota Palembang menggunakan Google Earth Engine. Jurnal Swarnabhumi, 6(1), 75–85. http://code.earthengine.google.com/
Pratiwi, W., Hidayat, S., & Suherman. (2023). Kurikulum Merdeka sebagai Kurikulum Masa Kini. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1), 80–90.
Putra, A. K., Purwanto, Islam, M. N., Hidayat, W. N., & Fahmi, M. R. (2022). Development of Mobile Virtual Field Trips in Ijen Crater Geosites Based on 3600 Auto Stereoscopic and Geospatial Technology As Geography Learning Media. Geojournal of Tourism and Geosites, 41(2), 456–463. https://doi.org/10.30892/GTG.41216-850
Putra, A. K., Sumarmi, Deffinika, I., & Islam, M. N. (2021). The Effect of Blended Project-Based Learning with STEM Approach to Spatial Thinking Ability and Geographic Skill. International Journal of Instruction, 14(3), 685–704. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14340a
Rahmawati, A., Parji, P., & Dewi, C. (2023). Persepsi Guru tentang Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (p5) sebagai Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Era Digital. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 990–996.
RamÃrez-Montoya, M. S., Loaiza-Aguirre, M. I., Zúñiga-Ojeda, A., & Portuguez-Castro, M. (2021). Characterization of the Teaching Profile within the Framework of Education 4.0. Future Internet, 13(4), 1–17. https://doi.org/10.3390/fi13040091
Tien, C. E., Tin, C. Y., & Hashima, H. (2020). Use of Technology in Active Learning Teaching Practices to Enhance Lecturers’ Self-Efficacy in Technical University Environment. International Journal of Engineering Research & Technology (IJERT), 9(06), 436–443. https://doi.org/10.17577/IJERTV9IS060288
Wijaya, N. M., Yani, A., & Nandi. (2023). The Development of Microlearning-Based on Teaching Materials to Increase Students’ Ecoliteracy. Journal of Education, Teaching, and Learning, 8(2), 15–23.
Yuniarsih, T., Sobandi, A., Meilani, R. I., Supardi, E., Indriarti, R., & Faldesiani, R. (2022). Analysis of Microlearning-Based Learning Media Needs: A Retrospective Study at Vocational High School. Proceedings of the 6th Global Conference on Business, Management, and Entrepreneurship (GCBME 2021), 657(Gcbme 2021), 3–6. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.220701.002
Zurqani, H. A., Post, C. J., Mikhailova, E. A., & Allen, J. S. (2019). Mapping Urbanization Trends in a Forested Landscape using Google Earth Engine. Remote Sensing in Earth Systems Sciences, 2(4), 173–182. https://doi.org/10.1007/s41976-019-00020-y
Biografi Penulis
Alfyananda Kurnia Putra, Universitas Negeri Malang
Diky Al Khalidy, Universitas Negeri Malang
Budi Handoyo, Universitas Negeri Malang
Hadi Soekamto, Universitas Negeri Malang
Queentasya Vanti Dian Kristanti, Universitas Negeri Malang
Evalia Nurul Kholifah, Universitas Negeri Malang
Denok Pangestudika Arum Putri, Universitas Negeri Malang
Yasmin Fajar Putri Ayu, Universitas Negeri Malang
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Alfyananda Kurnia Putra, Diky Al Khalidy, Budi Handoyo, Hadi Soekamto, Queentasya Vanti Dian Kristanti, Evalia Nurul Kholifah, Denok Pangestudika Arum Putri, Yasmin Fajar Putri Ayu
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).