Pelatihan Penggunaan Alat AL Sintan Pertanian Cultivator Di Petani Labuhanbatu Desa Kampung Baru

Penulis

Zelvin Anggana , Yusmaidar Sepriani , Widya Lestari , Khairul Rizal

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i1.7432

Diterbitkan:

2024-04-26

Terbitan:

Vol 7 No 1 (2024): Januari - Maret

Kata Kunci:

Penggunaan alat al-sintan cultivator, Petani

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Anggana, Z., Sepriani, Y., Lestari, W., & Rizal, K. (2024). Pelatihan Penggunaan Alat AL Sintan Pertanian Cultivator Di Petani Labuhanbatu Desa Kampung Baru . Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i1.7432

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Cultivator adalah bagian dari mesin dan peralatan pertanian yang digunakan untuk mengolah tanah sekunder. pengabdian ini bertujuan untuk memberikan informasi penggunaan alat pertanian al-sintan Cultivator terhadap masyarakat. Strategi implementasi yang digunakan dalam layanan ini adalah metodologi tradisional, satu-satu. Dalam pemaparan teori mengenai instrumen al-sintan pertanian Culltivator menggunakan metode klasik. Sedangkan pendekatan individual dilakukan saat pelatihan. Adapun penjelasan tahapan pelaksanaan pengabdian sebagai berikut; Identifikasi masalah, Penyusunan rencana kegiatan, Pelatihan dan penyuluhan, Demontrasi lapangan.

Referensi

Aldillah, R. (2016). DALAM UPAYA PERCEPATAN PRODUKSI PANGAN DI INDONESIA Agricultural Mechanization and Its Implications for Food Production Acceleration in Indonesia. Wijanto 2002, 163–177.

Anggraini, Y. (2019). Pengaruh Kecepatan Putaran Pisau dan Jenis Mata Pisau Terhadap Kinerja Mesin Mini Cultivator Modifikasi pada Proses Pendangiran [skripsi].Universitas Sriwijaya: Palembang.

Fangohoi, L., Womsiwor, I., & Kara, E. G. (2021). Pengoprasionalan Cultivaltor di Kampung Kobrey Distrik Ransiki dalam Peningkatan Kompetensi Petani. 76–82.

Kecamatan, D. I., Kabupaten, S., & Moutong, P. (n.d.). No Title. 1, 72–78.

Kinerja, U. J. I., Pengolahan, A., & Sekunder, T. (2021). Skripsi uji kinerja alat pengolahan tanah sekunder ( cultivator quick tipe cakar baja) untuk lahan kering.

Lovita. 2009.Analisis Beban Kerja Pada Pembuatan Guludan Di Lahan Kering. Insitut Pertanian Bogor: Bogor

Mayrowani, Henny. 2012. Pengembangan Pertanian Organik Di Indonesia. Litbang Pertanian. 18 januari 2016. Hal 15. http://pse.litbang.pertanian.go.id[28 Juni 2012]

Prihatiningtyas, S., Fahimah, M., Qomariah, U. K. N., Ulla, L., Yuliani, S. F., & Khotimah, K. (2023). Revitalisasi Pertanian Berkelanjutan Kelompok Tani Kabupaten Jombang: Penerapan Alat Penabur Pupuk Semi Otomatis. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 296–308. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v6i2.16598

Ritanty, O. (2020). Olivia Ritanty 05021181621018.

Rizaldi, T. 2016. Mesin Peralatan. Universitas Sumatera Utara: Sumatera.

Biografi Penulis

Zelvin Anggana, Universitas Labuhanbatu

Program Studi Agroteknologi Fakultas Sains Dan Teknologi

Yusmaidar Sepriani, Universitas Labuhanbatu

Program Studi Agroteknologi Fakultas Sains Dan Teknologi

Widya Lestari, Universitas Labuhanbatu

Program Studi Agroteknologi Faklutas Sains Dan Teknologi

Khairul Rizal, Universitas Labuhanbatu

Program Studi Agroteknologi Fakultas Sains Dan Teknologi

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Zelvin Anggana, Yusmaidar Sepriani, Widya Lestari, Khairul Rizal

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).