Penanaman Bibit Pohon Dalam Upaya Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Desa Paok Pampang Tentang Penghijauan Lingkungan

Penulis

Ahmad Jupri , Silviana Umami , Muhammad Yunus , Fadli , Tapaul Rozi , Eka Sunarwidi

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i1.7592

Diterbitkan:

2024-03-24

Terbitan:

Vol 7 No 1 (2024): Januari - Maret

Kata Kunci:

Penanaman Bibit Pohon, Manfaat Penghijauan Lingkungan, Desa Paok Pampang.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Ahmad Jupri, Silviana Umami, Muhammad Yunus, Fadli, Tapaul Rozi, & Eka Sunarwidi. (2024). Penanaman Bibit Pohon Dalam Upaya Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Desa Paok Pampang Tentang Penghijauan Lingkungan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(1), 287–293. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i1.7592

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Desa Paok Pampang merupakan hasil pemekaran dari Desa Dasan Lekong pada tahun 2010. Desa ini terletak di Kecamatan Sukamulia, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Desa Paok  Pampang  memiliki potensi dan  komoditas  unggulan  berupa  pertanian, perkebunan, dan peternakan yang menjadi sumber mata pencaharian masyarakat setempat. Meskipun 90% masyarakat Desa Paok Pampang fokus pada mata pencaharian di bidang pertanian, namun desa ini masih membutuhkan penghijauan lingkungan untuk menjaga kestabilan lingkungan. Selain itu, penghijauan lingkungan juga merupakan kelanjutan dari program kerja KKN PMD Unram periode Juni – Agustus 2023. Penghijauan lingkungan memegang peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan memberikan dampak positif pada kualitas hidup manusia. Salah satu langkah konkret untuk mewujudkan penghijauan adalah melalui penanaman bibit pohon. Kegiatan  ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Desa Paok Pampang terhadap pentingnya penghijauan lingkungan melalui penanaman bibit pohon sebagai upaya edukasi. Metode penelitian ini melibatkan observasi langsung dengan melaksanakan pengamatan di tempat kegiatan. Pengumpulan data sebelum kegiatan dikumpulkan melalui metode wawancara dengan kepala desa, sekretaris desa, dan beberapa kepala dusun Desa Paok Pampang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman bibit pohon efektif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kestabilan maupun kelestarian lingkungan. Temuan ini dapat menjadi kontribusi pemahaman lebih lanjut tentang peran masyarakat dalam pelestarian lingkungan.

Referensi

Holilah, dkk. (2022). Membangun Karakter Peduli Lingkungan Melalui Penanaman Pohon Sebagai Penghijauan Lingkungan Di Desa Bolang Kecamatan Lebakwangi. Jurnal Pengabdian Dinamika, 9 (2), 50 – 53

Januarius, T. J., Wulandari, I., Triantoro, M., Saputra, P. E., Aprilia, R., Anjarwati, S. D., ... & Sari, W. P. (2023). Penghijauan Dengan Penanaman 3200 Pohon Buah di Desa Sidokaton Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus. Khidmah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(01), 5-8.

Mukson, M., Ubaedillah, U., & Wahid, F. S. (2021). Penanaman pohon sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang penghijauan lingkungan. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 1(02).

Nita, Y., Nastiti, R., Ananta, A., & Nurhaliza, N. (2023). Penanaman Pohon Pelindung sebagai Upaya Penghijauan Lingkungan. ADMA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 111-116.

Nurdiansyah, N., Alvino, L., Meilisan, D., Manurung, A. R. S., Nurhaliza, N., Putri, I. H., ... & Saputri, R. (2022). Penghijauan Lingkungan Melalui Pembagian 1000 Bibit Tanaman kepada Masyarakat Desa Pulau Rengas. Maspul Journal Of Community Empowerment, 4(2), 255-262.

Ramadhan, Alwah, Milleno Yanuar, dkk. (2021). Penghijauan Lingkungan Bersama Anak Remaja Karang Taruna Nirdadi Di Rt 07 Rw 08 Griya Serpong Asri. Jurnal.umj.ac.id, E-ISSN: 2714-6286, 1-3

Rizani, A., Gunawan, M. R., Darisah, D., Wulandari, L. A., Afriliana, S., Martesis, S., ... & Sinaga, F. I. P. (2022). Penanaman Bibit Pohon Dan Buah-Buahan Sebagai Aksi Peduli Lingkungan Di Masyarakat. Majalah Ilmiah KKN Tematik LPPM UPR, 3(3).

Sudarsono, B. (2016). Penghijauan Lingkungan Sebagai Upaya Pelestarian Hutan dan Ekosistem. Jurnal Penelitian Hutan dan Konservasi Alam, 13(2), 89-98.

Supriyadi, A., & Hidayat, S. (2017). Peranan Penanaman Pohon dalam Menjaga Keseimbangan Lingkungan. Jurnal Ilmiah Kehutanan, 11(2), 123-134.

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Ahmad Jupri, Silviana Umami, Muhammad Yunus, Fadli, Tapaul Rozi, Eka Sunarwidi

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).