Peranan Mahasiswa Asistensi Mengajar Dalam Kegiatan Intrakurikuler Pada Mata Pelajaran Biologi di SMA 1 Narmada

Penulis

Sopiatuzza’rah , Rosa Nurhidayati , Rizki Dewi Sativa Lestari Arifin , Lalu Japa , Ismawan Hariadi , Mei Hartiwi

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i1.7439

Diterbitkan:

2024-04-27

Terbitan:

Vol 7 No 1 (2024): Januari - Maret

Kata Kunci:

Asistensi mengajar, kooperatif tipe two stay two stray (TSTS).

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Sopiatuzza’rah, Nurhidayati, R., Arifin, R. D. S. L., Japa, L., Hariadi, I., & Hartiwi, M. (2024). Peranan Mahasiswa Asistensi Mengajar Dalam Kegiatan Intrakurikuler Pada Mata Pelajaran Biologi di SMA 1 Narmada. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(1), 225–231. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i1.7439

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Asistensi mengajar adalah kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa untuk mendukung peningkatan kualitas pembelajaran di dalam dan di luar kelas melalui pemanfaatan dan pengembangan media teknologi informasi. Program ini dikelola oleh Universitas Mataram untuk memberikan pengalaman di luar kampus kepada mahasiswa, terkait pengembangan diri melalui kegiatan di luar perkuliahan. Tujuan utama program ini adalah memberikan solusi bagi satuan pendidikan dasar, menengah, dan atas untuk meningkatkan mutu pendidikan secara menyeluruh dengan memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam berbagai bidang ilmu. Selama pelaksanaan kegiatan asistensi mengajar, mahasiswa ikut berpartisipasi aktif dalam berbagai program yang dilaksanakan di SMAN 1 Narmada baik akademik dan non akademik. Dalam kegiatan akademik, mahasiswa mendampingi guru dalam pembelajaran kooperatif  tipe two stay two stray (TSTS). Pada kegiatan pembelajaran tipe two stay two stray (TSTS) siswa diminta untuk menscan barcode tentang materi dan soal yang berbeda antara kelompok yang satu dengan kelompok lain. Selanjutnya siswa berdiskusi dalam kelompok masing-masing dan mempresentasikan hasilnya. Terjadi peningkatan hasil ujian pretest dan posttest sebesar 20% (dari 65% menjadi 85%). Pembelajaran dengan melalui tipe two stay two stray (TSTS) efektif  meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Referensi

Azizah, N. & Alberida, H. 2021. Seperti Apa Permasalahan Pembelajaran Biologi Pada Siswa SMA. Journal For Lesson and Learning Studies, 4(3), 388-395.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Buku panduan merdeka belajar kampus merdeka (1st ed.). Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Hasanah, Z. & Himami, A.S. 2021. Model Pembelajaran Kooperatif dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(1), 1-13.

Herianto, E., Setyadi, D., Sumardi, L., & Adhar. 2023. Laboratorium Pengembangan Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran (LPPTP). Buku Pedoman Pelaksanaan Asistensi Mengajar Mandiri. FKIP Universitas Mataram.

Istiqomah, U., & Hadis, A. 2023. Analisis Kontribusi Program BKP Asistensi Mengajar MBKM Mandiri di SLB YPAC Makassar. Jurnal Metafora Pendidikan (JMP), 1(2), 121-132.

Izwar & Nurlaili. 2017. Pengembangan Model Two Stay Two Stray (TSTS) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMA Sederajat di Kabupaten Aceh Jaya. Prosiding SEMDI UNAYA, 1(1), 246-254.

Kirom, A. 2017. Peran Guru dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 69-80.

Lie, A. 2008. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning diRuang-ruang Kelas. Jakarta: PT Grasindo.

Nurkholis. 2013. Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24-43.

Nurmalasari, N., & Wulandari, D. 2018. Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Tingkat Prestasi Siswa SMPN Satu Atap Pakisjaya Karawang. JTIK (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer), 3(2), 211-218.

Sitasih, H. 2015. Model-model Pembelajaran dan Pemerolehan Bahasa Kedua/Asing. Jurnal Pujangga, 1(2), 241-247.

Sundari, H. 2015. Model-Model Pembelajaran dan Pemerolehan Bahasa Kedua/Asing. Jurnal Pujangga, 1(2), 106-116.

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. 2022. Kurikulum merdeka belajar kampus merdeka: Sebuah kajian literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185-201.

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Sopiatuzza’rah, Rosa Nurhidayati, Rizki Dewi Sativa Lestari Arifin, Lalu Japa, Ismawan Hariadi, Mei Hartiwi

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).