Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Kosong Berbasis Tanaman Sayur dan Apotek Hidup di Desa Sigar Penjalin Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara

Penulis

Bulkaini Bulkaini , Muhamad Aprizal Akbar , Alya Maolani , Slamet Pratama , Lalu Naif Zaharani , Eliza Apriana , Sri Handayani , Wahyu Akbar , Fitri Handayani

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i2.706

Diterbitkan:

2021-04-13

Terbitan:

Vol 4 No 2 (2021)

Kata Kunci:

Lahan Kosong, Apotek Hidup, Tanaman Sayur

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Bulkaini, B., Akbar, M. A., Maolani, A., Pratama, S., Zaharani, L. N., Apriana, E., … Handayani, F. (2021). Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Kosong Berbasis Tanaman Sayur dan Apotek Hidup di Desa Sigar Penjalin Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.706

Abstrak

Permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat Desa Sigar Penjalin, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara dalam mengembangkan konsep kawasan rumah pangan lestari melalui pemanfaatan lahan pekarangan adalah kurangnya pengetahuan dan pelatihan mengenai penyiapan media tanam dalam pot, penyediaan pupuk organik dan pot atau wadah tanaman dari bahan sekitar lingkungan. Tujuan program pengabdian masyarakat ini adalah (1) Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, kesadaran serta memotivasi masyarakat dalam pemanfaatan lahan kosong/pekarangan sebagai sumber pangan dan pendapatan keluarga; (2) Menerapkan beberapa teknik sederhana penanaman lahan pekarangan dan pemeliharaannya yang dapat diimplementasikan secara mudah oleh masyarakat. Metode kegiatan yang dilakukan adalah diskusi dan demonstrasi praktek langsung di lapangan. Hasil kegiatan pengabdian adalah: 1) Keterampilan warga masyarakat di Desa Sigar Penjalin meningkat dengan indikator bahwa masyarakat  telah dapat menyiapkan media tanam untuk budidaya tanaman sayur dalam pot, serta pemanfaatan bahan-bahan sekitar untuk pembuatan pot/wadah dan pupuk organik cair; (2) Kegiatan pengabdian ini dapat menambah pengetahuan warga masyarakat tentang pentingnya pemanfaatan lahan pekarangan melalui penerapan konsep rumah pangan lestari untuk mendukung ketahanan pangan keluarga

Referensi

Tando, E. 2018. Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan Melalui Pengembangan Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL) Dalam Mendukung Penerapan Teknologi Budidaya Sayuran Organic Di Sulawesi Tenggara. Jurnal Agroadix. 2(1): 14-22.

Handewi., P., S. 2011. Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL): Sebagai Solusi Pemantapan Ketahanan Pangan. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Kurniawan, Y., Y. Akhmad, D. Bambang, S. Yogi. 2018. Analisis Program Kawa-san Rumah Pangan Lestari dan Hubungan Dengan Ketahanan Pangan Serta Kesejahteraan Rumah Tangga (Studi Kasus di Kota Surakarta). Jurnal ilmu ekonomi terapan. 3(2): 1-22.

Saliem., H., P. 2011. Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL): Sebagai Solusi Pemantapan Ketahanan Pangan. Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. Balitbangtan, Jakarta.

Servina, Y. 2019. Dampak Perubahan Iklim Dan Strategi Adaptasi Tanaman Buah Dan Sayuran Di Daerah Tropis. Jurnal Litbang Pertanian. 38(2): 65-76.

Setyaningrum. Hesti D. Saparinto. Cahyo. 2011. Panen Sayuran Secara Rutin di Lahan Sempit. Penebar Swadaya. Jakarta.

Biografi Penulis

Bulkaini Bulkaini, Universitas Mataram

Muhamad Aprizal Akbar, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).