Upaya Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Ilmu Kimia Melalui Demonstrasi Kimia Bagi Siswa SMA N 1 Labuapi
DOI:
10.29303/jpmpi.v4i2.704Diterbitkan:
2021-06-30Terbitan:
Vol 4 No 2 (2021)Kata Kunci:
Demonstrasi kimia, motivasi, pemahaman, ilmu kimiaArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Telah dilakukan kegiatan pengabdian pada masyarakat berupa pertunjukan kimia/demonstrasi kimia pada Siswa SMA N 1 Labuapi Lombok Barat. Kegiatan pengabdian ini dilakukan melalui tahapan: (1) pembuatan 2 media demonstrasi, yaitu poster kimia dan sel elektrolisis larutan KI, (2) pertunjukan pada siswa, dan (3) diskusi-tanya jawab.
Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah: (1) Telah dibuat dua buah media demonstrasi kimia/ pertunjukan kimia, yaitu poster kimia dan sel elektrolisis larutan KI, (2) Kegiatan demonstrasi  kimia dapat meningkatkan perhatian dan motivasi belajar siswa terhadap ilmu kimia cukup tinggi dilihat dari hasil observasi selama kegiatan, (3) Demonstrasi  kimia dapat meningkatkan pengetahuan siswa tentang ilmu kimia terutama dalam menghubungkan antara hasil pengamatan dengan peristiwa submikroskopis pada proses kimia, (4) Kegiatan demonstrasi dapat memotivasi siswa untuk berpikir kritis, hal ini ditunjukan oleh pertanyaan siswa yang mengaitkan antara konsep yang didemonstrasikan dengan peristiwa dalam kehidupan sehari-hari dan aspek mikroskopis dari ilmu kimia.
Kesimpulan yang diperoleh menunjukan bahwa demonstrasi kimia mampu meningkatkan perhatian, motivasi, pemahaman/pengetahuan dan berpikir kritis dalam ilmu kimia pada siswa SMA N 1 Labuapi Lombok Barat.
Referensi
Achmad dan Baradja. 2013. Demonstrasi Sains Kimia. Nuansa, Ujungberung Bandung
Buncick, M.C., Betts, P.G., & Horgan, D.D. (2001). Using demonstrations as a contextual road map: enhancing course continuity and promoting active engagement in introductory college physics. International Journal of Science Education. 23(12), 1237-1255.
McKee, E., F.M., Williamson, dan L.E. Ruebush. 2007. Effects of a Demonstration Laboratory on Student Learning. J. Sci Educ Technol, 16:395–400
Chiappetta, E.L., and T.R. Koballa. 2002. Science instruction in the middle and secondary schools. Upper Saddle River, NJ: Prentice-Hall
Deese WC, Ramsey LL, Walczyk J, Eddy D (2000) Using demonstration assessments to improve learning. J Chem Educ 77:1511
Meyer, L. S., Schmidt, S., Nozawa, F., Panee, D., & Kisler, M. 2003. Using demonstrations to promote student comprehension in chemistry. Journal of Chemical Education. 80(4), 431-435.
Pierce, D. T., & Pierce, T. W. 2007. Effective use of demonstration assessments in the classroom relative to laboratory topics. Journal of Chemical Education. 84(7), 1150-1155
Thompson, J., dan Soyibo, K. 2002. Effects of lecture, teacher demonstrations, discussion and practical work on 10th grader’s attitudes to chemistry and understanding of electrolysis. Research in Science & Technological Education, 20(1), 25-35
Biografi Penulis
muti'ah muti'ah, Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram
Jeckson Siahaan, Prodi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram
Sukib Sukib, Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram
Lisensi
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).