Pengembangan Potensi Wisata Untuk Meningkatkan Daya Tarik Wisatawan di Desa Ketapang Raya Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur

Penulis

Gemma Maya Gustin , M. Fahmi Khairul Umam , Hafizul Khatomy , Tiara Karantina , Abdul Syukur

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i2.720

Diterbitkan:

2021-06-22

Terbitan:

Vol 4 No 2 (2021)

Kata Kunci:

Potensi, Objek Wisata, Destinasi, Desa Ketapang Raya

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Gustin, G. M., Umam, M. F. K., Khatomy, H., Karantina, T., & Syukur, A. (2021). Pengembangan Potensi Wisata Untuk Meningkatkan Daya Tarik Wisatawan di Desa Ketapang Raya Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.720

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Pengembangan potensi pariwisata merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan daya tarik wisatawan. Desa ketapang raya menjadi salah satu desa wisata di kecamatan keruak, kabupaten lombok timur. Desa ini memiliki beberapa potensi berupa wisata pantai, hutan mangrove, central garam, dan budidaya hasil laut. Sehingga, melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini dapat membantu mendukung sektor wisata di Desa Ketapang Raya. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempromosikan destinasi-destinasi wisata guna pengembangan pariwisata, meningkatkan daya tarik pengunjung (wisatawan), dan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat. Kegiatan ini dilakukan melalui 3 tahap yaitu pertama persiapan promosi, kedua pembuatan sarana dan prasarana dan ketiga pendampingan masyarakat untuk pengembangan usaha transit. Manfaat dari kegiatan ini adalah dapat memperkenalkan objek wisata, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan dapat meningkatkan daya tarik pengunjung (wisatawan) di Desa Ketapang Raya. Hasil dari program kerja ini yaitu tereksplorasinya beberapa destinasi melalui usaha transit, meningkatkan pendapatan masyarakat di daerah wisata, serta adanya peningkatan sarana dan prasarana wisata berupa papan informasi, papan himbauan, spot foto dan sarana pendukung lainnya.

Referensi

Ali, D. 2004. Pemanfaatan Potensi Sumberdaya Pantai Sebagai Obyek Wisata Dan Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Sekitar LokasiWisata (Studi Kasus Di Kawasan Wisata Pantai Kartini Jepara).Program Pascasarjana Universitas Diponegoro. Semarang.

Budhyana, I. 2008. Kebijakan Disbudpar dalam Mengembangkan Kawasan Wisata di Jawa Barat. Makalah pada Seminar Pembangunan Kepariwisataan di Jawa Barat., Bandung: UPI.

Dias, S. 2009. Strategi Pengembangan Ekowisata Berbasis Ekonomi Lokal dalam Rangka Program Pengentasan Kemiskinan di Wilayah Kabupaten Malang. Jurnal of Indonesian Applied Economics, 3(1), 37-47.

Moh Ilfan Setya Nur Chambali, Wisnu yudo untoro. 2007. Sistem Informasi Potensi Desa. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, Vol 2, No 2.

Muhaimin, Suti’ah, dan Sugeng Listyo Prabowo. 2009. Manajemen Pendidikan, Jakarta: Kencana, h. 349

Sabhani, A. 2010. Potensi Objek Wisata Pantai di Kabupaten Lombok Timur tahun 2010.

Biografi Penulis

Gemma Maya Gustin, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).