Ecobrick Sebagai Solusi Penanggulangan Sampah Non-Organik Rumah Tangga di Lingkungan Sayo Baru

Penulis

Wisnu Pratama Nuruzzaman , Marianti Marianti , Agisniati Zain , Desi Rosmaya Putri , Mitha Amara , I Made Sukerta , Vira Heryanto , Putri Jauhar Prihatini , Rr. Devi Delima Swiswidayati , Joni Rokhmat

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i2.730

Diterbitkan:

2021-05-24

Terbitan:

Vol 4 No 2 (2021)

Kata Kunci:

Anorganik, Botol Bekas, Zero Waste, Sampah Plastik, Ecobrick

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Nuruzzaman, W. P., Marianti, M., Zain, A., Putri, D. R., Amara, M., Sukerta, I. M., … Rokhmat, J. (2021). Ecobrick Sebagai Solusi Penanggulangan Sampah Non-Organik Rumah Tangga di Lingkungan Sayo Baru. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.730

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Tujuan dari diadakannnya program kerja “Ecobrick†ini adalah untuk mengedukasi masyarakat bagaimana cara mengelola sampah di Lingkungan Sayo Baru. Permasalahan sampah (khususnya sampah anorganik) sampai saat ini menjadi masalah yang sangat krusial di masyarakat. Jika permasalahan terkait sampah di lingkungan tersebut tidak segera ditangani, maka banjir yang kerap kali terjadi di beberapa tempat di lingkungan Sayo Baru  tidak dapat teratasi, selain banjir sampah non organik yang berserakan juga mengurangi keindahan lingkungan Sayo Baru. Maka dari itu kami dari tim KKN Tematik Universitas Mataram mengajak masyarakat untuk lebih peduli lagi dalam hal bagaimana cara mengelola sampah non organik menjadi benda yang lebih bermanfaat. Dengan adanya program kerja ini, Mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram dapat membantu mengedukasi masyarakat tentang pentingnya mengelola sampah, mulai dari melakukan sosialisasi langsung di balai lingkungan dan pembagian brosur kepada masyarakat dan tentunya dapat mengurangi jumlah sampah harian di Lingkungan Sayo Baru, sehingga animo masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dari sampah anorganik menjadi lebih tinggi. Adapun hasil dari kegiatan ini adalah terciptanya tempat sampah dari sampah non organik serta masyarakat sekitar merespon dengan baik karena mereka tidak bingung untuk membuang sampah rumahan yang ada.

Referensi

Dedi, D., Rezagama, A., & Jatmiko, A. (2015), Analisis Ekonomi Lingkungan Terhadap Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPA) Jatibarang Kota Semarang, Jurnal Teknik Lingkungan.

Himawati, A. (2015) Meng_Ecobrick di Rumah Sendiri. Yogyakarta : Penerbit Kendi Aksara

Kumar S., Panda, A.K., dan Singh, R.K. (2011) A Review on Tertiary Recycling of High-Density Polyethylene to Fuel, Resources, Conservation and Recycling Vol. 55 893– 910.

Mujahiddin. 2015. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Upaya Pemberdayaan Masyarakat dalam Mengelola Sampah Anorganik di Bank Sampah Simpan Jadi Mas. Jurnal Keskap Fisip, 13(1): 305-331.

Pavani, P., & Rajeswari, T. R. (n.d.). National Seminar on Impact of Toxic Metals, Minerals and Solvents leading to Environmental Pollution-2014 Journal of Chemical and Pharmaceutical Sciences IMPACT OF PLASTICS ON ENVIRONMENTAL POLLUTION. Retrieved from www.jchps.com

Sahil, J., Henie, M., Al, I., Rohman, F., & Syamsuri, I. (2016). Sistem Pengelolaan dan Upaya Penanggulangan Sampah Di Kelurahan Dufa- Dufa Kota Ternate. BIOeduKASI, 4(2), 478–487.

Sahwan, F.L., Martono, D.H., Wahyono, S., Wisoyodharmo, L.A. (2005) Sistem Pengolahan Limbah Plastik di Indonesia, Jurnal Teknik Lingkungan BPPT 6 (1), halaman 311 – 318.

Solikhah, N. H., Hidayat, A. S., & Ardian, A. A. N. (2016). Dampak Keberadaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) terhadap Kondisi Sosial Masyarakat Dusun Ngablak, Desa Sitimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, 1–8.

Suminto, S. (2017). Ecobrick : Solusi Cerdas dan Kreatif untuk Mengatasi Sampah Plastik, 3(1),26–35.

Biografi Penulis

Wisnu Pratama Nuruzzaman, Universitas Mataram

Joni Rokhmat, University of Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).