Sosialisasi Pembuatan Pakan Kepiting Berbahan Dasar Ikan Rucah di Dusun Madak Belek, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat

Penulis

Wastu Ayu Diamahesa , Sapto Andriyono , Adriana Monica Sahidu , Muhammad Amin , Bagus Dwi Hari Setyono , Rangga Idris Affandi , Alief Erwanda Panosa , Damai Diniariwisan , Nuri Muahiddah

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i2.7619

Diterbitkan:

2024-06-07

Terbitan:

Vol 7 No 2 (2024): April-Juni

Kata Kunci:

Pakan Buatan, Kepiting Bakau, Ikan Rucah, Pemberdayaan Masyarakat, Tepung Ikan

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Diamahesa, W. A., Andriyono, S., Sahidu, A. M., Amin, M., Setyono, B. D. H., Affandi, R. I., … Muahiddah, N. (2024). Sosialisasi Pembuatan Pakan Kepiting Berbahan Dasar Ikan Rucah di Dusun Madak Belek, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat . Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(2), 393–397. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i2.7619

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Pembangunan sektor perikanan memiliki peran krusial dalam memperkuat ekonomi lokal dan meningkatkan ketahanan pangan di banyak wilayah, termasuk Desa Sekotong. Budidaya kepiting Bakau (Scylla serrata) telah menjadi salah satu kegiatan utama yang berpotensi meningkatkan pendapatan masyarakat di Desa Sekotong. Pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan dan sosialisasi telah terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang budidaya perairan. Namun, sejauh ini, program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan sebelumnya masih terfokus pada pemberian pakan alami dan teknologi budidaya lainnya, belum menyentuh aspek pembuatan pakan berbasis tepung ikan rucah. Dalam konteks ini, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada pembudidaya kepiting Bakau mengenai pembuatan pakan berbasis ikan rucah serta pemanfaatannya dalam budidaya kepiting. Metode yang digunakan adalah melalui serangkaian pelatihan, workshop, demonstrasi praktis, dan monitoring serta evaluasi. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan dan keterampilan peserta terkait dengan pembuatan pakan kepiting berbasis ikan rucah. Program ini memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat Desa Sekotong dalam meningkatkan pendapatan mereka melalui peningkatan produksi dan kualitas budidaya kepiting Bakau. Selain itu, melalui keterlibatan mahasiswa dan dosen dari perguruan tinggi, program ini juga memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang budidaya perairan. Kesimpulannya, kegiatan pengabdian ini berhasil memberikan dampak positif bagi pembudidaya kepiting Bakau di Desa Sekotong. Evaluasi berkala dan kerjasama antara berbagai pihak diharapkan dapat memastikan berlanjutnya keberhasilan program ini dalam jangka panjang.

 

 

Referensi

Budi, S., Karim, M. Y., Trijuno, D. D., Nessa, M. N., & Herlinah, H. (2018). Pengaruh Hormon Ecdyson Terhadap Sintasan Dan Periode Moulting Pada Larva Kepiting Bakau Scylla olivacea. Jurnal Riset Akuakultur, 12(4), 335-339.

Diamahesa, W.A. Use of insects meal as alternative protein sources for fish meal. 2021. Doctoral Dissertation. Ehime University.

Diamahesa, W. A., & Masumoto, T. (2023). Pengaruh Pakan yang Disuplementasikan dengan lecthin kedelai dan lalat tantara hitam terhadap kinerja pertumbuhan dan pemanfaatan lipid ikan mas (Cyprinus carpio L.). Jurnal Perikanan Unram, 13(2), 456-464.

Harahap, S. R., Sushanty, D., Riono, Y., & Surya, R. Z. (2019). Penerapan Teknik Stimulus Mutilasi Dalam Budidaya Kepiting Soka (Soft-Shelled Crabs) di Desa Pulau Cawan Kabupaten Indragiri Hilir. Minda Baharu, 3(2), 101-118.

Iwai, K., Diamahesa, W. A., Fukada, H., & Masumoto, T. (2021). Effects of a soybean lecithin-supplemented mealworm-containing diet on the growth performance and lipid utilization of common carp (Cyprinus carpio L.). Aquaculture Science, 69 (1), 79-86.

Kamaruddin, K., Usman, U., & Laining, A. (2018). Penggunaan tepung daun murbei (morus alba l) dalam pakan pembesaran kepiting bakau, Scylla olivacea. Jurnal Riset Akuakultur, 12(4), 351-359.

Sari, T. E. Y., Usman, U., & Asiah, N. (2020, December). Pembuatan pakan alami untuk pengembangan kepiting cangkang lunak di Desa Pulau Cawan Kecamatan Mandah kabupaten Indragiri Hilir. In Unri Conference Series: Community Engagement (Vol. 2, pp. 386-392).

Sari, T. E. Y., Usman, U., Pramungkas, N. A., Idris, M., Sumarto, S., Yulinda, E., & Henrik, R. (2019, September). Pembinaan masyarakat desa untuk peningkatan pendapatan melalui teknologi budidaya kepiting soka di Desa Pulau Cawan Kecamatan Mandah Kabupaten Indragiri Hilir. In Unri Conference Series: Community Engagement (Vol. 1, pp. 228-234).

Saidah, S., & Sofia, L. A. (2016). Pengembangan usaha pembesaran kepiting bakau (Scylla spp) melalui sistem Silvofishery. Jurnal Hutan Tropis, 4(3), 265-272.

Unnikrishnan, U., & Paulraj, R. (2010). Dietary protein requirement of giant mud crab Scylla serrata juveniles fed iso‐energetic formulated diets having graded protein levels. Aquaculture Research, 41(2), 278-294.

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Wastu Ayu Diamahesa, Sapto Andriyono, Adriana Monica Sahidu, Muhammad Amin, Bagus Dwi Hari Setyono, Rangga Idris Affandi, Alief Erwanda Panosa, Damai Diniariwisan, Nuri Muahiddah

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).