Pendampingan Penentuan Penyebab Masalah Pada Mahasiswa PPG Dalam Jabatan
DOI:
10.29303/jpmpi.v7i1.7430Diterbitkan:
2024-03-25Terbitan:
Vol 7 No 1 (2024): Januari - MaretKata Kunci:
Pendampingan, PPG Dalam JabatanArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan (Daljab) merupakan program pendidikan untuk guru dalam jabatan dalam rangka memenuhi persyaratan guru profesional. Tujuan kegiatan ini mendampingi mahasiswa PPG Dalam Jabatan pada penentuan penyebab masalah dan masalah terpilih yang akan diselesaikan dalam pembelajaran inovatif. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah metode diskusi dan tanya jawab. Hasil penentuan penyebab masalah menunjukkan, sebagian besar mahasiswa memilih model dan metode pembelajaran yang digunakan guru kurang inovatif atau kurang menarik, beberapa mahasiswa memilih media yang digunakan guru kurang menarik dan sebagian kecil mahasiswa memilih pembelajaran tidak berbasis high order thinking skill (HOTS). Penentuan masalah yang akan diselesaikan menunjukkan sebagian besar mahasiswa memilih rendahnya motivasi belajar peserta didik dan beberapa memilih rendahnya hasil belajar peserta didik. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah akar penyebab masalah yang ditentukan oleh sebagian besar mahasiswa cenderung berasal dari guru, sedangkan masalah yang terpilih untuk diselesaikan merupakan dampak dari pembelajaran yang dilakukan guru di kelas
Referensi
Adnan, A., Muharram, M., & Jihadi, A. (2019). Pengembangan e-book biologi berbasis konstruktivistik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMA Kelas XI. Indonesian Journal of Educational Studies, 22(2), 112-119.
Darniyanti, Y., & Saputra, A. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa SDN 04 Sitiung. Consilium: Education and Counseling Journal, 1(2), 193-205.
Dito, S. B., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak Revolusi Industri 4.0 Pada Sektor Pendidikan: Kajian Literatur Mengenai Digital Learning Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(2), 59–65. https://doi.org/10.24246/juses.v4i2p59-65
Harta, J. Rasuh, N. T., & Seriang, A. (2020). Using HOTS-Based Chemistry National Exam Questions to Map the Analytical Abilities of Senior High School Students. Journal of Science Learning, 3(3), 143–148. https://doi.org/10.17509/jsl.v3i3.22387
Mardhiyah, R.H., Aldriani, S.N.F., Chitta,F.& Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia.Lectura:JurnalPendidikan,12(1),29–40. https://kns.cnki.net/kcms/detail/11.1991.n.20210906.1730.014.html
Nasral, & Meliandika, R. (2022). Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) dengan Media Animasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa di SMAN I Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 672–683.
Hasanah, Z., Pada, A. U. T., Safrida, Artika, W., & Mudatsir. (2021).Implementasi Model Problem Based Learning Dipadu LKPD Berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 9(1), 65–75. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18134
Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan hasil belajar biologi melalui e-modul berbasis problem based learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17-32.
Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan 2023
Rahmawati, R. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA N 1 Piyungan Pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 5(4), 326-336.
Ramdiah, S. Royani, M., Malang, U. M., & Kleij, D. (2019). Understanding, Planning,and Implementation of HOTS by Senior High School Biology Teachers in Banjarmasin Indonesia. International Journal of Instruction, 12(1), 425–440.
Setyoko, Indriaty, & Wibowo, T. H. (2019). Efektifitas Bahan Ajar Ekologi Hewan Berbasis Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pendidikan Biologi. BIOEDUKASI Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Metro, 10(2), 133–139.
Susantini, E. (2021, October). Ide-ide Pembelajaran Biologi yang Dapat Melatih Higher Order Thinking Skills/HOTS. In Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) (pp. 28-38).
Undang-undang Republik Indonesia No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Kusmiyati
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).