Upaya Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Ilmu Kimia Melalui Demonstrasi Kimia Bagi Siswa SMA N 1 Labuapi

Penulis

muti'ah muti'ah , Jeckson Siahaan , Sukib Sukib

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i2.704

Diterbitkan:

2021-06-30

Terbitan:

Vol 4 No 2 (2021)

Kata Kunci:

Demonstrasi kimia, motivasi, pemahaman, ilmu kimia

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

muti'ah, muti'ah, Siahaan, J., & Sukib, S. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Ilmu Kimia Melalui Demonstrasi Kimia Bagi Siswa SMA N 1 Labuapi. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.704

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Telah dilakukan kegiatan pengabdian pada masyarakat berupa pertunjukan kimia/demonstrasi kimia pada Siswa SMA N 1 Labuapi Lombok Barat. Kegiatan pengabdian ini dilakukan melalui tahapan: (1) pembuatan 2 media demonstrasi, yaitu poster kimia dan sel elektrolisis larutan KI, (2) pertunjukan pada siswa, dan (3) diskusi-tanya jawab.

Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah: (1) Telah dibuat dua buah media demonstrasi kimia/ pertunjukan kimia, yaitu poster kimia dan sel elektrolisis larutan KI, (2) Kegiatan demonstrasi  kimia dapat meningkatkan perhatian dan motivasi belajar siswa terhadap ilmu kimia cukup tinggi dilihat dari hasil observasi selama kegiatan, (3) Demonstrasi  kimia dapat meningkatkan pengetahuan siswa tentang ilmu kimia terutama dalam menghubungkan antara hasil pengamatan dengan peristiwa submikroskopis pada proses kimia, (4) Kegiatan demonstrasi dapat memotivasi siswa untuk  berpikir kritis, hal ini ditunjukan oleh pertanyaan siswa yang mengaitkan antara konsep yang didemonstrasikan  dengan peristiwa dalam kehidupan sehari-hari dan aspek mikroskopis dari ilmu kimia.

Kesimpulan yang diperoleh menunjukan bahwa demonstrasi kimia mampu meningkatkan perhatian, motivasi, pemahaman/pengetahuan dan berpikir kritis dalam ilmu kimia pada siswa SMA N 1 Labuapi Lombok Barat.

Referensi

Achmad dan Baradja. 2013. Demonstrasi Sains Kimia. Nuansa, Ujungberung Bandung

Buncick, M.C., Betts, P.G., & Horgan, D.D. (2001). Using demonstrations as a contextual road map: enhancing course continuity and promoting active engagement in introductory college physics. International Journal of Science Education. 23(12), 1237-1255.

McKee, E., F.M., Williamson, dan L.E. Ruebush. 2007. Effects of a Demonstration Laboratory on Student Learning. J. Sci Educ Technol, 16:395–400

Chiappetta, E.L., and T.R. Koballa. 2002. Science instruction in the middle and secondary schools. Upper Saddle River, NJ: Prentice-Hall

Deese WC, Ramsey LL, Walczyk J, Eddy D (2000) Using demonstration assessments to improve learning. J Chem Educ 77:1511

Meyer, L. S., Schmidt, S., Nozawa, F., Panee, D., & Kisler, M. 2003. Using demonstrations to promote student comprehension in chemistry. Journal of Chemical Education. 80(4), 431-435.

Pierce, D. T., & Pierce, T. W. 2007. Effective use of demonstration assessments in the classroom relative to laboratory topics. Journal of Chemical Education. 84(7), 1150-1155

Thompson, J., dan Soyibo, K. 2002. Effects of lecture, teacher demonstrations, discussion and practical work on 10th grader’s attitudes to chemistry and understanding of electrolysis. Research in Science & Technological Education, 20(1), 25-35

Biografi Penulis

muti'ah muti'ah, Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram

Jeckson Siahaan, Prodi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram

Sukib Sukib, Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).