Pembuatan Batik Jumputan (Pembaju) Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Di Desa Patumbak I

Penulis

Apdon Fransisko Harianja , Esta Rosmina Uli Silaen , Citra Novica Dewi , Ainul Masthura Azis Nurhafni Siregar , Aisyah Butar Butar Nurhafni Siregar , Ani Wahyuni Nurhafni Siregar , Andres H.J. Sianipar Nurhafni Siregar , Rini Hayati Nurhafni Siregar , Mimi Rosadi Nurhafni Siregar , Nurhafni Siregar

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i2.7656

Diterbitkan:

2024-06-22

Terbitan:

Vol 7 No 2 (2024): April-Juni

Kata Kunci:

batik jumputan, pembelajaran, sekolah dasar, kreativitas, pengabdian

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Harianja, A. F., Silaen, E. R. U., Dewi, C. N., Siregar, A. M. A. N., Siregar, A. B. B. N., Siregar, A. W. N., … Siregar, N. (2024). Pembuatan Batik Jumputan (Pembaju) Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Di Desa Patumbak I . Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(2), 691–695. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i2.7656

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

: Batik Jumputan adalah batik yang dibuat melalui teknik ikat dan celup pada warna yang diinginkan. Kain yang digunakan untuk membuat batik tersebut diikat atau dijahit dan dikerut menggunakan tali. Terdapat dua teknik untuk membuat batik jumputan, yang pertama adalah teknik ikat, dan yang kedua adalah teknik jahitan. Benang yang digunakan untuk mengikat kain sebaiknya tebal dan kuat agar mencegah warna masuk ke dalam kain, disarankan menggunakan benang tebal dan kuat seperti benang plastik/sintetis, benang jeans, atau benang sepatu. Kegiatan pengabdian masyarakat di Dusun III Desa Patumbak I   bertujuan untuk melatih kreativitas siswa yang ditunjukkan melalui hasil kreasi batik ikat dan pewarnaan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah penyuluhan (sosialisasi) dan praktek pembuatan batik. Para siswa sangat antusias dalam menciptakan batik jumputan mereka sendiri. Hasil dari sosialisasi batik jumputan kepada siswa di SD yang berada di Dusun III Desa Patumbak I adalah peningkatan keterampilan siswa.

Referensi

Hapsari, Sekar, Putri. Badriyah, Siti, & Tri Prasetyo Utomo. (2020). Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Anak SD dengan Pelatihan Pembuatan Jumputan untuk Asesoris Interior. Abdi Seni, 11(1). https://jurnal.isi-ska.ac.id/index.php/abdiseni/article/view/3127.

M, Mansyur. (2022). Keterampilan Seni Rupa Sekolah Dasar. Sleman: Deepublish

Moleong, Lexy J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosdakarya

Ristiani, Suryawati. Sulistyaningsih, Tika. (2020). Tritik Jumputan Inovatif, Cantik, Unik dan Kreatif. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Apdon Fransisko Harianja, Esta Rosmina Uli Silaen, Citra Novica Dewi, Ainul Masthura Azis Nurhafni Siregar, Aisyah Butar Butar Nurhafni Siregar, Ani Wahyuni Nurhafni Siregar, Andres H.J. Sianipar Nurhafni Siregar, Rini Hayati Nurhafni Siregar, Mimi Rosadi Nurhafni Siregar, Nurhafni Siregar

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).