Implementasi Literasi Digital Kelompok Tani Pengolah Nira Aren di Lingkungan Majemuk Desa Giri Madia, Lombok Barat

Penulis

Kurniawan Yuniarto , Mi’raj Fuadi , Khaerul Azhar , Lukman Hakim , Fitrah Sugiarto

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i1.7589

Diterbitkan:

2024-03-24

Terbitan:

Vol 7 No 1 (2024): Januari - Maret

Kata Kunci:

canva, coaching clinic, desain, digital, partisipatif

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Yuniarto, K., Fuadi, M., Azhar, K., Hakim, L., & Sugiarto, F. (2024). Implementasi Literasi Digital Kelompok Tani Pengolah Nira Aren di Lingkungan Majemuk Desa Giri Madia, Lombok Barat . Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(1), 235–242. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i1.7589

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Literasi digital memiliki peran strategis dalam meningkatkan nilai ekonomis dan sosial untuk petani muda Giri Madia, Lingsar, Lombok Barat Pengabdian ini memiliki tujuan untuk mengenalkan pemanfaatan akses digital dalam mengelola dan memasarkan produk aren di desa Giri Madia. Pelaksanaan pengabdian melalui partisipasi aktif petani muda dalam mengikuti alih pengetahuan dan praktik dalam: 1) coaching internet marketing; 2) pendampingan pembuatan sistem informasi pertanian dan 3) coaching pembuatan label. Berdasarkan hasil partisipatif coaching clinic digital marketing terungkap bahwa strategi pemasaran lewat platform media sosial tidak cukup membantu untuk akses pasar. Eksplorasi pesan dan informasi produk dalam digital marketing belum cukup dipahami sebelum coaching clinic. Setelah tahapan coaching clinic dan praktik desain promosi, para peserta dapat melakukan ekspreksi desain leaflet digital menggunakan “canva” lebih atraktif dan informatif. Aspek literasi digital sistem informasi pertanian memberikan pencerahan akan implementasi sistem stok dan telusur melalui aplikasi web service. Secara keseluruhan, coaching clinic memberikan partisipasi yang proaktif membangkitkan daya kreasi dan kesiapan dalam memasuki pasar digital para petani muda gula aren di Giri Madia.

Referensi

Baginda, R.H, Priyanto, H., Anra, H. 2018. “Aplikasi Basis Data Varietas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalimantan Barat.” Teknik Informatika 3(3):1–6.

Fatriani, Sunardi, Prayudi, F. N. 2012. Pengaruh Umur Pohon Aren (Arenga pinnata Merr) Terhadap Produksi Nira di Desa Pulantan Kecamatan Awayan Kabupaten Balangan Provinsi Kalimantan Selatan. Jurnal Hutan Tropis, 13(1):11–17.

Mahardika, S., Nugraha, A.L., Awaluddin, M. 2015. “Evaluasi Ruang Terbuka Hijau Terhadap Pertumbuhan Penduduk Berbasis Spasial di Kabupaten Kudus.” Jurnal Geodesi Undip 4(3):35–45.

Natawijaya, D., Suhartono., Undang. 2018. “Analisis Rendemen Nira dan Kualitas Gula Aren (Arenga pinnata Merr.) di Kabupaten Tasikmalaya.” Agroforestri Indonesia 1(1):57–64.

Nurrahmawati, A., Nugraha, L., & Firdaus, H.S. 2019. “Visualisasi Peta Wisata dan Fasilitas Penunjang di Kabupaten Temanggung Menggunakan Aplikasi Carrymap dan ArcGIS Online (Studi Kasus: Posong, Pikatan Water Park, Taman Kartini Kowangan).” Jurnal Geodesi Undip 8(1):113–122.

Rosita, A. 2007. “Pemanfaatan GIS untuk E-Agriculture dalam Rangka Mengatur Keseimbangan Produksi Tanaman Hortikultura.” Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi: Bandung.

Suryamen., Hsb, H. 2017. “Pembangunan Sistem Informasi Komoditi Berbasis WebGIS untuk Pertanian, Perkebunan, dan Kehutanan Daerah Tanjung Raya Maninjau.” Seminar Nasional Sains dan Teknologi November, 1–7: Sumatra Barat.

Wibowo, K.M., Indra, K., & Jumadi, J. 2015. “Sistem Informasi Geografis (SIG) Menentukan Lokasi Pertambangan Batu Bara di Provinsi Bengkulu Berbasis Website.” Jurnal Media Infotama 11(1):51–60.

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Kurniawan Yuniarto, Mi’raj Fuadi, Khaerul Azhar, Lukman Hakim, Fitrah Sugiarto

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).