Implementasi Program Pembelajaran Di Luar Kelas Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMAN 1 Labuapi

Penulis

Ahmad Raksun , Sukmayanti , Falya Aura Fadhillah , Eva Anggraini

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i1.7320

Diterbitkan:

2024-02-27

Terbitan:

Vol 7 No 1 (2024): Januari - Maret

Kata Kunci:

Pembelajaran di luar kelas ; Literasi sains

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Raksun, A. ., Sukmayanti, Fadhillah, F. A. ., & Anggraini, E. . (2024). Implementasi Program Pembelajaran Di Luar Kelas Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMAN 1 Labuapi. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(1), 55–58. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i1.7320

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru umumnya berlangsung di dalam kelas. Pada kegiatan ini kami mencoba melakukan inovasi pembelajaran dengan melakukan kegiatan pembelajaran diluar kelas dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.  Pada kegiatan ini, sekolah yang digunakan adalah jenjang sekolah menengah atas dengan metode pelaksanaan kegiatan melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan, persiapan dan evaluasi. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran di luar kelas dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dapat memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran. Terlebih lagi, kondisi sekolah sangat mendukung yakni terdapat banyak tumbuhan yang di tanam di lingkungan sekolah. Kegiatan tersebut  juga dapat meningkatkan daya literasi siswa melaui pengamatan lingkungan sekolah dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Referensi

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Buku panduan merdeka belajar – kampus merdeka (1st ed.). Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Hidayani, F., Rusilowati, A., & Masturi. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Sains Materi Fluida Statis. Unnes Physics Education Journal, 5(3), 25-31.

Suherdiyanto. (2014). Penerapan Metode Pembelajaran Di Luar Kelas (Out Door Study) Dalam materi Permasalahan Lingkungan dan Upaya Penanggulangannya Pada Siswa MTS Al-Ikhlas Kuala Mandor B. Jurnal Pendidikan Sosial, 1(1), 95-108.

Suwanti, V., Suastika, I. K., Ferdiani, R. D., Harianto, W., & Ketut Suastika, I. (2022). Analisis Dampak Implementasi Program Mbkm Kampus Mengajar Pada Persepsi Mahasiswa. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(3), 814-822.

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum merdeka belajar kampus merdeka: Sebuah kajian literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185-201.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).