Sosialisasi Terapi Swamedikasi Akupresur Dan Inhalasi Minyak Wangi Untuk Mengurangi Gejala Pilek Pada Siswa SDN 02 Terong Tawah

Penulis

Kirana Ayu Setyowati , Ni Luh Ayu Sri Widyasari , Mahra Murniati Salam , Maulida Khalila Fitri , Nur Tahany Yustitia , Eskarani Tri Pratiwi

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i1.7271

Diterbitkan:

2024-03-24

Terbitan:

Vol 7 No 1 (2024): Januari - Maret

Kata Kunci:

Pilek, ISPA, Akupresur, Terapi Inhalasi, Swamedikasi

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Setyowati, K. A., Widyasari, N. L. A. S., Salam, M. M., Fitri, M. K., Yustitia, N. T., & Pratiwi, E. T. (2024). Sosialisasi Terapi Swamedikasi Akupresur Dan Inhalasi Minyak Wangi Untuk Mengurangi Gejala Pilek Pada Siswa SDN 02 Terong Tawah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(1), 279–283. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i1.7271

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Abstrak : Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) atau common cold adalah infeksi virus akut yang bersifat sementara pada saluran pernapasan atas yang juga dapat melibatkan saluran pernapasan bawah. Pilek yang merupakan kombinasi gejala khas common cold adalah penyakit umum yang dapat menganggu aktivitas seperti bekerja dan sekolah. Anak-anak secara khusus rentan terkena pilek dikarenakan belum memiliki kekebalan terhadap banyak virus, kebersihan diri yang kurang baik, dan sering berkontak dekat dengan anak-anak lain yang terinfeksi virus tersebut. Akupresur merupakan teknik pengobatan swamedikasi atau perawatan yang melibatkan pemijatan atau penekanan pada permukaan kulit. Sedangkan terapi inhalasi adalah terapi dengan pengiriman obat langsung menuju paru-paru. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman sejak dini terkait cara swamedikasi pilek dengan menggunakan metode akupresur dan inhalasi minyak wangi untuk mengurangi gejala pilek pada siswa SDN 02 Terong Tawah. Metode kegiatan pengabdian masyarakat adalah dengan menggunakan kuesioner pretest dan postest. Hasil kegiatan pengabdian diukur dengan menggunakan metode One Groups Pretest Posttest Design.

 

Keywords: Pilek, ISPA, Akupresur, Terapi Inhalasi, Swamedikasi

Referensi

Aini, L, & Rinata, E. (2023). Pengaruh Terapi Akupresur dan Inhalasi Sederhana Minyak Kayu Putih Terhadap Batuk Pilek Balita. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 1-6.

Gitawati, R. (2014). Bahan aktif dalam kombinasi obat flu dan batuk-pilek, dan pemilihan obat flu yang rasional. Media Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, 24(1), 20690.

Herlina, M., Berutu, H., Mastari, E. S., Siburian, C. H., Silalahi, B., Noradina, N., & Simarmata, E. R. (2023 Pengaruh Terapi Akupresur Terhadap Penurunan Kadar Gula Darah Pada Pasien DM Tipe II Di Poliklinik Rumah Sakit Umum Imelda Pekerja Indonesia Medan Tahun 2022. Jurnal Ilmiah Keperawatan IMELDA, 9(1), 82-90.

Lorensia, A., dan Suryadinata. 2018. Panduan Lengkap Penggunaan Macam-Macam Alat Inhaler pada Gangguan Pernafasan. Surabaya: M-Brothers Indonesia.

Manurung, R., dan Adriani, T. U. 2018. Pengaruh Pemberian Aromatherapi Jahe terhadap Penurunan Mual dan Muntah pada Pasien Kanker yang Menjalani Kemoterapi di Rumah Sakit Umum Imelda Pekerja Indonesia Medan Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda. 4(1) : 373-382.

Mulyaningsih, E., Maftuchah, M., & Windyarti, M. L. N. Z. (2022). Pengaruh Kombinasi Pijat Commoncold dan Aromaterpai Eucalyptus Terhadap Lama Penyembuhan Batuk Pilek Pada Balita Usia 4-5 Tahun di Puskesmas Keling II Jepara. National & International Scientific Proceeding of UNKAHA, 238-242.

Pambudi, R. S. (2022). Edukasi Pengobatan Swamedikasi Batuk Flu pada Anak. JOMPA ABDI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 66-70.

Pappas, D. E. (2018). The common cold. Principles and practice of pediatric infectious diseases, 199. 10.1016/B978-0-323-40181-4.00026-8

Ridwan, M., & Fibrila, F. (2022). Pelatihan Kombinasi Akupresur dan Pijat Untuk Mengatasi Batuk Pilek Pada Balita di Posyandu Kenanga Banjarrejo Batanghari Lampung Timur. Seandanan: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 16-23.

Riskesdas. (2018). Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar Nasional Tahun 2018. Jakarta: Kemenkes.

Taali, T., Mawardi, A., & Yanto, D. T. P. (2019). Pelatihan PLC dan Elektropneumatik untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru SMK Bidang Ketenagalistrikan: Pendekatan Revolusi Industri 4.0. JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), 5(2), 88-95.

Biografi Penulis

Kirana Ayu Setyowati, Universitas Mataram

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Kirana Ayu Setyowati, Ni Luh Ayu Sri Widyasari, Mahra Murniati Salam, Maulida Khalila Fitri, Nur Tahany Yustitia, Eskarani Tri Pratiwi

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).