Keunggulan Berkelanjutan Pemasaran Gaharu Melalui Sinergi Riset dan Edukasi Kerjasama Universitas Mataram dan CSEAS Kyoto University Jepang

Penulis

Mamika Ujianita Romdhini , Tri Mulyaningsih , Michiho Ito , Masayuki Yanagisawa , Fujiwara Yumi , Kurniasih Sukenti , Anggit Listyacahyani Sunarwidhi , Ernin Hidayati , Nur Indah Julisaniah

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i2.7454

Diterbitkan:

2024-06-08

Terbitan:

Vol 7 No 2 (2024): April-Juni

Kata Kunci:

pemasaran, gaharu, Lombok

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Romdhini, M. U., Mulyaningsih, T., Ito, M., Yanagisawa, M., Yumi, F., Sukenti, K., … Julisaniah, N. I. (2024). Keunggulan Berkelanjutan Pemasaran Gaharu Melalui Sinergi Riset dan Edukasi Kerjasama Universitas Mataram dan CSEAS Kyoto University Jepang. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(2), 416–420. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i2.7454

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Harga pasar gaharu yang tinggi sangat berpengaruh pada pemasaran gaharu. Perdagangan ini secara bertahap menimbulkan ancaman terhadap populasi gaharu di alam liar. Diperlukan identifikasi spesies, klasifikasi, dan penelitian yang akurat untuk memastikan budidaya dan perdagangan gaharu yang berkelanjutan. Pengabdian ini bertujuan untuk mengedukasi para pelaku industri gaharu di Pulau Lombok mengenai status terkini populasi spesies penghasil gaharu liar, termasuk dinamika perdagangan gaharu global secara keseluruhan. Edukasi yang dilakukan menggunakan pendekatan praktis dan konseptual dengan metode Focus Group Discussion (FGD) kerjasama FMIPA Universitas Mataram dan CSEAS Kyoto University, Jepang. Lokasi pengabdian yang dipilih adalah di Desa Orong, Desa Pusuk, dan Ampenan. Tim Pengabdian kepada Masyarakat telah melakukan edukasi agar khalayak sasaran memiliki peningkatan pengetahuan standarisasi kualitas gubal gaharu dalam rangka menjaga keberlanjutan pemasaran gaharu ke pasar internasional, serta usaha-usaha menjaga kelestarian pohon gaharu di Pulau Lombok

Referensi

Akter, S., Islam, M. T., Zulkefeli, M., dan Khan, S. I. (2013). Agarwood Production- A Multidisciplinary Field To Be Explored In Bangladesh. International Journal of Pharmaceutical and Life Sciences, 2(1): 22-32.

Al Hasan, R. dan Wahyuni, R. (2019). Potret Pembudidayaan Gaharu di Lombok Utara. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers ”Pengembangan Sumber Daya Perdesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan IX” 19-20 November 2019. Purwokerto.

Jensen, A. 2009. Valuation of non-timber forest products value chains. Forest Policy & Economics, 1-21.

Mulyaningsih, T. (2021). Paradigma Tradisional dalam Pendayagunaan Gaharu di Jepang. Nas Media Pustaka: Yogyakarta.

Romdhini, M. U., Fitriyani, N., Kurnia, A. Baskara, I. K. A., Ito, M., Yamada, I., Hadi, S., dan Mulyaningsih, T. (2019). Sustainability Strategy of Agarwood-Production Trees in Lombok Island using Harvesting Matrix. Journal of Physics: Conference Series, 374 (012012): 1-9.

Wyn, L. T. dan Anak, N. A. (2010). For The Trees: A Review Of The Agarwood (Gaharu) Trade In Malaysia. TRAFFIC Southeast Asia: Selangor, Malaysia.

Xie, Z-Q., Xu, J-Y., Rafiq, M, dan Cheng, C-S. (2024). An analysis of agarwood trade patterns, historical perspectives, and species identification challenges: repercussions for importing nations, TMR Modern Herbal Medicine, 7(1), 1-10.

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Mamika Ujianita Romdhini, Tri Mulyaningsih, Michiho Ito, Masayuki Yanagisawa, Fujiwara Yumi, Kurniasih Sukenti, Anggit Listyacahyani Sunarwidhi , Ernin Hidayati, Nur Indah Julisaniah

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).