Penerapan Pengembangan Refugia Dan Parasitoid Trichogramma Sp. Untuk Optimalisasi Konservasi Musuh Alami Pertanaman Cabai Merah Besar Di Desa Andongsari Kabupaten Jember

Penulis

Wildan Muhlison , Hari Purnomo , Irwanto Sucipto , Nanang Tri Haryadi

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i1.7107

Diterbitkan:

2024-03-24

Terbitan:

Vol 7 No 1 (2024): Januari - Maret

Kata Kunci:

Cabai Merah Besar, Konservasi, Refugia, Trichogramma sp.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Muhlison, W., Purnomo, H., Sucipto, I., & Haryadi, N. T. (2024). Penerapan Pengembangan Refugia Dan Parasitoid Trichogramma Sp. Untuk Optimalisasi Konservasi Musuh Alami Pertanaman Cabai Merah Besar Di Desa Andongsari Kabupaten Jember. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(1), 243–251. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i1.7107

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Desa Andongsari Kecamatan Ambulu terletak di wilayah jember bagian selatan, desa Andongsari sendiri merupakan desa target KKN LP2M UNEJ yang dalam pengembangan menjadi Desa Wisata dan Wirausaha Sejahtera. Masyarakat di Desa Andongsari mayoritas berprofesi sebagai petani dan buruh tani dan untuk komoditas umum disana adalah padi, jagung, kubis, bunga kol, tembakau dan untuk komoditas utamanya adalah cabe besar. Berdasarkan hasil observasi tim kami, petani di sana telah terkoordinasi dengan baik melalui kelompok tani yang aktif, tidak hanya kelompok tani laki-laki di sana juga ada kelompok tani wanita yang juga sama aktifnya. Selain itu, petani di sana pun telah mengenal sistem pengelolaan hama terpadu dengan menggabungkan sistem pengendalian kimia, mekanik dan biologi berikut pula dengan menerapkan sistem konservasi musuh alami dengan menanam tanaman refugia, hal ini ditunjukkan dengan sudah banyak dikembangkannya refugia di tiap tiap lahan budidaya. Hasil penelusuran lebih lanjut, serangan organisme pengganggu tanaman khususnya hama di pertanaman cabe besar sangat tinggi walaupun aplikasi pestisida sintetis tergolong tinggi. Aplikasi pestisida sintetis secara berlebihna yang diduga menjadi salah faktor utama dari resistensi hama dan sekaligus tidak berfungsinya teknologi refugia yang telah diterapkan di lahan. Di sisi lain, aplikasi pestisida sintetis menjadi salah satu pengeluaran utama dan terbesar dari biaya produksi cabe besar. Oleh karena itu, untuk dapat menyelesaikan permasahan tersebut solusi yang ditawarkan adalah yang pertama memberikan wawasan tentang cara mengidentifikasi hama pada cabe besar dan bentuk pencegahannya, yang kedua pengoptimalan dan penataan desain tanaman refugia di lahan budidaya, yang ketiga pelatihan dan pendampingan perbanyakan dan konservasi musuh alami (serangga berguna) sebagai bentuk korelasi dengan sistem refugia dan yang terakhir untuk menopang sistem pengelolaan hama terpadu yang sudah ada dilakukan pelatihan dan pendampingan pembuatan insektisida dan fungsisida nabati dengan memanfaatkan sumber nabati dari lingkungan yang berada di desa Andongsari. Sehingga elompok tani di desa Andongsari mampu secara swadaya memproduksi refugia, memperbanyak masal musuh alami dan produksi pestisida organik secara berkelanjutan dan bisa menjadi unit usaha ekonomi bagi kelompok – kelompok tani tersebut.

Referensi

Baehaki, S. E. (2005). Berbagai Hama Serangga pada Tanaman Padi. Penerbit Angkasa, Bandung, 145.

Efendi B.S., Eko H.I., Dede M. Nono S. 2016. Kecepatan dan Hambatan Rekolonisasi Musuh Alami Setelah Aplikasi Insektisida di Pertanaman Padi. Jurnal Agrikultura 27(1): 4958.

Kurniawati N. 2015. Keragaman dan Kelimpahan Musuh Alami Hama pada Habitat Padi yang Dimanipulasi dengan Tumbuhan Berbunga. Ilmu Pertanian 18 (1),: 31-36

Kurniawati N., dan Marthono E. 2015. Peran Tumbuhan Berbunga Sebagai Media Konservasi Artropoda Musuh Alami. Jurnal Perlindungan Tanaman Indonesia, 19, (2): 53–59

Meilin A., R. Heru P. 2014. Dampak Insektisida Deltametrin Konsentrasi Subletal pada Perilaku dan Biologi Parasitoid. Iptek Tanaman Pangan 9 (2).

Sari R. P., dan Yanuwiadi B. 2014. Efek Refugia pada Populasi Herbivora di Sawah Padi Merah Organik Desa Sengguruh, Kepanjen, Malang. Jurnal Biotropika. 2 (1)

Tantawizal, Sri W.I. 2015. Dampak Aplikasi Kombinasi Pestisida Kimia dan Agens Hayati terhadap Populasi Coccinella repanda dan Paederus fuscipes pada Tanaman Kacang Hijau. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi. hal 513-520.

Muhlison, W., Purnomo, H., & Sucipto, I. (2023). Penerapan Sistem Pertanian Permakultur Melalui Pemanfaatan Lahan Tidur Untuk Pencapaian Kedaulatan Pangan Di Desa Glundengan Kabupaten Jember. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 1310-1316.

Muhlison, W., Haryadi, N. T., Kurnianto, A. S., & Ahmada, B. S. (2021). Study of Integrated Pest Management Strategy on The Population of Fruit Flies (Bactrocera spp.) in Red Chili Cultivation (Capsicum Annuum). The Journal of Experimental Life Science, 11(1), 10-14.

Biografi Penulis

Wildan Muhlison, Universitas Jember

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Wildan Muhlison, Hari Purnomo, Irwanto Sucipto, Nanang Tri Haryadi

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).