Vol 7 No 1 (2024): Januari - Maret
Akses Terbuka
Peer Reviewed

Implementasi Program Kerja Kampus Mengajar Dalam Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Adaptasi Teknologi Peserta Didik Di SMP Satu Atap 1 Lembar

Penulis

Mariam Ulfa , Dewa Ayu Dwik Dela Puspita , Siti Masyitah Azzahra , I Wayan Gunada , Putu Nita Nugraha Dewi , Safira Ziaratul Sani , Andri Sulitiawan

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i1.7316

Diterbitkan:

2024-03-24

Unduhan

Abstrak

The campus teaching program is one of the programs organized by the Ministry of Education and Culture which provides opportunities for all students throughout Indonesia to teach in junior high schools, one of which is One Roof 1 Sheet Middle School which is located in West Lombok district, NTB province. One of the goals of the Class 6 campus teaching program is to help schools adapt to technology. The activity methods used are material presentation, practice, mentoring and evaluation. The result of this program is that students have broader knowledge regarding the Canva application.

Kata Kunci:

Teaching Campus; Technology Adaptation; Canva Application.

Referensi

Anugrah, T. M. F. (2021). Implementasi pelaksanaan program kampus mengajar angkatan 1 terdampak pandemi covid-19. Akselerasi: Jurnal Ilmiah Nasional, 3(3), 38-47

Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210- 219

Isnaini, K. N., Sulistiyani, D. F., & Putri, Z. R. K. (2021). Pelatihan desain menggunakan aplikasi canva. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 291-295.

Jayanti, N. S. D., Nurrohmah, A., & Ermayani, T. (2022). Adaptasi Teknologi Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 Sebagai Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan II di SD Negeri Pantirejo 1 Kabupaten Sragen. Manggali, 2(1), 97-106.

Ngongo, V. L., Hidayat, T., & Wiyanto, W. (2019). Pendidikan Di Era Digital. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Purwasi, L. A., & Refianti, R. (2022). Workshop Penggunaan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kompetensi Para Guru Sekolah Dasar. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 3(3), 320-332.

Sari, R. K., Hamzah, I., Wijaya, S. M., & Ikbarfikri, A. M. (2023). Pelatihan Canva sebagai Media Pembelajaran di SMA N 5 Metro. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(2), 208-213.

Saputri, D. Y., Waluyo, R., & Azis, A. (2023). Pelatihan Desai Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Kepada Siswa SD Negeri 1 Sumberagung Boyolali. Nusantara Hasana Journal, 3(5), 1-6.

Shabrina, Livia Mutiara. (2022). “Kegiatan Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi Dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar.†Jurnal Basicedu 6(1):916– 24.

Simbolon, R. W., Siallagan, S., Munte, E. D., & Barus, B. (2022). Desain Poster Menarik Memanfaatkan Canva. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 448-456.

Wijaya, N., Irsyad, H., & Taqwiym, A. (2022). Pelatihan pemanfaatan canva dalam mendesain poster. FORDICATE, 1(2), 192-199.

Yuniarti, H. 2009. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insani Mad

Cara Mengutip

Ulfa, M. ., Puspita, D. A. D. D. ., Azzahra, S. M. ., Gunada, I. W. ., Dewi, P. N. N. ., Sani, S. Z. ., & Sulitiawan, A. . (2024). Implementasi Program Kerja Kampus Mengajar Dalam Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Adaptasi Teknologi Peserta Didik Di SMP Satu Atap 1 Lembar. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(1), 304–308. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i1.7316