Implementasi Program Kerja Kampus Mengajar Dalam Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Adaptasi Teknologi Peserta Didik Di SMP Satu Atap 1 Lembar
DOI:
10.29303/jpmpi.v7i1.7316Diterbitkan:
2024-03-24Terbitan:
Vol 7 No 1 (2024): Januari - MaretKata Kunci:
Teaching Campus; Technology Adaptation; Canva Application.Artikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
The campus teaching program is one of the programs organized by the Ministry of Education and Culture which provides opportunities for all students throughout Indonesia to teach in junior high schools, one of which is One Roof 1 Sheet Middle School which is located in West Lombok district, NTB province. One of the goals of the Class 6 campus teaching program is to help schools adapt to technology. The activity methods used are material presentation, practice, mentoring and evaluation. The result of this program is that students have broader knowledge regarding the Canva application.
Referensi
Anugrah, T. M. F. (2021). Implementasi pelaksanaan program kampus mengajar angkatan 1 terdampak pandemi covid-19. Akselerasi: Jurnal Ilmiah Nasional, 3(3), 38-47
Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210- 219
Isnaini, K. N., Sulistiyani, D. F., & Putri, Z. R. K. (2021). Pelatihan desain menggunakan aplikasi canva. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 291-295.
Jayanti, N. S. D., Nurrohmah, A., & Ermayani, T. (2022). Adaptasi Teknologi Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 Sebagai Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan II di SD Negeri Pantirejo 1 Kabupaten Sragen. Manggali, 2(1), 97-106.
Ngongo, V. L., Hidayat, T., & Wiyanto, W. (2019). Pendidikan Di Era Digital. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Purwasi, L. A., & Refianti, R. (2022). Workshop Penggunaan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kompetensi Para Guru Sekolah Dasar. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 3(3), 320-332.
Sari, R. K., Hamzah, I., Wijaya, S. M., & Ikbarfikri, A. M. (2023). Pelatihan Canva sebagai Media Pembelajaran di SMA N 5 Metro. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(2), 208-213.
Saputri, D. Y., Waluyo, R., & Azis, A. (2023). Pelatihan Desai Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Kepada Siswa SD Negeri 1 Sumberagung Boyolali. Nusantara Hasana Journal, 3(5), 1-6.
Shabrina, Livia Mutiara. (2022). “Kegiatan Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi Dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar.†Jurnal Basicedu 6(1):916– 24.
Simbolon, R. W., Siallagan, S., Munte, E. D., & Barus, B. (2022). Desain Poster Menarik Memanfaatkan Canva. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 448-456.
Wijaya, N., Irsyad, H., & Taqwiym, A. (2022). Pelatihan pemanfaatan canva dalam mendesain poster. FORDICATE, 1(2), 192-199.
Yuniarti, H. 2009. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insani Mad
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Mariam Ulfa, Dewa Ayu Dwik Dela Puspita, Siti Masyitah Azzahra, I Wayan Gunada, Putu Nita Nugraha Dewi, Safira Ziaratul Sani, Andri Sulitiawan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).