Pendampingan Kegiatan Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Pada Guru IPA SMP Negeri 11 Mataram

Penulis

I Wayan Merta , AA Sukarso , Dewa Ayu Citra Rasmi , I Putu Artayasa , Ahmad Raksun

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i1.7625

Diterbitkan:

2024-03-24

Terbitan:

Vol 7 No 1 (2024): Januari - Maret

Kata Kunci:

Pengembangan Profesionalisme Guru, Penelitian Tindakan Kelas, Guru IPA SMP Negeri 11 Mataram.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Merta, I. W., Sukarso, A., Rasmi, D. A. C., Artayasa, I. P., & Raksun, A. (2024). Pendampingan Kegiatan Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Pada Guru IPA SMP Negeri 11 Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(1), 79–83. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i1.7625

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Kepala Administrasi Kepegawaian Negara No. 0433/P/1993 dan No.25 Tahun 1993 tentang petunjuk Pelaksanaan Jabatan  Fungsional Guru dan Angka Kreditnya  mengharuskan adanya poin pengembangan profesi guru  melalui kegiattindakan kelas (PTK). Disisi lain para guru belum terbiasa melakukan hal tersebut, sehingga berakibat pada terhambatnya karier guru terutama setelah mereka mencapai pangkat/golongan IVa ke atas. Sejalan dengan fenomena tersebut maka permasalahan dalam pengabdian pada masyarakat ini adalah: Bagaimana tehnik menjadikan kegiatan penelitian di kalangan guru menjadi suatu kebutuhan dan kebiasaan yang terus menerus ? Untuk menjawab persoalan tersebut maka digunakan metode kegiatan berupa pendampingan dengan cara diskusi, tanya jawab dan tutorial pada guru-guru, dengan mengambil lokasi kegiatan SMP Negeri 11 Mataram. Kegiatan ini dirasakan sangat bermanfaat bagi para peserta (para guru) dalam memunculkan ide-ide baru bagi kegiatan penelitian yang dapat dikembangkan guru, menambah pemahaman tentang cara menulis proposal PTK serta meningkatkan kepercayaan diri untuk dapat melakukan penelitian di sekolah. Berdasarkan atas keberlangsungan pelaksanaan dan evaluasi yang telah berjalan, dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini berhasil dengan baik dengan manfaat sangat besar. Guru semakin menyadari pentingnya melakukan kegiatan penelitian sebagai bentuk pengembangan karya ilmiah yang menjadi kewajiban dan tugas pokoknya. Kegiatan pendampingan ini juga bermanfaat bagi guru-guru IPA SMP Negeri 11 Mataram dalam pengembangan prose belajar mengajar.  

Referensi

Anonm, 1993, Keputusan Bersama Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Dan Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Negara No : 433/P/1993 Dan Nomor : 25Tahun 1993 Tentang Petunuk Pelaksanaan Jabatan Fungional Guru dan Angka Kreditnya, Depdikbud Diretorat Pendidikan Guru dan Tenaga Teknis, Jakarta.

Arikunto, S., 2011, Penelitian Tindakan Kelas, Bumi Aksara, Jakarta.

McNiff, J., 1991, Action Research Principles and Practice. London, Macmilla.

Mills, G. E., 2000, Action Research; A Guide For the Teacher Researcher, Columbus: Merill, An Imprint of Pretice Hall.

Mundilarto, R., 2004, Penelitian Tindakan Kelas, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Raka Joni, T., Kardiawarman & Hadisubroto, T, 1998, Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reseach), Bagian Pertama: Konsep Dasar, Jakarta: Proyek pengembangan Guru Sekolah Menengah, Ditjen Dikti.

Rifai, M.A, 1997, Pengantar Gaya penulisan, Penyuntingan dan Penerbitan Karya Ilmiah Indonesia, Gadjah Mada University Press, Jogjakarta.

Soepeno, B., 2007, Penelitian Tindakan Kelas, Direktorat Pembinaan Taman Kanak-Kanak Dan Sekolah Dasar Direktorat Jederal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional (Makalah Pelatihan dan Workshop Penulisan Karaya Ilmiah, Proyek ADB Dinas Pendidikan Kab. Lombok Timur.

Wardani. I GAK, 2007, Penelitian Tindakan Kelas, Universitas Terbuka, Jakarta.

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 I Wayan Merta, AA Sukarso, Dewa Ayu Citra Rasmi, I Putu Artayasa, Ahmad Raksun

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).