Pelatihan Budidaya Jamur Tiram Menggunakan Media Tanam Kardus di Desa Kuta Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah

Penulis

Dina Fathia Cahyani , Intang Suraya , Ais Muharam Catur Mahmudin , Maiser Syaputra

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i1.7219

Diterbitkan:

2024-03-29

Terbitan:

Vol 7 No 1 (2024): Januari - Maret

Kata Kunci:

Budidaya, Jamur tiram, kardus, Desa Kuta

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Cahyani, D. F., Suraya, I., Mahmudin, A. M. C., & Syaputra, M. (2024). Pelatihan Budidaya Jamur Tiram Menggunakan Media Tanam Kardus di Desa Kuta Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(1), 213–217. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i1.7219

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Saat ini pengembangan sektor pertanian di masyarakat Desa Kuta masih terbatas pada pertanian berbasis lahan, dan belum banyak mengembangkan pertanian berbasis pekarangan rumah. Pertanian berbasis pekarangan merupakan upaya pemanfaatan tanah kosong di halaman rumah untuk mengembangkan komoditas – komoditas sederhana guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.Salah satu komoditas potensial untuk pertanian berbasis pekarangan adalah jamur tiram, karena tanaman ini cukup adaptif dikembangkan pada berbagai kondisi wilayah, praktis dan relatif mudah diterapkan.  Jamur tiram telah banyak dibudidayakan di berbagai wilayah di Indonesia dan umumnya dikembangkan dengan menggunakan media tanam (substrat) serbuk gergaji (baglog), namun terkadang di wilayah perkotaan ataupun di desa yang maju seperti Desa Kuta Kabupaten Lombok Tengah serbuk gergaji sulit untuk dicari dan tidak tersedia dengan bebas di pasaran sehingga serbuk geraji perlu dicari penggantinya dengan bahan yang lebih mudah diperoleh. Salah satu solusi dari permasalahan ini adalah penggunaan kardus bekas. Kardus bekas merupakan salah satu pilihan media yang tepat untuk menggantikan serbuk gergaji karena sifat materialnya yang cukup serupa, kardus bekas mampu menahan kelembaban selain itu penggunaan kardus bekas akan mengurangi timbunan sampah di masyarakat. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dalam rangka pelaksanaan  KKN Universias Mataram yang bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat Desa Kuta agar dapat meningkatkan penghasilan keluarga dengan budidaya jamur tiram skala rumah tangga menggnakan media kardus yang telas melaului pemrosesan. Kegiatan pengabdian ini menggunakan metode FGD dalam penyuluhannya diikuti serangkaian pertemuan pelatihan. Hasil dari kegiatan ini adalah peserta memperolah pengetahuan dan pemahaman tentang teknik pengembangan jamur tiram menggunakan media tanam kardus bekas mulai dari tahap budidaya hingga pemasarannya.

Referensi

Badan Pusat Statistik. (2020). Retrieved Februari 2, 2024, from statistik Konsumsi Pangan 2020.

Gomes, F. C. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Hariadi, N., Setyobudi, L., & Nihayati, E. (2013). Studi Pertumbuhan dan Hasil Produksi Jamur Tiram Putih ( Pleorotus Ostreatus ) pada Media Tumbuh Jerami Padi dan Serbuk Gergaji. Jurnal Produksi Tanaman, 1(1), 47–53.

Hunaepi, H., Samsuri, T., Asy’ari, M., Mirawati, B., Firdaus, L., Fitriani, H., Muliadi, A., Muhali, M., & Prayogi, S. (2019). Pelatihan Budidaya Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus) di Pondok Pesantren Hidayaturrahman NW Manggala. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 1(1), 45–52. https://doi.org/10.36312/sasambo.v1i1.119

Imran, A., Supriadin, S., Sakti, N. W. P., & Syahrir, S. (2019). Budidaya Jamur Tiram Di Desa Darek. Abdi Masyarakat, 1(1), 55–61. https://doi.org/10.58258/abdi.v1i1.1001

Nurhakim, Y. I. (2018). Sukses Budidaya Jamur Tiram. Jakarta: Ilmu Cemerlang Group.

Sikula, A. E. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Erlangga.

Sofyandi, H. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suharjo, E. (2015). Budidaya Jamur Tiram Media Kardus. Jakarta Selatan: PT Argomedia Pustaka.

Syaputra, M., Wulandari, F. T., Wahyuningsih, E., & Anwar, H. (2022). Peningkatan Kesadartahuan Terhadap Hutan Pantai Nipah Sebagai Habitat Penyu di Desa Malaka Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(4), 452–456. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i4.2542

Biografi Penulis

Dina Fathia Cahyani, Universitas Mataram

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Dina Fathia Cahyani, Intang Suraya, Ais Muharam Catur Mahmudin, Maiser Syaputra

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).